Perpusnas Terima Audiensi IKAPI

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta — Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, menerima audiensi Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Arys Hilman Nugraha di Gedung Layanan Perpustakaan Nasional, Selasa (12/7/2022).

Ketua Umum IKAPI, Arys Hilman Nugraha mengatakan IKAPI akan menyelenggarakan kongres penerbit seluruh dunia dengan anggota 71 negara, Indonesia akan menjadi tuan rumah diacara 2 tahunan tersebut, acara tersebut akan dirangkaikan dengan Indonesia Internasional book Fair akan dilaksanakan bulan November di Jakarta.

“IKAPI juga sangat peduli terhadap perkembangan buku di daerah, disana sangat banyak buku akan tetapi buku tersebut tidak tersampaikan dan tidak terkomunikasikan kepada masayarakat dunia karna kita kurangnya buku bilingual. di london saya sampaikan indonesia 13000 bahasa, 800 suku bangsa dan banyak penerbit penerbit di setiap daerah tersebut” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Syarif Bando menyampaikan Perpusnas siap berkontribusi sesuai dengan kewenangan dan kemampuan dalam sukses-nya acara kongres Penerbit seluruh dunia yang akan dirangkaikan dengan Indonesia International Book Fair pada November mendatang.

Ia Juga menghimbau agara Perpusnas dan IKAPI berorientasi menyipakan buku di daerah, betapa Indonesia lapar akan buku. Mungkinkah IKAPI memprakarsai beli buku dengan cara jual putus kepada pemerintah daerah membeli dengan anggaran belanja daerah (APBD).

“Perpusnas dan IKAPI akan bekerja sama untuk mengatasi Indonesia kurang buku, Indonesia kekurangan penulis, Indonesia kurang jenis bahan bacaan bervariasi dari Sabang hingga Merauke, dan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah agar kita bisa menjual putus buku-buku nya” pungkasnya.   

Reporter: Ahmad Kemal Nasution

Fotografer: Prakas/Rahditya

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN