Duta Besar Azerbaijan Datangi Perpusnas, Rencanakan Peluncuran Buku

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia  (Perpusnas) E. Aminudin Aziz menerima kunjungan dari Duta Besar (Dubes) Azerbaijan Jalal Mirzayev pada Rabu (3/4/2024). 

Kunjungan ini  membahas rencana peluncuran buku berjudul Karabakh Khanate: Historical and Cultural Profile di Perpusnas yang diusulkan Dubes Azerbaijan. 

Dubes Jalal menjelaskan maksud kunjungannya untuk menetapkan waktu peluncuran buku tersebut. Dari semula direncanakan pada tanggal 17 Mei 2024 sebagai hari peluncuran, namun hal ini tidak memungkinkan karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Perpusnas RI.

“Kami ingin memulai menerbitkannya secara global di Indonesia, bukan dari negara lain. Hubungan kerja sama sudah terjalin selama 5 tahun terakhir. Karena itu, kami mantap mulai peluncuran ke kancah internasional pertama kali di negara Indonesia,” jelasnya.

Pertemuan ini pun, lanjutnya, merupakan langkah penting dalam memperkuat hubungan bilateral di bidang perpustakaan dan budaya. 

“Saya mengapresiasi pertemuan ini, sebab menjadi momentum penting bagi kedua belah pihak untuk membahas langkah-langkah konkrit dalam memperkuat hubungan bilateral di sektor perpustakaan dan budaya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Perpusnas menyatakan kesiapannya untuk mendukung kolaborasi tersebut. 

"Kami akan mempertimbangkan jadwal agar tidak bentrok dengan kegiatan lain. Kami terbuka untuk negosiasi lebih lanjut dan akan melanjutkan diskusi untuk menyusun waktu dan tempat peluncuran yang ideal," ungkapnya.

Kunjungan dari Duta Besar Azerbaijan menjadi bukti nyata dari komitmen kedua negara untuk memperkuat kerja sama dalam memajukan sektor perpustakaan dan literasi sebagai bagian dari upaya memperluas hubungan bilateral yang lebih luas.

 

Reporter: Alditta Khoirun Nisa

Dokumentasi: Aditya Irfan / Robi

 

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN