Sederet Prestasi Perpustakaan Nasional Sepanjang 2021

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional pada 31 Januari 2022  melaksanakan Apel Pagi rutin yang diadakan setiap hari Senin pagi secara virtual melalui aplikasi Zoom. Apel Pagi yang wajib diikuti oleh seluruh pegawai Perpustakaan Nasional ini dipimpin oleh Deni Kurniadi selaku Kepala Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan.

 

Dalam acara hari ini, Deni Kurniadi membeberkan beberapa prestasi yang diperoleh oleh Perpustakaan Nasional sepanjang tahun 2021, diantaranya :

 

Pertama, laporan keuangan Perpusnas mencatatkan prestasi yang mengesankan. Pada 14 September 2021, Perpusnas memperoleh penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Hal itu menjadi prestasi yang patut dibanggakan. Sebab, lima kali berturut-turut sejak 2016-2020 laporan keuangan Perpusnas mendapatkan opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. 

 

Kedua, Perpusnas mendapatkan penghargaan sebagai badan publik dengan kualifikasi “Informatif” dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik yang Tahun 2021. Berdasar hasil monitoring dan evaluasi (monev) terhadap keterbukaan informasi yang dilakukan Komisi Informasi Pusat (KIP) pada 2021, Perpusnas meraih nilai 93,73. Penghargaan diberikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin kepada Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando.  

 

Ketiga, pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober , Perpusnas kembali meraih penghargaan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menganugerahkan media sosial Perpusnas sebagai Terbaik VII dalam Penggunaan Bahasa Indonesia. Penghargaan diberikan dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2021 yang diselenggarakan secara virtual. 

 

Keempat, Perpusnas meraih penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai salah satu anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Terbaik Tahun 2021. Perpusnas meraih predikat Terbaik II untuk kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian dalam ajang JDIHN Awards Tahun 2021.  JDIHN Awards merupakan pemberian penghargaan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia kepada anggota terbaik JDIHN atas kinerja dalam pengelolaan JDIH di institusi masing-masing. 

 

Kelima, Perpusnas meraih Anugerah Meritokrasi Tahun 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di tingkat kementerian/lembaga dengan kategori Baik dengan 258 poin. Anugerah meritokrasi merupakan bentuk apresiasi tinggi yang diberikan KASN kepada instansi pemerintahan yang telah menerapkan sistem merit. Nilai baik merupakan bentuk keberhasilan Perpusnas dalam menerapkan sistem merit untuk memperbaiki manajemen ASN. 

 

Keenam, Perpusnas mendapatkan sertifikat standar ISO Kualitas Layanan. Prestasi ini, menjadi Triger dalam memacu kinerja Perpustakaan di Tahun 2022. Pemerintah berkewajiban, untuk menggalakkan promosi gemar membaca, dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Selain untuk menciptakan pembelajaran sepanjang hayat, perpustakaan juga berfungsi sebagai pusat belajar masyarakat, wahana dalam mencari informasi, serta rekreasi yang tidak hanya mencerdaskan, namun juga memberdayakan masyarakat, sehingga memberikan manfaat, dan berdampak langsung pada peningkatan kualitas dan taraf hidupnya.

 

“Bila masyarakat sudah menyadari, dan merasakan secara langsung, manfaat layanan perpustakaan bagi kehidupannya, maka dengan sendirinya tingkat kegemaran membaca, akan meningkat. Tingkat pemberdayaan perpustakaan yang tinggi, merupakan wujud, dari kemampuan literasi masyarakat suatu negara.” tutur Deni sebelum menutup sambutan acara Apel Pagi.

 

Sambutan ditutup dengan kutipan pernyataan yang disampaikan Thomas J. Stanley, Ph.D “dalam bukunya dengan judul ‘’100 Faktor yang membuat Sukses’’ , dan ini bisa dijadikan perhatian untuk kita semua – : Integritas, Disiplin, Good Interpersonal Skill, Dukungan dari Pasangan Hidup, Bekerja  Lebih Keras dari Orang Lain, Mencintai Apa Yang Dikerjakan, Good and Strong Leadership, Semangat dan Berkepribadian Kompetitif, Good life Management, Ability to Sell Idea and Product, IQ, Sekolah (Sekolah Favorit), Lulus Dengan Nilai Terbaik.”

 

Reporter - Syifa Azka Layalia

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN