Rangkaian Tur Budaya dan Sejarah Memberi Kesan kepada Delegasi Konferensi ke-28 CDNLAO

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menjadi tuan rumah pada acara Konferensi ke-28 Kepala Perpustakaan Nasional di Asia dan Oseania atau The Conference of Directors of national Libraries in Asia and Oceania (CDNLAO). Kegiatan ini mengusung tema "Library Service Impacts on Community: Sustainability, Inclusion, and Innovation" dan diadakan secara hybrid. Konferensi ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun untuk membahas masalah perpustakaan yang menjadi kepentingan bersama dan untuk mempromosikan berbagi sumber daya dan informasi di kawasan Asia Pasifik.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 30 negara baik secara online maupun onsite. Selain konferensi, acara juga dirangkai dengan tur budaya dan sejarah yang berlangsung pada Rabu, (26/10/2022). Tur dilaksanakan untuk mengenalkan dan memberikan pengalaman langsung kepada delegasi terkait nilai historik pada beberapa tempat di sekitar Jakarta. 

 

Lokasi pertama yang dihadiri adalah Museum Bank Indonesia (BI), Jalan Pintu Besar Utara, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Gedung yang memiliki nilai sejarah tinggi ini sebelumnya digunakan oleh De Javasche Bank. Sesuai SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta No.475 tahun 1993, pemerintah telah menetapkan bangunan tersebut sebagai bangunan cagar budaya. 

 

Tur dilanjutkan dengan mengunjungi Perpustakaan Jakarta yang berlokasi di Jalan Cikini Raya No. 73, Komplek Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Delegasi dan rombongan disambut oleh Eka Nur Etika, Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian dan Sulistiorini, Sub Koordinator Pengembangan Dan Pengolahan Koleksi. Pada kesempatan tersebut Eka Nur Etika menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional yang menjadi instansi pembina perpustakaan umum yang ada di Indonesia.

 

“Kehadiran Perpustakaan Jakarta tidak lain juga karena dukungan dari Perpustakaan Nasional selaku instansi pembina seluruh perpustakaan umum di Indonesia, termasuk Perpustakaan Jakarta ini,” ungkap Eka Nur Etika saat menyambut delegasi dan Pustakawan Utama Perpusnas RI. Pada kesempatan yang sama, Woro Titi Haryanti, Pustakawan Utama dan selaku ketua panitia Konferensi ke-28 Kepala Perpustakaan Nasional di Asia dan Oseania, juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang sangat baik dari pihak Perpustakaan Jakarta.

 

Setelah paparan singkat mengenai Perpustakaan Jakarta dan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Sulistiorini, selanjutnya dilanjutkan dengan tur perpustakaan dengan didampingi beberapa staf Perpustakaan Jakarta.

 

Selain Museum BI dan Perpustakaan Jakarta, delegasi juga mengunjungi Rumah Budaya Batik Keris dan Sarinah. Lin Li Soh, salah satu delegasi dari International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA), Regional Asia Pasifik, mengatakan bahwa acara tur budaya dan sejarah ini cukup berkesan baginya. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dan telah menjamu para delegasi dengan baik dan profesional.

 

“Saya rasa kuncinya adalah ada pada orang-orang yang ramah, sangat membantu, dan profesional. Terima kasih telah membuat kegiatan serta tur ini sangat berkesan. Karena biasanya pada orang-orang yang membuat sesuatu menjadi lebih baik untuk dikenang kembali,” ujar Lin Li Soh.



Reporter: Gilang Arwin

Fotografer: Aditya Irfan Fakhruddin/Andri Tri Kurnia

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN