Perpustakaan Harus Meningkatkan Perannya sebagai Agent of Change

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan – Perpustakaan sebagai episentrum ilmu pengetahuan memiliki peran sangat penting bagi kemajuan masyarakat. Seiring berkembangnya masyarakat, maka kebutuhan perpustakaan tidak sekadar tempat untuk membaca.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Deni Kurniadi usai meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (4/8/2022).

"Perpustakaan harus meningkatkan perannya sebagai agent of change. Bertransformasi meningkatkan layanannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berbasis inklusi sosial," ujar Deni.

Dijelaskan, perpustakaan berbasis inklusi sosial dirancang untuk memiliki manfaat tinggi di masyarakat sehingga terjadi proses belajar yang mendorong kreativitas dan inovasi agar menjadi produktif bagi kesejahteraan.

Perpustakaan tidak lagi hanya berslogan mencerdaskan tetapi juga berperan dalam mensejahterakan masyarakat melalui berbagai koleksi yang ada di perpustakaan.

"Kita tidak bicara tentang peningkatan kesejahteraan dalam skala besar tetapi dengan peningkatan kesejahteraan tingkat keluarga diharapkan perpustakaan turut membantu dalam mengentaskan kemiskinan," jelasnya.

Deni mengatakan, peresmian gedung layanan perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu merupakan langkah strategis dalam meningkatkan laju pertumbuhan budaya baca dan literasi.

Gedung berlantai tiga ini dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan Tahun 2019 senilai Rp 10 miliar, diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Tanah Bumbu serta pilihan rekreasi keluarga.

Kabupaten Tanah Bumbu juga mendapatkan DAK Tahun 2022 berupa bantuan pengadaan perabot layanan senilai Ro 475 juta.

"Semoga ini dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan layanan perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu," harap Deni.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuan pembangunan gedung layanan perpustakaan. Karena ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat Tanah Bumbu.

Sebagai kabupaten baru, Tanah Bumbu terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia salah satunya dengan pembangunan perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu.

"Ada upaya yang harus dilakukan khusus. Salah satu yang dianjurkan para tokoh bahwa rahasia dunia dan akhirat adalah ilmu. Ilmu kuncinya membaca. Hal ini menjadi sangat relevan dengan kehadiran perpustakaan untuk pengembangan Tanah Bumbu," ungkapnya.

Zairullah menjelaskan, Kabupaten Tanah Bumbu dengan luas wilayah 5.200 km2 memiliki potensi wilayah yang beragam. Diantaranya, tambang, perkebunan dan laut.

"Dalam upaya peningkatan kesejahteraan, perpustakaan Kabupaten Tanah Bumbu juga telah menginisiasi UMKM dalam mengolah mengembangkan produk hasil dari potensi yang ada," jelasnya.

Bupati pun mengajak seluruh dinas perpustakaan di kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Selatan untuk menjadikan perpustakaan sebagai salah satu andalan dan unggulan.

"Jika masyarakat cerdas pasti maju daerahnya. Sudah kita lihat di negara-negara maju bahwa ada korelasi kecerdasan manusia terhadap peningkatan kemjuan pengembangan wilayah daerah," pungkasnya.

 

Reportase: Wara Merdeka

Fotografer: Ahmad Kemal

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN