Perpusnas Serahkan DAK 2023 Untuk Aceh

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Banda Aceh - Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Kepala Pusat Data Dan Informasi (Pusdatin), Taufiq A. Gani menyerahkan secara simbolis Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Sub Bidang Perpustakaan tahun 2023 sejumlah Rp 36.9 Milyar kepada Gubernur Aceh yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur, Bukhari di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur, Jumat (16/12/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan saat sesi Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI Masa Reses Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023 ke Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Kunjungan Kerja ini melibatkan Perpustakaan Nasional RI sebagai mitra kerja Komisi X.

Rombongan Komisi X DPR RI dipimpin oleh Wakil Ketua Hetifah dengan didamping oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih dan anggota Illiza Sa'aduddin Djamal.  Illiza adalah satu-satunya anggota komisi X yang berasal dari Dapil Aceh. Sementara dari Perpustakaan Nasional turut hadir Kepala Pusat Pengembangan Perpustakan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi, Nurcahyono dan Direktur Deposit dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Emyati Tangkelembang.

Hetifah mengapresiasi kemajuan yang dicapai oleh Pemerintah Aceh dalam layanan perpustakaan dan juga sudah mendengar aspirasi dari pemustaka saat kunjungan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Menyambung akan aspirasi permohonan bantuan kepada pemerintah pusat, Illiza sebagai anggota komisi asal Dapil Aceh mengharapkan komitmen dan keseriusan para pejabat di Provinsi Aceh supaya bantuan yang diberikan menghasilkan nilai strategis bagi Aceh.

“Saya sangat gembira atas naiknya DAK Perpustakaan yang diberikan Perpusnas untuk Provinsi Aceh dari 21.1 Milyar di tahun 2022 menjadi 36.9 Milyar di tahun 2023, apalagi jumlah yang diterima Aceh ada nomor 3 paling besar, setelah NTT (54.6 M) dan Sumatera Barat (42.9 M),” tambahnya. Illiza berkomitmen untuk merekomendasikan dan mendorong pemerintah pusat memberikan perhatian kepada layanan perpustakaan di Aceh.

Taufiq A Gani yang juga mantan Kepala Perpustakaan Unsyiah ini mengatakan dari pembahasan  atas usulan yag masuk, Perpusnas akan membangun tiga gedung dan memperluas satu gedung layanan perpustakaan kab/kota. Disamping itu ada juga penyediaan perabot, sarana TIK dan bahan pustaka.

“Perpusnas RI akan membangun tiga gedung perpustakaan di Simeulue, Aceh Tengah dan Sabang, dengan nilai masing masing Rp. 10 Milyar, perluasan gedung perpustakaan Subulussalam. Penyediaan perabot untuk Subulussalam, Banda Aceh dan Sabang, sarana TIK untuk Simeulue, Subulussalam dan Banda Aceh, Bahan Koleksi untuk Simeulue, Aceh Tengah, Banda Aceh dan Sabang”, tambahnya.

Atas nama Gubernur, Bukhari menutup kegiatan dengan ucapan terima kasih dan mengharapkan jajaran Dinas Perpustakaan Kab/Kota terkait dapat memanfaatkan bantuan tersebut secara efektif.

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN