Pengaduan dan Aspirasi Pendorong Kinerja Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Partisipasi masyarakat melalui aspirasi dan pengaduan masyarakat merupakan bagian penting dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik Perpusnas. 

 

Demikian disampaikan Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerja Sama, dan Hubungan Masyarakat Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Sri Marganingsih, dalam kegiatan Sosialisasi Layanan Pengaduan Perpustakaan Nasional RI yang diselenggarakan secara hybrid pada Jum’at, (11/11/2022).

 

“Aspirasi dari masyarakat menjadi pendorong kami untuk meningkatkan kinerja Perpusnas. Jadi jangan takut dan ragu, masyarakat bisa menanyakan informasi dan menyampaikan aspirasi kepada kami melalui kanal pengaduan resmi kami”, ungkap Marga.

 

Sri Marganingsih berharap masyarakat dapat menyampaikan pengaduan melalui pintu resmi yang akan dipantau oleh admin instansi dari Perpusnas, sehingga dapat dipastikan pengaduan yang masuk akan dipantau dan ditindaklanjuti oleh unit kerja terkait.

 

Analis Pengaduan Masyarakat, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPanRB), Winnie Anggraeni Kusumayanti, menyampaikan bahwa adanya pengaduan bukan berarti pelayanan yang diberikan sebuah instansi itu buruk atau tidak memuaskan masyarakat. 

 

“Tidak ada pengaduan bukan berarti pelayanan itu baik. Bisa saja karena kurangnya sosialisasi atau masyarakat merasa takut mengadu”, ujar Winnie.

 

Lebih lanjut, Winnie menjelaskan, bahwa pemerintah telah menyediakan sebuah layanan pengaduan terpadu dan terintegrasi secara online yaitu SP4N-LAPOR! yang terhubung dengan lebih dari 600 lembaga pemerintah pusat dan daerah. 

 

Sementara itu, Pustakawan Ahli Pertama Perpusnas, Novi Prasetyo Utami mengungkapkan bahwa saran, masukan atau keluhan bagi Perpusnas merupakan bentuk cinta dari masyarakat. Novi menghimbau agar masyarakat jangan takut dan ragu untuk memberikan apresiasi kepada Perpusnas melalui kanal pengaduan resmi.

 

Dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan untuk Perpusnas, masyarakat dapat menyampaikan melalui kanal berikut.

 

Website: www.lapor.go.id

Email: pengaduan@perpusnas.go.id

 

Media Sosial:

Facebook: @ayokeperpusnas

Twitter: @perpusnas1

Instagram: @perpusnas.go.id

 

Pengaduan Langsung:

Ruang Pengaduan di Lantai 2 Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat

Kotak Saran dan Pengaduan

 

 

Reporter: Gilang Arwin

Dokumentasi: Andri T/Deni







 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN