Kepala Perpusnas Paparkan Peran Perpustakaan pada Peserta Diklat Lemhannas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta – Tugas kita sebagai bagian dari pemerintah yang dimandatkan oleh UUD 1945, yaitu mewujudkan masyarakat yang cerdas, sejahtera, bersatu, dan ikut menjaga perdamaian dunia. Demikian disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando saat menjadi narasumber Ceramah Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXV Lemhannas, di hadapan sekitar 100 orang yang berasal dari TNI, Polri, dan instansi lain, pada Senin (6/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Syarif memaparkan tentang perpustakaan dan peran pentingnya dalam mencerdaskan bangsa sesuai amanat UUD 1945.

“Bangsa yang cerdas dan yang kuat persatuannya itu adalah yang akan diperhitungkan dalam permainan global. Ini tidak bisa ditawar,” tegasnya.

Maka, literasi harus menjadi fokus bersama, bukan hanya sebagian pihak saja. Literasi merupakan kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan tertentu yang dapat diimplementasikan. Dalam hal ini, perpustakaan memainkan peran penting dalam menyediakan bahan bacaan yang mendukung dan memperkaya wawasan dan pengetahuan.

“Kami akan mempersiapkan fasilitas digital perpustakaan untuk Bapak share ke anak buahnya, sehingga semua tugas yang Bapak minta dari anak buahnya berbasis referensi yang kredibel,” jelas Syarif.

Syarif menambahkan tentang fasilitas baru yang disediakan Perpusnas bagi pemustaka, yaitu “Bintang Pusnas” yang diluncurkan pada Rakornas Bidang Perpustakaan 2023. Bintang Pusnas merupakan platform aplikasi yang terintegrasi dengan super app Perpusnas. Di dalamnya terdapat koleksi digital, seperti buku audio, buku video, jurnal ilimiah, dan tutorial edukasi yang dapat diakses melalui

Dijelaskan Syarif bahwa aplikasi tersebut merupakan perwujudan dari arahan presiden dalam hal transformasi digital. Koleksi digital tersebut disediakan dalam rangka mendukung program merdeka belajar dan kampus merdeka serta mempercepat pembinaan perpustakaan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Kami akan terus meng-update referensi yang akan digunakan,” ujarnya.

 

Reporter              : Eka Cahyani

Fotografer          : Aji Anwar

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN