Kepala Perpusnas Mendorong Masyarakat Sulteng Mengelola Potensi Daerah

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salakan, Banggai Kepulauan – Literasi adalah kedalaman pengetahuan seseorang terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan teknologi dapat dicapai melalui penguasaan tehadap ilmu pengetahuan yang tinggi. Sedangkan ilmu pengetahuan dapat dicapai melalui cinta membaca buku dan belajar.

Demikian disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando dalam pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Banggai Kepulauan, Salakan, Selasa (7/6/2022).

Kepala Perpusnas juga memberikan apresiasi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah atas penyelenggaraan rapat koordinasi teknis dan pengkampanyean gerakan gemar membaca di Sulawesi Tengah.

Syarif juga menyampaikan dalam perkembangan teknologi terkini adanya transformasi penggunaan bahan bakar fosil ke listrik. Sulawesi Tengah saat ini menjadi sentra pabrik lithium battery Indonesia terbesar sehingga menjadi daya tarik investor dari seluruh dunia.

“Kita harus mendorong masyarakat untuk mengelola potensi yang ada di masyarakat, agar masyarakat kita yang memiliki pendidikan tidak menjadi pengangguran,” pinta Syarif.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir membacakan sambutan Gubernur menerangkan peranan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi.

“Mewujudkan Indonesia maju, fungsi perpustakaan tidak hanya sekedar tempat penyimpanan dan peminjaman buku tetapi menjadi wahana pembelajaran sepanjang hayat (long life education) dan pemberdayaan masyarakat serta kreatif, inovatif, berbudaya baca,” ucapnya.

Ma’mun Amir berharap melalui Rakor ini dapat melahirkan suatu gagasan dan rumusan yang nantinya dapat dijadikan bahan acuan dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah melalui program dan kegiatan bidang perpustakaan dan kearsipan yang lebih aplikatif dan implementatatif yang diterapkan oleh semua OPD baik lingkup Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Pada kesempatan yang sama Perpusnas melakukan penandatangan nota kesepahaman bersama 4 Pemerintah Daerah yaitu Banggai Kepulauan, Banggai, Sigi dan Poso. Selain itu, Perpusnas secara simbolis juga memberikan bantuan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) kepada Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Banggai Kepulauan dan bantuan Pojok Baca Digital (Pocadi) kepada Kabupaten Banggai Laut dan Perpustakaan Universitas Tadulako Palu.

Dalam pembukaan rakor tersebut, Bunda Literasi Provinsi Sulawesi Tengah Vera Rompas mengukuhkan Syamsuarni menjadi Bunda Literasi Kabupaten Banggai dan mengukuhkan Waode Safia Sopyan Kaepa menjadi Bunda Literasi Kabupaten Banggai Laut.

Vera Rompes menyampaikan harapannya agar seluruh masyarakat dapat meningkatkan minat baca, utamanya anak didik supaya lebih berkualitas.

“Bunda literasi dapat menjadi role model dan menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat untuk membangun budaya gemar membaca masyarakat dan mewujudkan kearifan lokal yang berbudaya,” terang Bunda Literasi Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Reporter: Arwan Subakti

Fotografer: Arwan Subakti

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN