Tingkatkan Kualitas SDM, Pakpak Bharat Butuh Pendampingan Perpustakaan

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - Dikelilingi dengan sumber daya pertanian dan perkebunan yang kaya, Kabupaten Pakpak Bharat membutuhkan pendampingan perpustakaan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Demikian disampaikan oleh Kepala Bappelitbangda Kabupaten Pakpak Bharat, Harryson F. Sirumapea yang datang beserta rombongan kala melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Jumat (2/12/2022).

“Kabupaten Pakpak Bharat adalah salah satu wilayah di Sumatera Utara dengan kegiatan perekonomian yang terfokus pada sumber daya pertanian, sehingga dibutuhkan peningkatan kualitas SDM untuk mengelola itu semua,” ucap Harryson.

Hal tersebut diapresiasi oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, Sekretaris Utama, Ofy Sofiana, Plt. Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi, dan jajaran pejabat terkait yang mendampingi.

Syarif Bando mengatakan guna mendukung visi Presiden Joko Widodo yakni penciptaan manusia unggul, seluruh Kementerian/Lembaga harus saling bahu membahu dalam mewujudkannya. Dia juga sependapat dengan kebutuhan SDM yang berkualitas untuk dapat mengelola sumber daya alam yang kaya.

“Tidak penting sumber daya alam kita kaya, sumber daya manusia kita harus lebih kaya agar mampu mengelolanya,” ucapnya.

Kepala Perpusnas mencontohkan seorang pemulung plastik yang berdomisili di Bekasi, Rodinatun. Saat ini dia telah menjadi ‘pahlawan sampah’ karena telah berhasil keluar dari belenggu kebodohan yang selama ini menggelayutinya. Hal itu terjadi dalam kehidupan Rodinatun dikarenakan kegigihannya untuk terus membaca buku demi meraih kesejahteraan.

“Bukan kreativitasnya, tapi orang-orang seperti ibu Rodinatun ini mampu merdeka dari belenggu kebodohan karena terus membaca buku,” ungkap Syarif Bando.

Lebih lanjut, dia juga menegaskan bahwa membaca buku tidak akan pernah membawa kerugian melainkan keuntungan.

Pada kesempatan yang sama, hadir juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, HM. Safranuddin, yang berencana mengadakan kegiatan literasi nasional pada tanggal 15 Desember 2022 dan meminta Kepala Perpusnas untuk hadir menjadi keynote speaker.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Alfiyan 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN