Jalin Persahabatan, Perpustakaan Nasional Menyambut Kunjungan Kehormatan Kedutaan Besar Republik Guatemala

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Kedutaan Besar Guatemala mengadakan Kunjungan Kehormatan pada Senin (1/11/2021) pagi di Ruang Rapat Pimpinan lt.5 Gedung Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Selatan no. 11.

Kunjungan ini digagas oleh H.E. Maynor Jacobo Cuyún Salguero, yang merupakan Duta Besar Republik Guatemala untuk Indonesia, serta dua orang Sekretaris Duta Besar Republik Guatemala untuk Indonesia. Sedangkan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) diwakili oleh Woro Titi Haryanti selaku Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional, serta Ofy Sofiana selaku Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan.

Dalam kunjungan ini Kedutaan Besar Guatemala turut menyerahkan secara simbolis 5 buku yang sangat bermakna untuk masyarakat Guatemala untuk menjadi koleksi Perpustakaan Nasional, buku-buku tersebut adalah : Las Ideas Political en el Teatro de Manuel Galich, Poesia : Sien de Alondra, Los Mares Ignotos, El Violin Valsante de Huis Armandel serta Mario Monteforte Toledo en Madrid : Conferencias y Grabaciones 1995-1999.

Buku yang diserahkan kepada Perpustakaan Nasional RI merupakan buku yang memiliki nilai simbolik, sejarah dan budaya negara Guatemala. Duta Besar Republik Guatemala H.E. Maynor Jacobo Cuyún Salguero, menyampaikan merupakan kehormatan menyumbangkan 5 buku dari penulis Guatemala untuk Perpustakaan Nasional Indonesia. Dari salah satu bukunya ada karya Miguel Angel Asturias yaitu Poesia : Sien de Alondra. Miguel Angel Asturias merupakan salah satu pemenang Nobel Prize for Literature tahun 1967. Untuk masyarakat Guatemala punya nilai yang sangat penting untuk budaya.

Duta Besar Guatemala berharap dapat menjalin hubungan erat dalam hal-hal konservasi buku dan perpustakaan. Dengan adanya teknologi digital, preservasi buku menjadi lebih mudah . Namun nilai sejarah dan nilai budaya buku fisik masih sangat dihargai. Menjaga buku fisik antik/kuno adalah misi yang penting bagi semua perpustakaan,” ujarnya.

Pihaknya sangat antusias mengenai kerja sama yang telah dijalin Perpusnas dengan negara lain. Maynor Jacobo berharap adanya kesempatan kerja sama dalam bidang pameran kebudayaan, foto lukisan dan film. Pihaknya akan mencoba menjalin komunikasi kerja sama dengan perpustakaan disana, agar ada film Bahasa Indonesia dengan subtitle Bahasa Spanyol yang diputar disana.

Sementara itu, Sekretaris Utama Perpusnas, Woro Titi Haryanti menjelaskan Perpusnas telah menjalin kerja sama dengan berbagai negara. Sebagai bentuk implementasinya, Perpusnas juga turut mengadakan acara kenegaraan, seperti Cuba Culture dan Lomba melukis Kazakhstan.

 

Reporter : Syifa Azka Layalia

Fotografer : Ahmad Kemal Nasution

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN