Kepala Perpusnas Hadiri CDNLAO ke-29 di Qatar

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Doha, Qatar--Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menjadi salah satu delegasi pada Annual General Meeting of the Conference of Directors of National Libraries in Asia and Oceania (CDNLAO) ke-29 di Qatar National Library Building, Doha Educational City.

Qatar National Library menjadi tuan rumah pada event yang di selenggarakan mulai tanggal 1-2 November 2023 dengan mengangkat tema “Collect and Engage: National Libraries and Their Collections” tersebut.

Di hari pertama pada rangkaian kunjungannya, Kepala Perpusnas dan jajarannya berkesempatan menghadiri Pembukaan Pameran “Letters of Faith, The Arabic Script in Indonesia” sebagai side event dari agenda CDNLAO tahun ini.

Pameran akan dibuka selama enam bulan, mulai dari 1 November 2023 hingga 25 April 2024. Pameran tersebut menampilkan koleksi-koleksi langka bertemakan Arabic Sript diantaranya Qur’an Manuscript dari Cirebon yang ditulis abad ke 19, Batik berkaligrafi abad 18 dan lain sebagainya.

Koleksi-koleksi tersebut merupakan koleksi langka yang dimiliki oleh Qatar National Library, Museum Nasional Indonesia, dan Perpusnas. Terhitung terdapat tiga Koleksi Perpusnas yang dipamerkan.

Dalam pameran tersebut dinilai dapat menggambarkan warisan menakjubkan melalui manuskrip Al-Qur'an yang dilukis untuk menunjukkan kepada pengunjung penggunaan aksara Arab di berbagai media di masa lampau. Pameran ini juga merupakan bentuk apresiasi bersama atas warisan seni budaya dan keagamaan yang sangat mengikat antara Indonesia dan dunia Arab.

Selain delegasi dari Perpustakaan Nasional, acara pembukaan pameran dihadiri President of Qatar National Library Dr. Hamad Bin Abdulaziz Al-Khawari, Duta Besar RI untuk Qatar, Ridwan Hasan, serta para duta besar dari kedutaan besar negara Arab dan Kanada.

Liputan: Humas Perpusnas

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN