Peningkatan Sarana dan Prasarana Perpustakaan di Kabupaten Sijunjung dan Kota Sawahlunto

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan - Sebagai wujud nyata dalam menyediakan fasilitas layanan dasar untuk masyarakat, pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus atau DAK bidang pendidikan subbidang perpustakaan.

Dana dari pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) ini bertujuan memberikan fasilitas pelayanan perpustakaan yang representatif untuk pengembangan perpustakaan di tingkat provinsi hingga kabupaten kota di seluruh Indonesia.

Atas hal tersebut Pj. Wali Kota Sawahlunto dan Bupati Sijunjung beserta jajaran melakukan audiensi ke Perpusnas. Kunjungan diterima langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar.

Dalam pertemuan tersebut, Pj. Wali Kota Sawah Lunto Zefnihan mengatakan perkembangan perpustakaan di Kota Sawahlunto akhir-akhir ini sudah cukup pesat. Maka,  diperlukan adanya perluasan gedung. Mengenai tingkat budaya literasi di wilayahnya pun masih kurang memuaskan.

“Kami membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat untuk mengembangkan perpustakaan untuk menumbuhkan semangat literasi, maka dari itu kami membutuhkan penguatan melalui alokasi dana untuk perbaikan dan menambah pustakawan desa,” ungkapnya, Senin (22/1/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun berbagai aspek kehidupan masyarakat yang telah beralih ke digitalisasi, tidak semua daerah memiliki akses internet yang baik sehingga penting untuk menyediakan fasilitas pustakawan di kota-kota kecil guna mengembangkan perpustakaan dan meningkatkan kegiatan literasi.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengatakan bahwa Kabupaten Sijunjung membutuhkan bantuan penambahan buku cetak untuk disalurkan ke sekolah-sekolah di desa, serta akan dilakukan perpustakaan yang menerima program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di lima desa.

Bupati juga menyoroti banyaknya siswa yang tidak melanjutkan pendidikan dan memilih program kejar paket. Oleh karena itu, Kabupaten Sijunjung membutuhkan dukungan dan penguatan dari pemerintah pusat untuk menumbuhkan budaya baca dan memperbaiki kualitas pendidikan di Kabupaten Sijunjung

“Kami membutuhkan buku-buku tercetak karena akan diberikan ke sekolah-sekolah serta akan ada pembangunan perpustakaan di lima desa untuk meningkatkan literasi di desa yang akan berdampak pada pendidikan di desa,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan menyampaikan penting bagi perpustakaan untuk memiliki literasi yang memberikan dampak positif untuk menggali potensi daerah yang dimiliki melalui pendekatan pengetahuan.

“Saya pikir, penting untuk memberikan pemberdayaan bagi Perpustakaan Kota Sawahlunto agar lebih berkembang lagi karena hal ini bisa mendukung kekayaan daerah melalui pendekatan pengetahuan,” ungkapnya.

Deputi juga mengapresiasi perpustakaan Sijunjung atas kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan untuk mengembangkan perpustakaan. Perpusnas memberikan dukungan atas pengusulan buku-buku cetak yang dibutuhkan perpustakaan Sijunjung.

“Untuk buku cetak silahkan mengusulkan DAK dan kami juga akan memberikan perhatian untuk mengembangkan program-program yang memang memerlukan bantuan,” tutupnya.

 

Reporter: Veronica / Wara

Dokumentasi: Ahmad Kemal

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN