Ciptakan Masyarakat Literat, Perpustakaan Dukung Pemulihan Ekonomi Bangsa

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Ciptakan Masyarakat Literat, Perpustakaan Dukung Pemulihan Ekonomi Bangsa

Dumai, Riau – Kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi (literasi) menjadi hal esensial untuk pemajuan bangsa melalui pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca telah menjadi aktivitas wajib yang diperintahkan untuk dilakukan sejak zaman dahulu. Namun, pesatnya perkembangan teknologi dan digital berhasil menginterupsi kebiasaan generasi muda untuk membaca.

Wali Kota Dumai, Paisal pada kegiatan Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) untuk Kesejahteraan, Kamis (20/7/2023) mengajak seluruh lapisan baik dari tingkat pemerintahan, perusahaan, hingga akademisi untuk berkolaborasi dalam meningkatkan minat baca di Dumai melalui penciptaaan inovasi yang kreatif untuk kembali memotivasi minat membaca masyarakat, terutama anak-anak.

“Kalau anak-anak rajin membaca pasti ilmu dan wawasannya akan meningkat, untuk itu saya mengimbau seluruh lapisan masyarakat yang ada di Dumai untuk bergotong royong menjadi tim yang kuat,” ujarnya.

Adapun satu upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Dumai dalam meningkatkan minat baca yakni meluncurkan sebuah buku yang berisikan teks sederhana dan gambar yang menarik untuk dibaca seluruh anak sekolah pada tingkat SD dan SMP.

Wali Kota Paisal juga mengajak seluruh peserta luring yang berjumlah 150 orang dan peserta daring yang berjumlah sekitar 10.000 akun untuk dengan seksama mengikuti kegiatan ini.

“Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang luar biasa, sehingga saya harap seluruh peserta yang hadir baik secara onsite maupun online mampu saling bertukar pikiran. Karena pasti akan ada banyak informasi untuk diketahui,” ajaknya.      

Gentingnya status pandemi Covid-19 yang dialami sekitar 3 tahun terakhir, sudah mulai terkendali. Kondisi ini disambut dengan sukacita oleh seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali warga Kota Dumai.

Iklim konsumsi yang mengalami penurunan semasa pandemi Covid-19, saat ini tampak meningkat. Masyarakat dan pelaku usaha dalam hal ini berperan strategis untuk menggerakan pemulihan ekonomi Indonesia.

Sebagai benteng terakhir pendidikan yang memberikan edukasi, informasi dan pengetahuan, Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) terus berikhtiar mewujudkan masyarakat literat.

Perpustakaan melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang digagas Perpusnas berkontribusi aktif dalam membantu memulihkan kondisi perekonomian masyarakat pasca-pandemi.

Demikian disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas, Mariana Ginting

“Program TPBIS yang sudah dijalankan sejak tahun 2018 di berbagai perpustakaan umum daerah dinilai efektif dalam memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya masyarakat marjinal,” ucapnya.

Program TPBIS mendidik masyarakat yang tidak memiliki kemampuan atau akses kepada dunia digital untuk mendapatkan pengetahuan/informasi dan meningkatkan taraf hidup.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kersipan Kota Dumai, R. Dona Fitri Illahi bahwa sejatinya perpustakaan telah bertransformasi. Dulu perpustakaan identik dengan gudang buku, hari ini perpustakaan berubah menjadi pusat informasi pembelajaran berbasis inklusi sosial.

“Saat ini perpustakaan merupakan wadah atau sarana yang bisa memfasilitasi seluruh lapisan masyarakat untuk mengembangkan inovasi berdasarkan potensi daerahnya,” katanya.

Dona juga menginfokan Indeks Literasi Literasi Masyarakat Kota Dumai yaitu 61,87%, nilai ini diakui belum berada pada posisi baik sehingga ke depan harus lebih didorong mengingat potensi yang dimiliki Kota Dumai antara lain masyarakat heterogen dan wilayah yang menjadi ‘pintu’ menuju dunia global.

“Beberapa inovasi yang sudah kami lakukan diantaranya iDumai, Pojok Baca Digital (Pocadi), dan perpustakaan keliling,” terangnya.

Perpusnas sebagai sebuah Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang bertugas khusus pada bidang perpustakaan, bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI dalam menciptakan SDM unggul.

Pustakawan Ahli Utama Perpusnas, Deni Kurniadi menyampaikan Perpusnas dalam mengemban tugasnya tidak dapat bekerja sendiri. Sinergi wajib dibangun bersama seluruh stakeholders untuk mampu menghadirkan bahan bacaan di tengah masyarakat.

“Sama halnya Perpusnas yang membangun sinergi dengan Komisi X DPR RI, saya bangga karena Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai sudah bersinergi dengan pihak swasta. Karena memang dana filantropi dan CSR dapat dimanfaatkan untuk memastikan bahan baca hadir di tengah masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Dumai, Edison menjelaskan sejak 2016 pemerintah telah mengerahkan kekuatan untuk meningkatkan literasi masyarakat melalui Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Di dalam GLN ada Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang menjadi dasar atas peran yang dilakukan untuk membuat anak-anak gemar membaca. GLS juga menitikberatkan pada kewajiban untuk sekolah menghadirkan perpustakaan.

“Dengan menghadirkan sarana dan prasarana perpustakaan yang sangat bagus, mampu memberikan motivasi kepada siswa siswi untuk mau membaca di perpustakaan,” terangnya.

Dalam hal etika dalam berliterasi digital, Ketua Yayasan Tafaqquh Fiddin Dumai, Muhammad Rizal Akbar menerangkan bahwa ‘latah’ dalam menyebarkan informasi tanpa sumber yang valid menjadi masalah pelik yang ditemukan di era digital ini.

Menurutnya, informasi yang baik seharusnya didasari pada sumber yang valid, sehingga tidak menimbulkan salah tafsir atau bahkan multi tafsir.

“Persoalan hari ini, masyarakat sangat piawai dalam menulis status di FB (Facebok) dan IG (Instagram). Tapi, latah buat status tanpa sumber yang jelas, bahaya. Karena penafsiran yang salah akan menimbulkan banyak kerancuan,” pungkasnya.

Kegiatan PILM yang dibuka dengan tarian persembahan oleh siswi-siswi SMP Negeri 2 Kota Dumai ini juga dirangkaikan dengan pembukaan Expo Literasi Dumai, pencanangan Gemurai (Gerakan Membaca untuk Dumai), serta penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara Pemerintah Kota Dumai dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Dumai.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Aji Anwar

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN