Upaya Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Kabupaten Bandung, Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, Gaungkan “Membaca itu Sehat, Menulis itu Hebat”

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Soreang, 30 Agustus 2023 -  Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bandung menjadi tuan rumah dalam Promosi Kegiatan Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Literasi Masyarakat yang diadakan di Balairung Grand Sunshine Resort & Convention Soreang, Kabupaten Bandung. Acara dihadiri oleh berbagai tokoh penting yang berperan dalam membangun literasi masyarakat diantaranya Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando serta Duta Baca Indonesia, Gol A Gong. Turut hadir juga Prof. Dr. Bambang Q. Anees selaku Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Daniel Mahendra selaku CEO Penerbit Epigraf, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana  serta H. Teguh Purwayadi selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bandung.

Dalam kesempatan ini, acara yang diselenggarakan dalam bentuk Talkshow bersama Duta Baca Indonesia di Kabupaten Bandung mengusung tema "Membaca itu Sehat, Menulis itu Hebat" yang juga dirangkaikan dengan peluncuran buku karya Gol A Gong yang berjudul “I am A Survivor”. Kepala Perpustakaan Nasional RI dalam sambutannya menyampaikan peluncuran buku karya Gol A Gong menambah satu lagi khasanah untuk mencerdaskan bangsa.

“Sebagaimana kita tahu bahwa RPM (Rancangan Peraturan Menteri) 2020-2024 dari bapak Presiden Joko Widodo adalah bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia, apa yang kita kerjakan saat ini adalah kunci adalah bagian terpenting daripada upaya untuk mengimplementasikan itu.” ujar Muhammad Syarif Bando.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan masyarakat, khususnya di Kabupaten Bandung. Menurut Teguh Purwayadi  penyelenggaraan promosi gemar membaca merupakan suatu upaya Pemerintah Daerah dalam mendorong terwujudnya masyarakat Kabupaten Bandung yang BEDAS (Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera). Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bandung, H. Teguh Purwayadi, menyampaikan amanat sambutan Bupati yang berhalangan hadir pada hari pelaksanaan.

“Tentu kebersaamaan kita hari ini menunjukkan tanggung jawab dan komitmen kita dalam mendukung visi presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yaitu terwujudnya Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong yang dijabarkan melalui misi pertamanya yaitu peningkatan kualitas manusia Indonesia.” tutur Teguh Purwayadi dalam sambutannya.

Selain dari Perpustakaan Nasional RI turut hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana, sebagai narasumber dalam Talkshow "Membaca itu Sehat, Menulis itu Hebat". Cakra menjelaskan bahwa Gol A Gong, sebagai Duta Baca Indonesia, melalui karyanya telah menginspirasi banyak orang, terutama anak-anak, untuk mencintai dunia literasi. Kami berharap kehadirannya di sini akan semakin memotivasi masyarakat Kabupaten Bandung untuk membaca lebih banyak buku dan mengembangkan literasi mereka.

Gol A Gong, yang juga dikenal sebagai penulis terkenal, memberikan kisah inspiratif dalam karyanya yang menginspirasi tentang kekuatan membaca dalam pengembangan diri. Ia berbagi cerita tentang bagaimana kegemaran membaca membantunya menjadi pribadi yang positif dan produktif berkarya.

“Saya ini banyak kekurangannya, kata Perpusnas biar kami yang melengkapi, saya ini tidak sempurna, kata Perpusnas, saya, yang kami yang menyempurnakan. Jadi jadi ketika saya ditetapkan jadi Duta Baca Indonesia itu satu penghargaan yang luar biasa, nah jadi ketika saya Safari Literasi dari Jawa sampai perbatasan NTT saya diberi pesan oleh Perpusnas bahwa kita harus melakukan perlawanan terhadap klaim-klaim yang menghakimi itu " ujar Gol A Gong dengan antusiasme.

Acara promosi kegiatan pembudayaan kegemaran membaca dan literasi ini diharapkan akan menjadi momentum penting dalam upaya memajukan minat baca dan literasi di Kabupaten Bandung. Semoga semangat untuk membaca dan belajar terus berkembang dan menginspirasi generasi mendatang untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi melalui pengetahuan.

 

Reportase : Syifa Azka

Fotografer : Prakas A

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN