Tugas Aparatur Sipil Negara Berorientasi pada Pelayanan Masyarakat

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta-Tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) diatur dalam UU No. 5 Tahun 2014 pasal 11. Salah satunya bahwa tugas yang dibebankan kepada seorang ASN harus berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat yang profesional dan berkualitas.

Hal tersebut diingatkan kembali oleh Plt. Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Nurhadi Saputra, S.Sos., M.Si, pada apel rutin Senin pagi (05/09/2022) secara online.

Lebih lanjut, Nurhadi mengatakan bahwa salah satu tugas ASN tersebut sejalan dengan tugas Perpusnas.

“Perpusnas sebagai instansi pembina perpustakaan harus mampu memberikan pelayanan terbaik, karena kita adalah contoh bagi perpustakaan lainnya dan menjadi tolak ukur bagaimana perpustakaan memberikan pelayanan kepada masyarakat”, terang Nurhadi.

Disampaikan oleh Nurhadi bahwa peran sebagai instansi pembina juga melekat ke seluruh unit kerja yang ada. Hal ini diartikan bahwa wilayah kerja para ASN di Perpusnas tidak terbatas di kantor tempat bekerja tetapi seluruh Indonesia.

“Semua ASN mempunyai peran yang sama memberikan pembinaan ke seluruh perpustakaan di Indonesia, jadi wilayah kerja kita bukan di kantor Salemba ataupun Medan Merdeka Selatan”, kata Nurhadi.

Kemampuan memberikan pelayanan yang baik, mendorong perbaikan dan peningkatan mutu perpustakaan di seluruh Indonesia merupakan beberapa tolak ukur keberhasilan Perpusnas.

Untuk mewujudkan hal tersebut, setiap ASN di lingkungan Perpusnas diharapkan saling bersinergi serta mampu untuk memberikan pandangan pentingnya perpustakaan.

“Saya berharap setiap pribadi di lingkungan Perpusnas mampu memberikan pandangan kepada seluruh stakeholder bahwa keberadaan perpustakaan sangat penting dan strategis dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera”, harap Nurhadi menutup sambutan apel pagi.

 

Reportase: Anastasia Linawati

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN