RDP Perpusnas dengan Komisi X DPR-RI ; DPR Setujui Anggaran Perpusnas di 2019

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Senayan, Jakarta--Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi X DPR-RI dengan Perpustakaan Nasional membuahkan hasil yang menggembirakan. Komisi X DPR-RI menyetujui usulan anggaran yang diajukan Perpusnas di 2019, yakni sebesar Rp 730.775.563.000. Pada RDP yang dihadiri oleh 31 anggota komisi dari seluruh fraksi dianggap sah dan memenuhi kuorom. Setelah menandatanganani hasil pembahasan, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengaku puas dengan keputusan tersebut. RDP yang digelar pada Selasa, (23/10), merupakan pertemuan ke-lima yang mengkhususkan pembahasan RKA-KL 2019.

Dalam kesimpulan akhir yang dibacakan, Komisi X DPR-RI secara bulat menyetujui pagu alokasi anggaran belanja Perpusnas pada RAPBN TA 2019 senilai Rp 730.775.563.000. Selain itu, Komisi X DPR-RI dan Perpusnas menyepakati bahwa besaran pagu tersebut secara garis besar akan dialokasikan untuk program-program, seperti dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis, program peningkatan sarana dan prasarana SDM Perpusnas, dan program pengembangan perpustakaan.

Di samping itu, DPR dan Perpusnas juga sepaham bahwa program-program strategis nasional yang bermanfaat bagi rakyat dan yang dibutuhkan, utamanya di kabupaten/kota harus menjadi perhatian. Komisi X DPR-RI meminta Perpusnas menyusun perencanaan kegiatan yang berskala luas dan berdampak besar untuk peningkatan kegemaran membaca di masyarakat. Penyusunan serta sosialisasi peraturan perundang-undangan ikut menjadi fokus bersama.

 

Reportase : Hartoyo Darmawan

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN