Pustakawan UMY Raih Juara Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta - Novy Diana Fauzie terpilih sebagai Juara Pertama dalam Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 yang digelar Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas).

Novy yang merupakan Pustakawan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. mendapatkan skor tertinggi dari 15 finalis yang telah menjalani berbagai rangkaian proses penilaian tingkat nasional pada 15-17 Mei 2023.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Adin Bondar dalam sambutannya, paradigma perpustakaan yang bergeser sesuai perkembangan teknologi sangat membutuhkan pustakawan-pustakawan yang adaptif dan lincah.

Tidak hanya berfokus pada peranan perpustakaan sebagai penyedia informasi, pustakawan dituntut berperan sebagai mentor bagi masyarakat  untuk meningkatkan kesejahteraan melalui inovasi dan kreativitas.

“Pustakawan di masa sekarang ini harus mampu merespons segala perkembangan situasi dan merebut hati masyarakat sehingga bisa dipercaya untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” paparnya.

Adin juga menyebut Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 merupakan langkah yang tepat untuk memilih pustakawan terbaik yang akan melakukan banyak terobosan.

Perpusnas sendiri menurut Adin juga melakukan transformasi ke arah yang lebih inklusif dalam rangka menjadikan perpustakaan sebagai ruang terbuka bagi masyarakat.

“Dalam konteks transformasi, perpustakaan menjadi pusat belajar kontekstual yang bisa diaplikasikan dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. Perpustakaan menjadi ruang berbagi pengalaman dan meningkatkan keterampilan,” jelas Adin pada Penutupan Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 di Hotel Grand Mercure Hayam Wuruk, Rabu (17/5/2013).

Kriteria Pustakawan Berprestasi Terbaik salah satunya memiliki kontribusi terhadap profesi serta bermanfaat untuk masyarakat sehingga dapat dijadikan panutan.

Novy yang juga menjabat sebagai Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjelaskan beberapa upaya yang dilakukannya untuk mendekatkan masyarakat terhadap literasi. Salah satunya peningkatan peran pustakawan yang diwujudkan melalui Program Pustakawan Berbagi.

“Program ini kami kemas dalam bentuk podcast untuk membagikan keahlian dan ilmu kami sebagai namun tidak harus ilmu terkait dengan perpustakaan saja. Tapi juga keahlian lain yang dimiliki,” terangnya. Selain itu, dirinya juga aktif mengenalkan perpustakaan digital terhadap masyarakat melalui program KKN mahasiswa dan melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui berbagai platform digital.

Dewan Juri Tingkat Nasional dalam Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 yang terdiri dari akademisi, praktisi dan pakar di bidang kepustakawanan menetapkan hasil penjurian terhadap aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja profesional para finalis dengan menggunakan metode (wawancara) dan presentasi.

Berikut daftar Juara dan hadiah berupa uang tunai dalam Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023:

Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 22.500.000,- : Novy Diana Fauzie (Pustakawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Juara 2 mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 20.000.000,- : Juznia Andriani (Pustakawan Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Literasi Pertanian, Kementerian Pertanian)

Juara 3 mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 17.500.000,-: Aris Nurohman (Pustakawan UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Juara Favorit Versi Media Sosial mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 3.000.000,- : Nadia Amelia Qurrota A’yunin (Pustakawan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI).

3 Pemenang utama selain mendapatkan hadiah berupa uang tunai, juga akan diberi kesempatan oleh Perpusnas untuk mengikuti World Library and Information Congress 2023 oleh International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA)  di Rotterdam, Belanda Agustus mendatang.

Reporter: Eka Purniawati

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN