Perpustakaan Tunjang Ketertinggalan SDM

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - Perpustakaan memenuhi kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan.

Begitu ucap Wakil Bupati Probolinggo, Ahmad Timbul Prihanjoko saat melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Jumat (23/9/2022).

Baginya, Probolinggo membutuhkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang untuk mengejar ketertinggalan serta meningkatkan kualitas masyarakat. Sehingga diharapkan ke depan Probolinggo mampu berdiri sejajar dengan kota lainnya.

“Perpustakaan tidak hanya jadi tempat baca tapi juga sebagai pusat berkegiatan,” ungkap Ahmad.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto yang turut hadir menambahkan bahwa sejauh ini pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan dalam upaya meningkatkan kemampuan SDM dengan menggandeng CSR dalam pelaksanaannya.

“Meskipun saat ini belum ada gedung perpustakaan yang representatif, kami tetap berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat,” ucap Heri.

Plt. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi yang berkesempatan menerima kunjungan kerja ini mengapresiasi seluruh usaha yang telah dikerahkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo.

Deni pada kesempatan tersebut mengingatkan beberapa hal terkait pengajuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk menu pembangunan gedung yang dapat dipersiapkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo. Mengingat aplikasi Krisna baru akan dibuka kembali pada Januari hingga April tahun 2023.

“Siklus DAK itu dibuka dari Januari sampai April, lalu penetapannya di Juli. Pengajuan DAK hanya bisa diusulkan melalui aplikasi Krisna. Untuk menu pembangunan gedung, dokumen pendukungnya penting untuk disiapkan seperti surat kepemilikan tanah, DED, RAB, dan BoQnya,” jelas Deni.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Prakas Agrestian

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN