Perpusnas Tanda Tangani Nota Kesepahaman Dengan Dharma Wanita Persatuan Pusat

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menjalin kerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan Pusat. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman pada Senin, (19/2/2024).

Dengan kerja sama ini, Dharma Wanita Persatuan diharapkan dapat ikut berperan dalam mewujudkan peningkatan literasi melalui pemberdayaan perpustakaan.

Plt. Kepala Perpusnas E. Aminudin Aziz mengatakan akan mendukung berbagai program yang akan dilakukan Dharma Wanita Persatuan, terutama untuk bersinergi dengan program yang akan dijalankan Perpusnas.

“Perpusnas menginisiasi untuk mengembangkan perpustakaan di level desa melalui sinergi dengan taman baca masyarakat, dengan mengirimkan masing-masing 1000 buku ke 10 ribu perpustakaan desa,” tuturnya.

Program ini menurutnya juga akan diselaraskan dengan berbagai pihak yang memiliki peran yang sama di bidang peningkatan literasi masyarakat. “Kami ingin program ini memiliki dampak yang lebih besar apabila dilakukan bersama-sama,” sebutnya.

Lebih lanjut Plt. Kepala Perpusnas menjelaskan, seorang ibu juga punya kewajiban untuk membangun masyarakat dimulai dengan mendidik anak-anak menjadi generasi yang literat.

“Literasi yang dimaksud bukan hanya sebatas membaca, menulis, atau berhitung, tapi bagaimana masyarakat meningkatkan kapasitas dan kecakapan hidup dengan menjadi manusia yang literat,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat Franka Nadiem Makarim mengukuhkan Dharma Wanita Persatuan Perpusnas periode 2019-2024. Franka Nadiem Makarim juga menyambut baik langkah kerja sama Dharma Wanita Persatuan Pusat dengan Perpusnas.

“Kerja sama ini merupakan wujud komitmen kita bersama untuk meningkatkan literasi di Indonesia melalui pemberdayaan dan pemanfaatan perpustakaan,” terangnya.

Menurutnya, menumbuhkan minat dan kecintaan masyarakat pada membaca merupakan upaya besar yang membutuhkan proses yang panjang. “Saya yakin sekali dengan kolaborasi Perpusnas dan Dharma Wanita Persatuan kita dapat mendukung berbagai program yang akan dilakukan baik di pusat maupun daerah,” tuturnya.

Franka Nadiem Makarim juga berpesan bahwa kegiatan di Dharma Wanita Persatuan senantiasa dilandasi semangat kolaborasi dan dampak serta manfaatnya dapat dirasakan bagi keluarga, lingkungan, bangsa dan negara. “Mari terus kuatkan gotong royong untuk memajukan perpustakaan dan memajukan literasi di Indonesia,” pungkasnya.

 

Reporter: Eka Purniawati

Fotografer: Aji Anwar

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN