Perpusnas Siap Kolaborasi dengan Organisasi Riset Arkeologi, Bahasa, dan Sastra BRIN

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Merdeka Selatan, Jakarta - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando didampingi Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Mariana Ginting menerima kunjungan kerja dari Kepala Organisasi Riset Arkeologi, Bahasa, dan Sastra Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Herry Jogaswara beserta jajaran, Rabu (21/6/2023).

 

Organisasi Riset (OR) Arkeologi, Bahasa, dan Sastra adalah sebuah organisasi non struktural yang memiliki tugas teknis penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi di bidang arkeologi, bahasa, dan sastra sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Untuk mendukung fungsi tersebut, OR Arkeologi, Bahasa, dan Sastra bermaksud untuk menjalin kolaborasi dengan Perpusnas.

 

“Bagi kami peran Perpusnas sangat strategis dalam kemungkinan-kemungkinan potensi kolaborasi yang bisa dilakukan”, ungkap Herry.

 

Herry juga menyampaikan keinginannya untuk membangun sebuah data raya tentang manuskrip, mengingat manuskrip adalah salah satu hal penting dalam kegiatan riset di organisasi tersebut.

 

“Harapan kami, manuskrip yang ada di Indonesia bisa terkumpul dengan kolaborasi bersama Perpusnas dan kementerian lembaga lain”, imbuh Herry.

 

Mendengar hal tersebut, Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando menyambut baik dan bersedia memberikan dukungan yang diperlukan.

 

“Semua yang ada di Perpusnas sejatinya untuk masyarakat, jadi kami sangat mendukung kolaborasi atau kerja sama yang nantinya bisa dilakukan terlebih jika manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas”, ujar Syarif.

 

Syarif juga berharap nantinya hasil-hasil penelitian dari BRIN dapat diakses dan terintegrasi dengan Perpusnas. 

 

Dalam kesempatan yang sama, OR Arkeologi, Bahasa, dan Sastra menyampaikan undangan kepada Kepala Perpusnas untuk menghadiri acara konferensi internasional Biannual Conference di bulan November.

 

Reporter: Gilang Arwin Saputri

Fotografer: Andri Tri Kurnia

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN