Perpusnas Siap Dukung Kongres Sejarah Bung Karno

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI siap mendukung penyelenggaraan Kongres Sejarah Bung Karno. Kongres yang diinisiasi oleh anggota Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng ini bertujuan untuk meluruskan sejarang yang tertinggal tentang Bung Karno.

Agustina menyampaikan, keinginannya untuk memberikan kontribusi yang cukup berarti bagi pengetahuan, khususnya dengan sejarah tentang Bung Karno. Menurutnya, perlu dipahami bahwa ada sebuah masa dimana kekuatan politik dan kekuasaan memiliki upaya untuk menyembunyikan beberapa fakta sejarah.

"Tentunya ini menjadi tugas kita, terutama di Perpustakaan Nasional dan Arsip Nasional untuk bisa membuka kembali sejarah yang sebenar-benarnya meski pahit sekalipun," ungkap Agustina, Kamis, (30/12/2021).

Agustina menjelaskan, Kongres Sejarah Bung Karno diharapkan dapat diselenggarakan sebelum memasuki bulan Bung Karno (bulan Juni). Dalam kongres tersebut, nantinya menjadi wadah berkumpulnya ahli sejarah, budayawan, arsiparis, penulis, hingga para tokoh yang dekat dengan Bung Karno.

Sebelumnya, lanjut Agustina pada 8 Desember lalu, pihaknya telah menggelar acara Tribute to Bung Karno yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Semarang. Dengan menghadirkan saksi yang pada sekitar tahun 1948-1949 mengantarkan Bung Karno ke Kota Tegal.

"Dalam acara itu, kami juga menggali beberapa hal fakta sejarah yang nantinya dapat dibawa ke kongres," lanjutnya.

Agustina berharap, dalam kongres sejarah itu Perpusnas dapat berpartisipasi dan mendukung dalam menyajikan informasi maupun literatur mengenai Bung Karno.

"Saya berharap melalui Kongres Sejarah Bung Karno ini dapat memberi tambahan kontribusi mengenai sejarah bung Karno. Tentu melalui buku-buku yang ada di perpustakaan maupun arsip yang kemungkinan besar hilang dari sejarah. Ada sekuel sejarah yang tidak terlihat bisa menjadi lebih nyata," harap Agustina.

Sementara itu, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menyampaikan dukungannya pada terselenggaranya Kongres Sejarah Bung Karno. Menurutnya, melalui acara tersebut akan menunjukkan eksistensi perpustakaan sebagai suatu institusi simbol peradaban masa lampau, kini dan yang akan datang.

"Saya sudah menyampaikan kepada jajaran mengenai ide gagasan untuk mempersiapkan Kongres Sejarah Bung Karno sebagai Founding Father di satu sisi dan sebagai tokoh dunia di sisi lainnya. Kami siap membantu menyiapkan informasi yang dibutuhkan," ungkap Syarif.

 

Reportase: Wara Merdeka

Fotografer: Ahmad Kemal

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN