Perpusnas Serahkan 31 Bantuan Motor dan Mobil Perpustakaan Keliling

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta, - Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menyerahkan bantuan 31 unit mobil dan motor perpustakaan keliling kepada sejumlah pemerintah daerah dan pegiat literasi.

Tahap 1 penyerahan mobil perpustakaan keliling tahun 2023 yang terdiri dari 21 mobil perpustakaan keliling dan 10 motor perpustakaan keliling yang semuanya dilengkapi sarana multimedia serta koleksi bahan perpustakaan digelar secara simbolis pada Selasa (10/10/2023) di Jakarta.

Hadirnya perpustakaan keliling diharapkan akan memberikan  stimulasi bagi berbagai pihak khususnya pemerintah daerah untuk mengembangkan program yang dapat mempercepat tumbuhnya budaya baca masyarakat. 

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengatakan gema perpustakaan dan literasi mulai dirasakan oleh masyarakat hingga ke pelosok negeri. Tugas pemerintah daerah adalah memastikan bahwa perpustakaan memulai fungsinya dengan merubah pola pikir masyarakat.

“Penting menciptakan kesadaran semua pihak untuk membangun kecerdasan berbasis pengelolaan potensi sumber daya manusia,” tegasnya.

Kehadiran perpustakaan keliling juga dirasa perlu untuk memenuhi kebutuhan akses masyarakat akan informasi yang berguna untuk menambah pengetahuan, kemampuan serta meningkatkan kualitas hidupnya.

“Jadikanlah perpustakaan sebagai penggerak dalam memajukan daerah. Karena dengan pondasi pengetahuan akan menjadi modal 20 tahun kedepan,” imbuhnya.

Sejak tahun 2003 hingga 2023 sebanyak 956 unit mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi koleksi bahan perpustakaan telah disebarkan untuk memberikan akses perpustakaan yang mudah dijangkau masyarakat. Selain itu sebanyak 120 unit motor perpustakaan keliling beserta koleksi bahan perpustakaan juga diserahkan sepanjang tahun 2017 hingga 2023.

Penerima bantuan mobil perpustakaan keliling tahun 2023 tahap 1 diantaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sorong, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  Kabupaten Kolaka Timur, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Enrekang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumba Timur.

Sedangkan, penerima bantuan motor perpustakaan keliling tahun 2023 diantaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Tidung, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Polewali Mandar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Lampung Timur, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Luwu Utara.

Bupati Maros, Andi Syafril Chaidir Syam mewakili para penerima bantuan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Perpusnas terhadap upaya peningkatan budaya baca masyarakat di daerah yang jauh dari perpustakaan.

Menurutnya, membangun perpustakaan merupakan cara merawat daerah dan daerah. “ Ini merupakan bantuan untuk kami pemerintah daerah sehingga akses perpustakaan bagi masyarakat bisa dijangkau dimanapun,” ungkapnya.

Publikasi: Eka Purniawati/ Alfiyan Tarih

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN