Perpusnas dan Kabupaten Manggarai Bersinergi Tingkatkan Literasi

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta — Perpustakaan Nasional RI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai harus saling bersinergi dalam konteks literasi

Demikian disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, saat menerima kunjungan kerja Bupati Manggarai Herybertus Gerardus laju Nabit, dan Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira di Gedung Layanan Perpustakaan Nasional, Rabu (13/7/2022).

"Perpustakaan yang representatif di daerah akan terwujud jika adanya sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat" ungkap Syarif.

Lebih lanjut dijelaskan. Literasi bukan hanya sekedar merangkai huruf menjadi kata, kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, dan pragraf yang menjadi skripsi. melainkan lierasi dibagi menjadi 5 tingkatan literasi, pertama: Baca, tulis, hitung dan pembentukan karakter, kedua: Akses bahan bacaan terjangkau, akurat, terkini, terlengkap dan terpercaya, ketiga: Memahami apa yang tersirat dan yang tersurat, keempat: memiliki inovasi dan kreativitas sebagai antisipasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan perubahan cepat, dan kelima: Memiliki kemampuan memproduksi barang/jasa yang dapat digunakan dalam kompetisi global.

Sementara itu, Bupati Manggarai Herybertus Gerardus laju Nabit menyampikan kebutuhan layanan perpustakaan yang representatif perlu dibangun di kabupaten manggarai karena jumlah penduduk dan sekolah yang bertambah, jadi perlu fasilitas perpustakaan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan literasi di kabupaten manggarai.

"Perpustakaan menjadi kebutuhan masyarakat kabaputen Manggarai" Jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira menyampaiakn kunci literasi adalah perpustakaan yang representatif dan terpenuhi nya jumlah buku untuk dibaca oleh generasi muda dan masyarakat. seperti di daerah generasi muda sangat haus akan bahan bacaan, giat akan mengunjungi perpustakaan - perpustakaan di daerah.

"kami mohon dukungan Perpustakaan Nasional bersama Bapak Bupati Manggarai untuk pembanguanan gedung perpustakaan di Kabupaten Manggarai, semoga ini menjadi kebutuhan yang bisa dipenuhi Perpustakaan Nasional" pungkasnya.

 

Reporter: Ahmad Kemal Nasution

Fotografer: Alfian

 

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN