Perpusnas Bangun Karakter dan Budaya Organisasi ASN

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta - Budaya organisasi adalah sistem atau nilai-nilai dalam sebuah organisasi yang diimplementasikan bersama. Melalui penguatan budaya organisasi, tujuan, serta visi dan misi organisasi dapat tercapai. 

 

Demikian disampaikan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Ofy Sofiana dalam sambutannya saat membuka acara Sosialisasi dan Pengisian Survei Core Values BerAKHLAK yang digelar secara daring, Senin (22/5/2023).

 

Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peran sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

 

Untuk mengakselerasi transformasi pengelolaan sumber daya manusia serta ASN, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meluncurkan Core Values ‘BerAKHLAK’ dan Employer Branding ASN ‘Bangga Melayani Bangsa’. BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

 

“Peluncuran Core Values ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional”, ungkap Ofy.

 

Perpusnas bekerja sama dengan ACT Consulting, menggelar survei indeks BerAKHLAK untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi mengenai implementasi Core Values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya yang ideal.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur ACT Consulting, Hesti Herminati mengatakan bahwa kondisi Core Values BerAKHLAK adalah sesuatu yang tidak terlihat hanya dirasakan sehingga kadang yang dirasakan satu sama lain berbeda.

 

“Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran untuk bisa melihat sejauh mana kesehatan budaya berakhlak yang ada di Perpusnas. Setelah diukur kemudian kita bisa manage”, ujar Hesti.

 

Lebih lanjut, Senior Consultant ACT Consulting, Vina Varias mengatakan yang ingin didapatkan dari survei yaitu sejauh mana Core Values BerAKHLAK yang telah diimplementasikan Perpusnas dalam budaya organisasi. 

 

Vina menambahkan, survei juga bertujuan untuk melihat keselarasan nilai pribadi dan nilai budaya organisasi, serta budaya yang diharapkan kedepannya.

 

“Jadi tidak hanya sekedar survei, tapi kita dapat mengetahui apa saja yang menjadi area perbaikan untuk ditingkatkan kedepannya”, imbuh Vina.

 

Reporter: Gilang Arwin Saputri

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN