Pembangunan Gedung Perpustakaan di IKN Ditargetkan Selesai Desember 2021

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando menerima secara langsung kunjungan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Elto di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Layanan Perpusnas, pada Senin (25/10/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, Elto menyampaikan realisasi fisi dana dekosentrasi yang sudah mencapai 100 persen, sedangkan realisasi keuangan mencapai 97 persen.

Disampaikan pula progress pembangunan gedung perpustakaan di Kabupaten Penajam Paser Utara yang merupakan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) sudah berjalan 91 persen. Meskipun sedikit terlambat, namun pembangunan perpustakaan tersebut diperkirakan selesai pada Desember tahun ini.

"Memang ada sedikit keterlambatan dalam proses pembangunan perpustakaan di lokasi IKN, dikarenakan situasi pandemi sehingga pengiriman bahan material sedikit terhambat. Namun, kami targetkan pada Desember nanti sudah selesai," papar Elto.

Sementara itu, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengapresiasi progres yang dicapai Pemerintah Provinsi Kaltim, terutama peran dinas perpustakaan dalam mengembangkan perpustakaan dan kearsipan di Kaltim, membantu tugas pokok, fungsi perpusnas secara teknis.

"Perlu dipahami bahwa di bulan Oktober ini, semua kegiatan pembangunan yang menggunakan dana dekonsentrasi maupun dana alokasi khusus (DAK) diharapkan sudah dalam progres akhir," ungkapnya.

Syarif Bando mengingatkan, semua proses untuk penyediaan DAK untuk tahun 2022 telah selesai, sehingga diharapkan dapat segera direalisasikan. Menu DAK di tahun 2022 dan 2023 diantaranya, pembangunan gedung baru, perluasan gedung, penyediaan TIK, hingga perabot.

 

Reportase : Wara Merdeka

Fotografer : Ahmad Kemal Nasution

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN