KOORDINASI DAN ADVOKASI DENGAN MITRA JEJARING MITRA INDONESIA ONE SEARCH DI SUMATERA UTARA TAHUN ANGGARAN 2023

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Pusat Data dan Informasi mengadakan Koordinasi dan advokasi dengan mitra jejaring Indonesia One Search di Sumatera Utara yang dilaksanakan pada tanggal 23-25 Mei 2023 di Le Polonia Hotel & Convention secara hybrid. Tujuan dari koordinasi dan advokasi ini yaitu untuk mendiskusikan kendala teknis maupun non teknis yang dihadapi oleh perpustakaan mitra serta bagaimana solusi terbaik yang dapat dilakukan, sehingga dapat tergabung dan meningkatkan kontribusinya dalam bersinergi menghimpun dan mendesiminasikan lebih luas koleksi yang dimiliki kepada seluruh masyarakat di tanah air melalui portal Indonesia Onesearch.

Koordinasi dan Advokasi dengan mitra jejaring Indonesia One Search ini diikuti sebanyak 118 orang secara luring yang terdiri dari Peserta yang hadir secara luring ini terdiri dari 76 orang perwakilan perpustakaan perguruan tinggi (termasuk pengurus FPPTI setempat), 14 orang perwakilan perpustakaan sekolah/madrasah, dan 28 orang perwakilan perpustakaan umum termasuk perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan secara daring sebanyak 146 orang yang terdiri dari 62 orang perwakilan perpustakaan perguruan tinggi, 29 orang perwakilan perpustakaan sekolah / madrasah, 2 orang perwakilan perpustakaan khusus, dan 52 orang perwakilan dari perpustakaan umum dan perpustakaan pembina daerah. Para peserta daring merupakan pengelola perpustakaan dari seluruh wilayah di Indonesia termasuk Sumatera Utara yang tidak dapat menghadiri acara secara langsung disebabkan lokasi yang sangat jauh dari kota Medan.

Kegiatan koordinasi dan advokasi dibuka dengan penyampaian Laporan Penyelenggaraan Kegiatan oleh Aristianto Hakim, S.IPI. selaku Ketua Panitia kegiatan Koordinasi dan Advokasi dengan mitra jejaring Indonesia One Search di Sumatera Utara dan dilanjutkan materi oleh narasumber yang turut diundang dalam koordinasi dan advokasi dengan beragam materi yang diberikan, antara lain: Dr. Taufiq A. Gani, S.Kom., M. Eng. Sc (Kepala Pusat Data dan Informasi Perpusnas RI) – Kebijakan Perpustakaan Nasional Terkait Jejaring Perpustakaan Digital Nasional; Drs. Alian Hutauruk., M.Pd (Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara) – Kebijakan Daerah Dalam Mendukung Jejaring Perpustakaan Digital Nasional; Ismail Fahmi, Ph.D  (Penggagas Indonesia One Search) – Pengenalan Indonesia One Search; Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M. (Praktisi Repositori) – Mempublikasi Repositori Secara Daring (Online) dan Praktik Cara Mengaktifkan Modul Protokol OAI-PMH pada Aplikasi Repositori (Slims, OJS, ePrints, Dspace); Faizal Ardyanto, S.Kom (Pranata Komputer Perpusnas RI) - Praktik cara mengaktifkan modul protokol OAI-PMH pada aplikasi repositori INLISLite; Reiza Metsya Putra, ST (Pranata Komputer Perpusnas RI) - Praktik cara mendaftarkan instansi dan repositori ke portal Indonesia One Search yang dimoderatori oleh Pranata Komputer Perpusnas RI, antara lain Rifa Fadilah, S.Sos., Edithya Septiadi, S.Kom., dan Faizal Ardyanto, S.Kom..

Indonesia One Search merupakan satu pintu pencarian Tunggal untuk semua koleksi public milik perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia yang diemban Perpustakaan Nasional melalui Kerjasama dengan seluruh perpustakaan di Indonesia dan menjadi tempat untuk menemukan informasi dan ilmu pengetahuan yang terkandung dalam beragam jenis Pustaka kepada seluruh Masyarakat di tanah air secara daring.

Dengan adanya kegiatan koordinasi dan advokasi dengan mitra jejaring mitra indonesia one search di Sumatera Utara tahun anggaran 2023 dapat mencapai tujuan  yaitu memberikan pemahaman kebijakan, konseptual, dan praktis terkait pentingnya bergabung ke dalam jejaring perpustakaan melalui portal Indonesia Onesearch dan juga mendiskusikan kendala teknis maupun non teknis yang dihadapi oleh perpustakaan mitra serta bagaimana solusi terbaik yang dapat dilakukan, sehingga dapat meningkatkan kontribusinya dalam bersinergi menghimpun dan mendesiminasikan lebih luas koleksi yang dimiliki kepada seluruh masyarakat di tanah air melalui portal Indonesia One Search yang akan berdampak pada wawasan pengetahuan dan literasi Masyarakat Indonesia.

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN