Kepala Perpusnas Lantik Sekretaris Utama Baru Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando melantik Ofy Sofiana sebagai Sekretaris Utama Perpusnas yang baru. Pelantikan Ofy yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi sebelumnya dilakukan, sesuai Surat Keputusan Presiden Joko Widodo, pada Selasa (26/4/2022).

“Kunci suksesnya adalah dalam mengambil keputusan. Orang yang tidak mampu mengambil keputusan tidak bisa jadi pemimpin. Karena itu legitimasi dari Bapak Presiden melalui SK yang Ibu pegang itu adalah mewakili presiden untuk mengambil keputusan yang strategis di bidang kesekretariatan Perpustakaan Nasional,” ungkap Kepala Perpusnas.

Dalam sambutannya, Kepala Perpusnas memberikan apresiasi atas kinerja Ofy yang berhasil mengangkat citra layanan Perpusnas selama menjabat. “Ibu telah menghasilkan aplikasi kastara yang sudah mulai dimanfaatkan oleh masyarakat. Dan akan terus didorong untuk memperbanyak koleksinya lagi. Itu adalah bagian daripada hasil evaluasi kinerja saudara sebagai Deputi,” sebutnya.

Lebih lanjut Syarif menyampaikan, dengan dilantiknya Ofy sebagai sebagai Sestama telah banyak tugas tentang bagaimana mengkoordinasikan internal terkait kondisi pustakawan yang sangat kurang. Sekretariat itu adalah mesinnya sebuah organisasi. Hidup matinya sebuah organisasi tergantung nyalanya mesin di sekretariat.

“Jadi bagaimana Ibu menjadi corong bagi Perpustakaan Nasional ke dunia luar. Sekretariat Perpusnas merupakan dapurnya ilmu perpustakaan. Sehingga seorang Sestama harus mampu mengelola berarti mengarahkan dan memastikan seluruh pegawai di Perpustakaan Nasional itu adalah ahli perpustakaan,” imbuhnya.

Dirinya menegaskan, tantangannya Sestama untuk membuka wawasan para pegawai agar semua orang yang bekerja di Perpusnas mewakili pemerintah dan negara untuk wajib untuk berkontribusi terhadap mencerdaskan anak bangsa.

 

Reporter: Eka Purniawati

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN