Kab. Tapin Bangun Perpustakaan Modern yang Terintegrasi dengan Kawasan Terpadu

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta – Bupati Tapin, M. Arifin Arpan, melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional dan diterima langsung Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti di Perpustakaan Nasional Salemba, Rabu (10/7). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka berkonsultasi mengenai pembangunan perpustakaan di daerahnya.

Arifin menjelaskan Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, ingin membangun perpustakaan modern yang terintegrasi dengan kawasan terpadu Rantau Baru. “Perpustakaan yang sudah ada di Tapin berlokasi di kawasan pemukiman padat penduduk dan sejak tahun 2013 - 2018 minat baca masyarakat terus meningkat, untuk itu kami ingin membangun kawasan terpadu dimana terdapat perpustakaan modern didalamnya,” ucap Arifin.

Menanggapi hal tersebut, Woro mengapresiasi keinginan yang dimiliki Arifin dalam pengembangan budaya baca di daerahnya. “Perpustakaan harus bertransformasi untuk mendukung aktifitas masyarakat dengan menyediakan koleksi buku-buku yang berguna untuk mensejahterakan hidup mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpusnas, Deni Kurniadi, menambahkan perlu adanya koordinasi dan kerjasama yang baik dari semua pihak baik pemerintah daerah dan legislatif untuk bisa membangun perpustakaan di Kabupaten Tapin. “Pengajuan permohonan DAK untuk pembangunan gedung perpustakaan harus menyertakan berkas-berkas administrasi seperti sertifikat tanah dan DED (Detail Engineering Design), jadi mohon segera dipersiapkan”, jelasnya.

Reportase: Basma Sartika

Fotografer: Eka Purniawati

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN