Ikatan Pustakawan Indonesia Peringati Hari Jadi ke-50

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta, - Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) memperingati hari ulang tahun ke-50 dan Peringatan Hari Pustakawan yang jatuh pada 7 Juli 2023.

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, sejak berdiri tahun 1973  IPI terus menghadapi tantangan terutama di era perkembangan teknologi.

“Dalam sebuah buku berjudul Intelegence of Nations yang saya baca, mencerminkan betapa parameter dunia bergeser yang kemudian penelitiannya menetapkan ada dua indikator negara terpintar di dunia yaitu intelegensi dan literasi,” sebutnya.

Namun Kepala Perpusnas menyebut tidak hanya itu, tapi ada beberapa indikator lain yaitu peringkat universitas, rata-rata income perkapita, jenis barang ekspor hasil teknologi tinggi, fasilitas kesehatan, dan perkembangan teknologi sebuah negara.

Kepala perpusnas menambahkan, perpustakaan itu dinamis dia tumbuh sejalan dengan perjalanan umat manusia maka perlu adanya peran pustakawan yang lebih kuat untuk menyadarkan masyarakat pentingnya kemampuan literasi sampai pada proses produksi.

“Ke depan bicara tentang bagaimana merubah persepsi dan cara pandang 278 juta penduduk Indonesia bahwa kita membutuhkan ilmu pengetahuan yang sampai kepada kemampuan memproduksi barang dan jasa sesuai definisi literasi,” imbuhnya.

Literasi menurut Kepala Perpusnas adalah kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi untuk memproduksi barang dan jasa yang berkualitas dan dapat dipakai untuk memenangkan persaingan global.

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun IPI ke-50 di Perpusnas Medan Merdeka Selatan tersebut, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia (PP-IPI) periode 2022-2025  Syamsul Bahri mengatakan selama 50 tahun sudah banyak program yang  dilaksanakan IPI untuk meningkatkan kompetensi anggotanya.

“Tidak hanya memperingati dengan cara yang ditandai dengan seremonial saja, untuk mengingat kembali sejarah panjang perjalanan terbentuknya organisasi IPI dan  kegiatan yang lain seperti seminar dan lain-lain sebagainya untuk mendukung profesionalitas anggota,” ungkapnya.

Syamsul menambahkan IPI akan terus belajar dari berbagai kiprah yang sudah kita lakukan untuk mengisi kegiatan para pustakawan yang saat ini berada dalam lingkungan perubahan. Salah satunya menggelar Sarasehan Ikatan Pustakawan Indonesia yang menghadirkan narasumber yaitu Perwakilan PP-IPI Zulfikar Zein, Pustakawan Perpusnas Luthfiati Makarim, dan Plt. Kepala Divisi Perpustakaan Public Exposure dan MU- BI Institute Shiddieq Adityarahman

Syamsul berharap kegiatan sarasehan ini akan melahirkan pemikiran dan gagasan baru baik dalam mengelola organisasi profesi maupun dalam menyiapkan program untuk para pustakawan dan seluruh tenaga pengolah perusahaan yang berdampak kepada pelayanan perpustakaan yang lebih baik.

“Seperti hari ini, di mana kita sudah masuk di era perubahan dan pasca pandemi covid tentunya tepat pula kita mendengarkan atau mengikuti berbagai perkembangan pengelolaan informasi di era digital,” pungkasnya.


Reporter: Eka Purniawati
Fotografer: Aji Anwar

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN