Gemilang Perpusnas, Apresiasi Bagi Insan Literasi

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) memberikan penghargaan tertinggi Nugra Jasa Dharma Pustaloka kepada masyarakat yang berkiprah dalam membudayakan kegemaran membaca.

Penghargaan diberikan kepada insan dan instansi yang mendedikasikan upaya pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan serta menumbuhkembangkan budaya kegemaran membaca dan literasi di Indonesia.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menyampaikan, pemberian penghargaan ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SS KCKR).

"Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang bahwa negara harus memberi penghargaan terhadap siapa saja anak bangsa yang peduli terhadap perpustakaan," ungkapnya dalam malam apresiasi Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2022 di Integrity Convention Centre (ICC) MGK), Kemayoran, Senin (14/11/2022).

Syarif menyampaikan, penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka bukan sekadar seremoni tetapi merupakan mandat Undang-undang dalam mencerdaskan anak bangsa.

"Kita terus berjuang bergerak maju untuk memajukan bangsa ini. Meletakkan pondasi kecerdasan dengan menghadirkan sebanyak informasi-informasi baru," lanjutnya.

Syarif menegaskan, budaya baca bangsa Indonesia tinggi. Namun, kekurangan bahan bacaan masih menjadi persoalan. Berdasarkan standar UNESCO idealnya tiap orang tiga buku baru tiap tahunnya.

"Faktanya di Indonesia 1 buku ditunggu 90 orang. Kita semua harus memahami betul masyarakat masih kurang bahan bacaan, belum lagi pemahaman literasi masih tidak merata," ungkapnya.

Dijelaskan, literasi merupakan kedalaman pengetahuan seseorang yang diimplementasikan untuk memproduksi barang dan jasa yang mampu bersaing dalam pasar global.

"Disinilah peran perpustakaan sebagai supporting untuk menyiapkan bahan bacaan minimal buku terapan/life skill yang disesuaikan dengan dibutuhkan masyarakat," jelasnya.

Pada tahun 2022, sebanyak delapan kategori terbaik mendapatkan penghargaan tertinggi Nugra Jasa Dharma Pustaloka.

Kategori tersebut antara lain kategori pejabat publik, tokoh masyarakat, pegiat literasi, media massa, jurnalis, pelestari naskah kuno, buku (pustaka) terbaik, dan lifetime achievement.

Kategori lifetime achievement diraih oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Khofifah, penghargaan ini adalah hasil kerja keras masyarakat Jawa Timur dalam berbagai kegiatan yang dapat membantu mewujudkan penguatan literasi dan budaya baca di Indonesia, dan Jawa Timur pada khususnya.

Salah satunya dengan adanya mobil baca dan tenda ramah anak, sebagai bentuk trauma healing di pengungsian.

Selain itu, Khofifah juga menyampaikan bahwa proses transformasi digital ekosistem yang cepat tidak diikuti kecepatan literasi.

“Oleh karena itu menjadi tugas kita bersama bagaimana penguatan literasi dapat diterapkan dalam berbagai macam sektor sehingga percepatan transformasi digital ekosistem dapat diikuti oleh percepatan literasi,” terang Khofifah.

Sementara itu, Menteri Pertanian Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendapat penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022 kategori pejabat publik.

Syahrul Yasin mengapresiasi Perpusnas dengan penghargaan yang diberikan. Menurutnya, penghargaan ini dapat memotivasi Kementerian Pertanian untuk selalu meningkatkan upaya pelestarian budaya baca dan peningkatan literasi, terutama pada literasi informasi pertanian.

“Apa yang kami lakukan tidak berhenti dengan adanya penghargaan ini. Kami siap bekerja sama dengan Perpusnas dengan langkah-langkah inklusif untuk membangun masyarakat, khususnya petani-petani di Indonesia,” ungkap Syahrul.

Malam Gemilang Perpustakaan Nasional 2022 ditutup dengan special performance dari grup band D’Masiv.

Berikut kategori dan nama-nama penerima Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022:

1.     Kategori Pejabat Publik

·       Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H

·       Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam, S.IP, M.H

·       Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si

·       Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DIY Dra. Monika Nur Lastiyani, M.M

·       Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan, S.H., M.H

2.     Kategori Tokoh Masyarakat

·       Bunda Literasi Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal, S.H

·       Bunda Baca Provinsi Nusa Tenggara Timur Julie Sutrisno Laiskodat

·       Bunda Literasi Kota Depok Elly Farida

·       Bunda Literasi Kabupaten Magelang Christianti Handayani, S.E

·       Duta Literasi Provinsi Sumatera Selatan Ratu Tenny Leriva, S.Ked

3.     Kategori Pegiat Literasi

·       Pegiat Literasi Kota Tegal, Pendiri Komunitas Baca ‘Sakila Kerti’ Dr. Yusqon. M.Pd

·       Pegiat Literasi Kabupaten Purbalingga, Pendiri dan Pengelola Perpustakaan Bergerak Limbah Pustaka Raden Roro (Rr) Hendarti, S.Sos

·       Pegiat Literasi Kota Banjar dan Pendiri Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) Sofian Munawar

·       Pegiat Literasi dan Pendiri Komunitas Baca Ngudi Kaweruh Trans Kalis Kabupaten Kapuas Hulu Aipda Belmi Siallagan, S.A.P

·       Pegiat Literasi Provinsi Papua, Pendiri Komunitas Baca Nusantara, Komunitas Baca Honai dan Komunitas Baca Kehidupan Zufri, AR., SE., M.M

 

4.     Kategori Media Massa

·       Beritasatu/BTV

5.     Kategori Jurnalis

·       Jupriadi Asmaradhana

6.     Kategori Pelestarian Naskah Kuno

·       H. Kholid (Provinsi Banten)

·       Darti Busni (Provinsi Jambi)

·       Ida Bagus Suarsana (Provinsi Bali)

·       Alfitmon (Provinsi Sumatera Barat)

7.     Kategori Buku (Pustaka)

Subjek Sains Data

Terbaik 1 

Judul Buku : Teknik Eksplorasi Data yang Harus Dikuasai Data Scientist Penulis          : Bagus Sartono, Dewi Kiswani Bodro, Gerry Alfa Dito

Subjek Fotografi


Terbaik 1

Judul Buku       : Kisah Mata Fotografi antara Dua Subjek “Perbincangan Tentang Ada”

Penulis : Seno Gumira Ajidarma)

 

Subjek Hukum Tenaga Kerja

Terbaik 1

Judul Buku       : Penyalahgunaan Keadaan (Undue Influence) dalam Perjanjian Kerja : Karakteristik, Mekanisme Penyelesaian dan Pencegahan

Penulis : Nabiyla Risfa Izzati

8.     Kategori Lifetime Achievement

·       Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si

 

Reporter: Wara Merdeka/Gilang Arwin
Dokumentasi: Prakas Agrestian/Ahmad Kemal/Andri Tri/Aditya Irfan 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN