19 Pejabat Fungsional di Lingkungan Perpusnas Dilantik

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta – Sekretaris Utama (Sestama) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Ofy Sofiana melantik sebanyak 19 pejabat fungsional, Selasa (4/7/2023).

Dala sambutannya, Sestama mengungkapkan harapannya bahwa pejabat fungsional yang baru dilantik mampu menghadapi tantangan dan merubah mindset.

Selain itu, diharapkan pula para pejabat yang dilantik akan melaksanakan tugas sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki, dengan sikap mandiri dan profesional.

"Dengan pelantikan ini, kami berharap jenjang jabatan fungsional ini menjadi titik awal bagi  yang dilantik untuk bisa mengikuti perubahan zaman yang terjadi serta mampu berkontribusi bagi kemajuan Perpusnas," ungkapnya.

Dia mengatakan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), diharapkan mampu menjalankan tugas pemerintah secara profesional, sesuai dengan amanah yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Menurutnya, jabatan fungsional ini sangat bergantung pada kualifikasi profesionalitas, dengan tugas yang didasarkan pada penguasaan metodologi dan teknis analisis di bidang keahlian.

"Setiap pejabat fungsional dalam sebuah unit kerja pemerintahan memiliki posisi penting dan strategis," katanya.

Dengan terbitnya Peraturan Menpan Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional, lanjutnya, membawa perubahan penting. Diantaranya kinerja yang didasarkan pada penetapan predikat kerja yang dikonversi ke dalam angka kredit.

Sestama juga menekankan bahwa para pejabat fungsional tidak lagi harus sibuk dengan pengurusan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK).

"Diharapkan kepada seluruh pejabat fungsional yang baru dilantik untuk memberikan kinerja terbaik bagi Perpusnas. Sejatinya, eksistensi lembaga ini diukur dari kinerja kita sebagai unsur penggerak," harapnya.

Dalam pelantikan tersebut, enam pejabat fungsional dilantik sebagai pustakawan ahli madya, lima pejabat fungsional dilantik sebagai pustakawan ahli muda, lima pejabat fungsional dilantik sebagai pustakawan ahli pertama, satu oejabat fungsional dilantik sebagai pustakawan penyelia, dan dua pejabat fungsional dilantik sebagai perencana ahli pertama.

 

Reporter: Wara Merdeka

Fotografer: Alfyan/Prakas

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN