Workshop Literasi Kopi, Masyarakat Diberikan Pengetahuan dan Keterampilan Membuat Kopi sebagai Usaha

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam dunia kopi, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyelenggarakan workshop literasi kopi di Ruang Serba Guna Lt. 4 Gedung Layanan Perpustakaan Nasional Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Workshop yang diadakan selama dua hari ini, Senin-Selasa 29-30 Mei 2023 ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mendalam tentang kopi. Tak hanya teori saja, peserta pun diajarkan cara membuat kopi dengan baik sehingga dapat dijadikan sebagai usaha yang menguntungkan.

Cofee Specialist, Jonathan Yustisio membagi pengetahuan dan pengalamannya mengenai dunia kopi. Dikatakan bahwa industri kopi mengalami perkembangan tiap tahunnya. Di tahun 1985 berkembang industri kopi sachet, kemudian berkembang menjadi kopi franchise di tahun 2001.

"Kopi artisan di tahun 2013 dan di tahun 2016 mulai banyak bermunculan kopi kekinian yang menawarkan berbagai rasa kopi," paparnya dalam Workshop Literasi Kopi dengan tema Secangkir Kopi Energi berliterasi pada, Senin (29/5/2023).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pertumbuhan kedai kopi di Indonesia mengalami kenaikan tiga lipat, dari 1.083 kedai di tahun 2016 hingga 2.937 kedai di tahun 2019.

"Kopi sudah menjadi gaya hidup teutama gen Y dan gen Z, maka peluang bisnis pasti terbuka lebar. Ramainya bisnis kopi di Indonesia dikarenakan kopi telah menjadi gaya hidup gen Y dan Z, adanya media sosial untuk promosi dan eksistensi, adanya platform pesan antar online, serta akses mendapatkan bahan kopi mudah," jelasnya.

Barista, Bobby A. Siregar mengatakan, poin penting barista selain memiliki keahlian mengolah kopi, memahami kopi dan dapat berinteraksi dengan pelanggan.

"Keahlian barista salah satunya dengan membuat espresso dan manual brew. Espresso adalah ekstraknya kopi dan manual brew itu menyeduh kopi dengan alat-alat manual," katanya.

Dalam kesempatan itu, Bobby juga menjelaskan tentang bagian dari mesin espresso dan cara menggunakan mesin tersebut untuk menghasilkan kopi yang nikmat.

Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Agus Sutoyo mengatakan, Indonesia merupakan negara penghasil kopi, hampir setiap wilayahnya memiliki hasil perkebunan kopi.

Seperti, di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Selatan. Tetapi, banyaknya informasi yang berkaitan dengan kopi tidak diekspos oleh para pustakawan yang ada di daerahnya.

"Maka ini kita coba, Perpusnas bisa mengangkat tentang kopi. Mengingat perpustakaan merupakan sumber informasi, dan pusat pembelajaran masyarakat," katanya.

Diharapkan, melalui workshop ini dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai kopi.

Dengan adanya workshop literasi kopi ini pula, diharapkan masyarakat akan semakin sadar akan potensi dan pentingnya kopi dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat mengembangkan keterampilan yang dapat menghasilkan peluang usaha yang menjanjikan di industri kopi.

 

Reporter: Wara Merdeka

Fotografer: Alfyan

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN