Pustakawan Dituntut Menjadi Pustakawan Digital

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta, Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim melantik Muhammad Syarif Bando sebagai Pustakawan Ahli Utama (Pustama) pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) pada Rabu (29/12/2023).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 36/M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dari Jabatan Pimpinan Tinggi Utama, Jabatan Pimpinan Tinggi Madya, dan Jabatan Fungsional Ahli Utama serta Pengangkatan Dalam Jabatan Fungsional Ahli Utama.

Menteri Nadiem menyampaikan dalam empat tahun terakhir sistem pendidikan dan ekosistem kebudayaan Indonesia mengalami transformasi yang sangat besar, karena gerakan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya. Capaian gerakan ini mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo.

"Di jenjang per sekolahan kita mengubah cara pembelajaran dan penilaian peserta didik menjadi lebih fokus kepada kemampuan literasi dan numerasi," ungkapnya.

Dia menjelaskan salah satu langkah nyata yang telah dilakukan adalah mengirimkan lebih dari 15 juta eksemplar buku bacaan berkualitas ke-20.000 PAUD dan SD khususnya di daerah 3T.

"Pengiriman disertai dengan pelatihan bagi guru dan pustakawan untuk memastikan pemanfaatan buku di sekolah secara optimal," jelasnya.

Menteri Nadiem berharap pustama dapat mengakselerasi dan meningkatkan kualitas pustakawan, khususnya dalam merespon perkembangan teknologi digital yang semakin cepat.

"Pustakawan hari ini dituntut menjadi pustakawan digital yang mampu mengelola dan memfasilitasi akses informasi seluas-luasnya bagi masyarakat," harapnya.

 

Reporter: Wara Merdeka

Dokumentasi: Ahmad Kemal / Robi

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN