Mewujudkan Keamanan Informasi, Perpusnas Gelar Sosialisasi Kebersihan Meja Kerja

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) telah menggelar sosialisasi kesadaran akan kebersihan meja kerja atau Clean Desk Awareness, pada Senin (29/4/2024) melalui zoom meeting. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap upaya melindungi informasi pribadi bagi para pegawai dan pengunjung Perpusnas. 

Selama sosialisasi, Sub Kelompok Substansi Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI), Unit Kerja Pusat Data dan Informasi Dewi Endah Wasitarini menegaskan pentingnya pemaparan ini sebagai bagian dari kepatuhan regulasi: Data Protection Art, standar keamanan informasi ISO 27001:2022. 

“Dengan membersihkan meja kerja dari semua kertas, seperti catatan kecil, nomor rekening, kata sandi, dan dokumen yang tidak penting, kita dapat mengurangi risiko dari pembobolan data dan pencurian identitas,” ujarnya.

Ia juga mengungkap urgensi keamanan informasi di era digital, bahwa jaringan siber Indonesia saat ini menempati peringkat kelima di dunia yang mengalami serangan terbanyak sejumlah 205.966 kali menurut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Maka dari itu, terdapat pedoman merapikan meja kerja yang mencakup enam aspek.

“Mulai dari memastikan komputer selalu dalam keadaan terkunci atau mati saat ditinggalkan. Aspek kedua, tidak menuliskan kata sandi komputer pada sticky note. Berikutnya tidak pula meninggalkan flashdisk sembarangan,” jelasnya.

Tiga aspek lainnya yakni tidak meninggalkan gadget dalam keadaan tidak terkunci, memastikan laci tempat menyimpan berkas penting selalu terkunci apabila sedang ditinggalkan, dan memusnahkan informasi sensitif pada dokumen cetak sebelum dibuang.

 

Reporter dan Dokumentasi: Alditta Khoirun Nisa

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN