Kepala Perpusnas: Ruang Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Yang Sangat Luas Ada di Perpustakaan

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Nias Utara, - Kecerdasan bisa datang dari mana saja. Salah satunya dari ruang pembelajaran dan ilmu pengetahuan yang sangat luas yang ada di perpustakaan.

 

“Selalu kita percaya korelasi percepatan kemajuan suatu daerah berbanding lurus dengan kecerdasan yang dimiliki daerah itu,” jelasnya.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando saat meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Kab. Nias Utara yang dirangkaikan dengan Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, pada Senin, (13/6/2022).

 

Pembangunan Gedung tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sub bidang perpustakaan sebesar 10,723 miliar rupiah yang diberikan pemerintah pusat melalui Perpusnas tahun 2019 lalu. Bantuan pembangunan fasilitas perpustakaan dilakukan dalam rangka mewujudkan visi misi Presiden Joko Widodo dalam pembangunan sumber daya manusia.

 

“Perpusnas mewakili pemerintah pusat menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas kemajuan yang telah dicapai pemerintah daerah bersama masyarakat Kab. Nias Utara dalam 14 tahun terakhir berdiri sebagai sebuah kabupaten,” ungkapnya.

 

Syarif juga menyampaikan apresiasi atas komitmen Bupati Nias Utara dengan meletakkan pondasi pembangunan sumber daya manusia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

 

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa setiap bagian dari Negara Indonesia, siapa pun dan apa pun tugas yang diemban memiliki tanggung jawab yang sama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat UUD 1945.

 

Di sisi lain, Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu menyampaikan terima kasih atas dukungan Perpusnas dengan memberikan bantuan pembangunan gedung di Kab. Nias Utara. “Pada kesempatan ini hadirnya Perpusnas di Kab. Nias Utara diharapkan akan memberikan motivasi pada semangat literasi masyarakat Kab. Nias Utara,” sebutnya.

 

Dirinya juga berharap Perpusnas akan terus memberikan dukungan dalam bentuk lainnya untuk mendukung literasi yang lebih baik di Kab. Nias Utara. “Kab. Nias Utara adalah daerah tertinggal, maka melalui potensi literasi ini kami ingin bisa setara dengan daerah lain dan mengambil bagian untuk bisa keluar dari ketertinggalan,” pungkasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Kab. Nias melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Nias Utara juga menerima bantuan 1 unit mobil perpustakaan keliling, serta motor perpustakaan keliling untuk pegiat literasi yang diterima Desman Telaumbanua.

 

Bunda Literasi Kab. Nias Utara periode 2022-2024 yang baru saja dikukuhkan Arismanwati Amizaro Waruwu juga mengungkapkan harapan agar perpustakaan yang ada di Kabupaten Nias Utara bisa lebih hidup dibawah bimbingan Perpusnas.

 

Arismanwati ingin apa yang dicita-citakan masyarakat Indonesia khususnya Kab. Nias Utara  bisa lebih maju melalui berbagai pembaruan serta inovasi.

 

Di samping itu dirinya ingin semua Ibu di Kab. Nias Utara dapat menjadi bunda literasi, baik di rumah maupun tempatnya bertugas. Menurutnya gerakan bunda literasi dapat menjadikan solusi dalam pembentukan karakter generasi muda yang terbaik bangsa.

 

“Perpustakaan merupakan jantung dari pada pendidikan. Kalau jantung tidak bergerak maka itu artinya tidak bernyawa dan bahkan mati,” pungkasnya.

 

Reporter: Eka Purniawati
Fotografer: Hanna Meinita

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN