Kabupaten Nagekeo Canangkan Festival Literasi Nagekeo 2019

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Nagekeo, adalah salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Ngada. Meski baru berusia 12 tahun, Kabupaten Nagekeo siap menghelat Festival Literasi pada bulan Agustus 2019 mendatang. Hal ini disampaikan Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, pada soft launching Fetsival Literasi di Gedung Perpusnas di Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis, (11/4).

Meski baru berusia muda, Kabupaten Nagekeo tidak ingin ketinggalan dalam berpartisipasi menebarkan virus literasi. Apalagi di era digital seperti sekarang, dimana kemampuan literasi mutlak diperlukan agar tidak ditinggal zaman. ”Kita semua tahu bahwa perpustakaan adalah penyangga peradaban. Lewat literasi, Kabupaten Nagekeo bisa menyongsong era digital,” ucap Bupati Nagekeo.  

Literasi sendiri tak hanya diartikan dengan gemar membaca buku. Sehingga pada Festival Literasi Nagekeo, Agustus nanti, Johanes mengatakan akan ada literasi tenun, literasi wisata, hingga literasi kuliner.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Deputi Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional, Ofy Sofiana, mengatakan bangsa Indonesia menjadi besar seperti saat ini karena keinginan masyarakatnya yang kuat untuk belajar. Menciptakan masyarakat literasi adalah hal yang mutlak dilakukan. Pemerintah daerah bisa memanfaatkan momen-momen massal, seperti festival, bazar buku, atau bisa juga dengan memperbanyak sumber-sumber bacaan yang berkualitas yang mudah diakses oleh siapapun, baik masyarakat yang tinggal di desa maupun di perkotaan.

“Festival Literasi Nagekeo 2019 merupakan kerjasama antara Kabupaten Nagekeo dengan Perpustakaan Nasional, sehingga kami berharap dengan diadakannya acara ini dapat menjadi langkah awal dalam memperkenalkan Kabupaten Nagekeo secara nasional,” ujar Ofy Sofiana.

 

Reportase : Basma Sartika

Fotografer ; Hartoyo Darmawan

 

 

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN