Delegasi Colombo Plan Kunjungi Perpustakaan Kelurahan Lubang Buaya

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Lubang Buaya, Jakarta Timur - Guna melihat secara langsung praktik baik dari program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), para peserta Program Berbagi Pengetahuan tentang TPBIS melakukan kunjungan ke perpustakaan Mutiara Rawa, Binong Kelurahan Lubang Buaya Jakarta Timur.

Dalam kegiatan 'Site Visit Knowledge Sharing' Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus (PPUK) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Nani Suryani menyampaikan kehadiran delegasi Colombo Plan dalam mendukung perubahan positif melalui pengembangan perpustakaan yang inklusif.

"Hari ini, kita akan menjalani kegiatan untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide terbaik terkait transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial," ungkapnya pada Kamis (16/11/2023).

Lebih lanjut dijelaskan, dalam kegiatan ini hadir delegasi dari berbagai negara yang tergabung dalam Colombo Plan, seperti Laos, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Nepal, dan Sri Lanka. Para peserta ini hadir untuk belajar dan berbagi pengalaman mengenai program TPBIS yang telah dijalankan di Indonesia sejak tahun 2018.

"Sama-sama kita belajar, saling menggali, memotret perkembangan, dan berbagi ide-ide terbaik. Semoga apa yang didapatkan dari pertukaran pengalaman ini dapat diimplementasikan dan dikembangkan di negara masing-masing," ujarnya.

Acara ini, lanjutnya, diharapkan dapat membawa positif bagi semua pihak dan mendorong keberlanjutan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Sosial di seluruh Indonesia. "Dengan semangat kolaborasi dan komitmen tinggi, diharapkan perpustakaan dapat menjadi wadah inklusi yang memberdayakan masyarakat secara luas," lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur Iin Mutmainnah menyampaikan apresiasi atas kegiatan visitasi ini dan menyambut baik inisiatif Colombo Plan dalam melibatkan masyarakat Jakarta Timur dalam program Berbagi Pengetahuan tentang TPBIS.

Program ini, lanjutnya,  bertujuan untuk membangun karakter, membangun bangsa, serta membangun visi dan misi bersama. "Pemerintah tidak bisa sendirian. Kita harus bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat. Keberadaan teman-teman delegasi Colombo Plan menguatkan semangat kita bahwa persaudaraan ini sangat dekat, dan kita masih bisa melakukan hal-hal bersama-sama," ungkapnya.

Dia menjelaskan, Perpustakaan Kelurahan Lubang Buaya yang menjadi tempat visitasi merupakan salah satu dari 68 RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) di Jakarta Timur. Ini merupakan bagian dari program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dilaksanakan di tiga kelurahan di Jakarta Timur. Diantaranya, Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung dan Bambu Apus.

Wakil Walikota berharap program visitasi ini dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat Jakarta Timur dalam meningkatkan literasi dan memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran bagi semua kalangan.

"Semangat kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak eksternal seperti Colombo Plan diharapkan dapat terus memajukan pembangunan karakter dan literasi di wilayah ini," harapnya.

Pada kunjungan tersebut, para peserta dapat melihat berbagai produk-produk yang sudah dihasilkan dari hasil implementasi TPBIS. Selain itu juga meninjau fasilitas yang ada di perpustakaan, seperti ruang baca, komputer, buku dan fasilitas internet. Para peserta juga mendengarkan secara langsung testimoni penerima manfaat program TPBIS.

Reportase: Wara Merdeka

Dokumentasi: Ahmad Kemal Nasution

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN