Perpusnas Menerima Kunjungan Mahasiswa Magang Kampus Merdeka DPR RI

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta – Perpustakaan Nasional RI menerima kunjungan Mahasiswa Magang Kampus Merdeka DPR RI (23/10/2023). Rombongan mahasiswa diterima oleh Ibu Yuli Maryani selaku Ketua Subkelompok Kerja Layanan Referensi dan Bapak Achmad Iwan Ardiansyah selaku Ketua Subkelompok Kerja Pelaporan dan Akuntabilitas, serta beberapa staf pada Substansi Pelaporan.

 

Ketua rombongan sekaligus mentor Ibu Iis Anisa menjelaskan mengenai program kampus Merdeka atau di DPR biasa disebut dengan program Magang Di Rumah Rakyat (MDRR) yang merupakan sebuah kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tujuan dari kunjungan mahasiswa kampus merdeka yaitu untuk melihat secara langsung fasilitas dan layanan yang tersedia di Perpustakaan Nasional RI dan mengetahui program/kegiatan yang dijalankan dalam mendukung tugas pokok dan fungsi perpustakaan.   

 

Pada bulan Juli 2023, para mahasiswa telah mengikuti seleksi yang berisi tes administrasi dan kebinekaan yang dilakukan oleh Kemendikbudristek. Dari 25.475 mahasiswa yang mendaftar, diseleksi kembali menjadi sebanyak 12.822 orang, dan sebanyak 250 orang berhasil lulus untuk menjadi mahasiwa magang kampus merdeka yang disebar di seluruh unit kerja di DPR RI. Mahasiswa magang yang berpartisipasi berasal dari 95 Universitas di Indonesia. Komisi X DPR RI menerima 13 orang mahasiswa magang yang terdiri dari 10 orang mahasiswa magang program kampus merdeka dan 3 orang mahasiswa magang mandiri. Para mahasiswa melakukan magang mulai tanggal 14 Agustus s/d 22 Desember 2023.

 

Dengan mengikuti magang ini diharapkan nantinya para mahasiswa dapat memiliki karakter seperti integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil dan perekat bangsa. Selain itu dapat memiliki kompetensi khusus yang diajarkan di unit kerja masing-masing.

 

Sementara itu, Yuli Maryani menjelaskan mengenai gedung layanan Perpusnas yang terdiri dari 24 lantai, serta  fasilitas dan layanan yang disediakan seperti layanan Keanggotaan Online (K-OL), OPAC, IOS, iPusnas, BintangPusnas Edu, E-Resources, Khastara, Kartu Sakti, dll. Layanan lainnya yang dimiliki oleh Perpusnas antara lain Ask a Librarian yang dapat digunakan oleh mahasiswa jika ingin bertanya mengenai ketersediaan koleksi dan penelusuran informasi. Selain itu, Perpusnas juga memiliki media sosial yang aktif mempromosikan dan mensosialisasikan program/kegiatan kepada masyarakat.

 

Iwan Ardiansyah menjelaskan mengenai tugas pokok dan fungsi Perpustakaan Nasional, Indeks Peningkatan Literasi Masyarakat yang saat ini masih belum memuaskan, serta kendala dan permasalahan dalam peningkatan literasi di Indonesia.

 

Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa terlihat sangat antusias mendengarkan dan berdiskusi mengenai Fasilitas dan Layanan Perpustakaan Nasional. Setelah selesai sesi diskusi, Duta Perpustakaan mengajak para mahasiswa berkeliling untuk melihat secara langsung berbagai layanan yang ada di Perpusnas dan melakukan pendaftaran anggota secara online untuk selanjutnya diberikan kartu perpustakaan yang berlaku seumur hidup.

 

Reportase : Nurazizah

Dokumentasi: I Putu Dian Perdana

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN