HUT KORPRI ke-46 : KORPRI Pilar Pemersatu dan Agen Perekat Kebhinekaan

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Salemba, Jakarta– Di era persaingan terbuka saat ini banyak tantangan yang harus dihadapi. lnovasi dan perkembangan teknologi global tidak hanya membawa kemudahan pada kehidupan sehari-hari, tetapi bahkan mampu mengubah lanskap ekonomi, kehidupan sosial politik, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara. Dunia swasta telah menyadari hal tersebut, dan mulai berlari dengan sangat cepat.

Guna mengejar ketertinggalan tersebut, aparatur sipil negara (ASN) harus benar-benar memahami peta kompetisi ke depan yang penuh ketidakpastian. Tidak ada pilihan lain kecuali menuntaskan program pembangunan nasional melalui inovasi yang berlandaskan pada moralitas publik yang berdasar Pancasila. Setiap anggota KORPRI wajib untuk terus memperbaiki diri, tinggalkan cara-cara rutin, dan perkuat semangat debirokratisasi. “Jangan pernah berhenti berinovasi, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan terobosan layanan publik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel,” pesan Presiden Jokowi di Hari Jadi KORPRI ke-46 di Jakarta, Rabu, (29/11).

Sebuah korps profesi, KORPRI mempunyai tuntutan untuk dapat mempererat solidaritas para anggotanya, mendorong pengembangan kompetensi sumber daya manusianya agar menjadi aparatur yang profesional. Selain itu, KORPRI harus mampu menjaga netralitas organisasi, menempatkan pelayanan masyarakat di atas kepentingan pribadi, organisasi dan golongan.

Peringatan HUT KORPRI harus dijadikan momentum untuk melakukan refleksi, menjaga soliditas dan solidaritas. Momentum untuk melakukan lompatan besar demi mencapai kemajuan bangsa lndonesia. KORPRI harus menjadi pilar pemersatu bangsa dan negara sebagai agen perekat kebhinekaan.

Presiden Jokowi menghendaki tumbuh menjadi organisasi yang penuh dengan budaya inovasi, kreativitas, modern dan efisien yang melayani dengan jiwa semangat Pancasila. Semangat yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Saat ini kita gencar melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur dari pinggiran, desa-desa, hingga pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Di sinilah saya kira peran KORPRI yang amat vital, menjadi penghubung antara masyarakat dengan pemerintah,” ungkap Presiden Jokowi.

Selamat Ulang Tahun KORPRI yang Ke-46. Junjung tinggi Panca Prasetya KORPRI.

 

Reportase : Hartoyo Darmawan

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN