Deputi II: Pembangunan Gedung Perpustakaan Modern Bukti Dukungan Pemerintah Provinsi Lampung Terhadap Literasi

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Bandar Lampung - Pembangunan Gedung Perpustakaan Modern Provinsi Lampung adalah bukti keberpihakan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung terhadap upaya pembangunan kegemaran membaca dan literasi masyarakatnya.

Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Adin Bondar saat meresmikan Gedung Perpustakaan Modern Provinsi Lampung bersama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi pada Kamis (2/5/2024).

Adin Bondar memberikan apresiasi terhadap komitmen Pemerintah Provinsi Lampung terhadap pembangunan budaya baca dengan membangun gedung layanan yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dirinya juga mengatakan bahwa gedung layanan perpustakaan modern yang berlokasi di Jalan Zainil Abidin Pagar Alam No.52 tersebut akan berperan penting dalam meningkatkan literasi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Bandar Lampung.

"Seperti kata filsuf Francis Bacon bahwa pengetahuan adalah kekuatan. Provinsi Lampung menunjukkan kinerja yang spektakuler dengan mengembangkan layanan perpustakaan yang sangat luar biasa," tuturnya.

Selain itu, Adin Bondar menambahkan bahwa Perpusnas telah menyalurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp72,9 miliar untuk mengembangkan fasilitas perpustakaan modern di enam Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, yaitu di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan Kabupaten Pesawaran.

Kemudian melalui  Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dan Bahan Bacaan Bermutu, Perpusnas akan ikut membangun 320 perpustakaan desa dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Provinsi Lampung yang dilakukan dengan memberikan bantuan masing-masing 1.000 judul buku bacaan. "Kami berharap partisipasi ini dapat menguatkan literasi masyarakat Provinsi Lampung kedepannya," tambahnya.

Peresmian gedung perpustakaan modern ini dilakukan bersamaan dengan pembukaan Festival Literasi 2024 yang digelar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Lampung ke-60 yang juga dibuka oleh Gubernur Arinal Djunaidi.

Arinal menyambut baik program yang akan digulirkan Perpusnas di daerahnya. Menurutnya, 70 persen masyarakat Provinsi Lampung memang tinggal di pedesaan. Dengan dukungan sarana literasi dan sumber informasi yang relevan bagi masyarakat akan menjadikan minat baca semakin meningkat.

Di sisi lain, Arinal juga mengatakan bahwa peresmian gedung layanan perpustakaan modern yang terdiri dari 4 lantai di tengah Kota Bandar Lampung juga merupakan upaya menuju pembangunan literasi di Provinsi Lampung yang semakin kuat.

"Dalam hal peningkatan literasi, kita ingin Provinsi Lampung menjadi contoh bagi daerah lain bagaimana semangat membangun perpustakaan bisa menjadi sebuah upaya meningkatkan budaya gemar membaca bagi anak-anak hingga dewasa," ujarnya.

Festival Literasi ini juga menampilkan sejumlah kegiatan lain, termasuk pameran inklusi sosial, talkshow, dan bazar buku. Kegiatan ini selain dinilai dapat meningkatkan kebiasaan gemar membaca juga untuk memberikan kemudahan akses literasi, sehingga masyarakat dapat menjadi lebih unggul dan berdaya saing. 

Acara diakhiri dengan Talkshow bertajuk “Perpustakaan Betransformasi, Literasi Maju, Lampung Berjaya” yang menghadirkan beberapa narasumber yaitu Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca dari Perpusnas, Nurhadi Saputra, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminta, dan Budayawan, Anshori Djausal.

Kegiatan Festival Literasi ini akan berlangsung 2-3 Mei 2024 yang terbuka dan gratis bagi masyarakat umum di Provinsi Lampung.

 

Reporter: Alditta Khoirun Nisa

Fotografer: Eka Purniawati

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Copyright 2022 © National Library Of Indonesia

Number of visitor: NaN