Optimalisasi Pelayanan Perpustakaan, Komisi A DPRD Kabupaten Pati Kunjungi Perpusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jakarta,Salemba-Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Joko Santoso menerima kunjungan kerja Ketua Tim Pelestarian dan Pengolahan Bahan Pustaka Sugiri didampingi oleh Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Pati Suhartono di Ruang Rapat Pimpinan Perpusnas, Rabu (24/4/2024).

Dalam pertemuan ini,  Sugiri mengatakan tujuan kunjungan kerja ke Perpusnas untuk melakukan konsultasi dalam mengajukan Dana Alokasi Khusus (DAK) Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan.

“Kemarin memang kami tidak mengajukan gedung baru karena berkaitan dengan lahan yang memang strategis itu sulit. Karena itu kami mengajukan bagaimana gedung yang dibuat di tahun 1084 itu bisa direhab," katanya.

Suhartono menambahkan gedung fasilitas layanan perpustakaan ini terletak di lokasi yang sangat strategis. Jika direlokasi ke lokasi yang baru, lanjutnya, maka timbul kekhawatiran antusiasme masyarakat untuk datang ke perpustakaan akan berkurang.

Menanggapi hal tersebut Sestama Joko Santoso menjelaskan beberapa alasan penting diantaranya adalah terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan, memperbesar kapasitas dinas perpustakaan kabupaten sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan literasi dan budaya baca di masyarakat.

“Bukan persoalan fisik semata tetapi sesuatu yang jauh lebih penting ada tiga hal, pertama penguatan budaya baca dan literasi, koordinasi dan pembinaaan perpustakaan di kabupaten, khususnya di Pati ini seperti perpustakaan sekolah dan perpustakaan pondok pesantren serta Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS),” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa pengajuan DAK bukan hanya berdasarkan keinginan saja melainkan pada kebutuhan.

Sebagai penutup, Sestama memberi arahan agar pihak perpustakaan kabupaten Pati memberi kepastian terkait menu DAK yang akan diusulkan serta memastikan bahwa semua kelengkapan dokumen terpenuhi dalam proses pengajuan tersebut.

 

Reporter: Anastasia Lily

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN