Survei Dampak Kegiatan terkait Pelayanan Pada Unit Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus (Bantuan Perpustakaan dsb.)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus (Pusat PPUK) telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang mampu menggerakkan peningkatan literasi di masyarakat. Untuk melihat dampak dari program yang telah dijalankan terkait Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Perpustakaan, Bantuan Mobil dan Motor perpustakaan, Bantuan Komunitas, Bantuan POCADI, bantuan dari Transfromasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dan lainnya perlu dilakukan penilaian dengan ukuran-ukuran yang dapat menjadi tolok ukur keberhasilan atau kurangnya program sebagai bagian monitoring dan evaluasi.

Berdasarkan survei, hasil pengujian terhadap pelayanan yang dilakukan dari Unit Pusat PPUK mencakup kompetensi pelaksana  terbaik dengan nilai indeks 4.00 yang berkaitan dengan perilaku pelaksana dengan indeks 3.4. Hal ini memiliki arti bahwa  kemampuan melayani pelaksana di Unit diberikan apresiasi oleh penerima manfaat. Selanjutnya, penilaian moderate atau menengah ditemukan hal-hal terkait persyaratan, Sistem mekanisme dan prosedur, Produk spesifikasi dengan indeks masing-masing 3.3. Sementara itu, indeks yang perlu perhatian lebih dalam adalah penanganan pengaduan dalam permasalahan yang muncul akibat dari bantuan yang diberikan, serta regulasi terakit. Terdapat juga kendala lain perihal biaya dan tarif ekspedisi yang tidak tercakup dalam bantuan.

Merujuk indeks hasil penilaian, beberapa rekomendasi yang dapat dilakukan yaitu dengan mempertahankan unsur-unsur yang telah mencapai indeks tertinggi, mendorong indeks yang bernilai menengah dengan intensitas koordinasi antar kelompok kerja hingga capaian akan tumbuh lebih baik, serta memberikan treatment yang lebih intens terhadap unsur yang masih dibawah indeks atu masih kurang optimal dengan perhatian dan penguatan khusus.

 

 

 

PerpusnasPerpustakaan NasionalBuku TerbaruPerpusnas RIPerpustakaan Nasional Republik IndonesiaKoleksi Digital

Hak Cipta 2022 © Perpusnas Republik Indonesia

Jumlah pengunjung: NaN