|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Beranda / Rekomendasi / Koleksi Umum / Lansia

Lansia

Lansia 1

Solusi sehat mengatasi asam urat dan rematik

Penulis : Redaksi AgroMedia ; penyunting, Bagus
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.563 SOL
Ringkasan :

Asam urat dan rematik merupakan dua penyakit yang sering dianggap berhubungan. Hal ini disebabkan karena salah satu penyebab rematik adalah terbentuknya kristal di sendi akibat tingginya kadar asam urat. Setiap manusia memiliki kandungan asam urat dalam tubuhnya. Hal ini merupakan hal yang alami karena asam urat terbentuk dari hasil metabolisme purin yang terdapat dalam makanan. Akan tetapi, permasalahan muncul pada saat kadarnya dalam tubuh jauh di atas normal. Buku ini membahas mengenai asam urat dan rematik. Mulai dari pengenalan hingga mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh, serta ramuan herbal, resep makanan, dan terapi jus untuk mengatasi tingginya kadar asam urat dan rematik.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 2

Perencanaan menu untuk penderita tekanan darah tinggi

Penulis : Susi Purwati, Salimar, Sri Rahayu
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 641.563 1 SUS p
Ringkasan :

Tekanan darah tinggi atau lebih dikenal dengan nama hipertensi merupakan penyakit umum pada masyarakat, yang sering menyerang mereka yang telah berumur di atas 31 tahun. Selain karena faktor umur, hipertensi pun dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti: keturunan, jenis kelamin, kegemukan, kurang olahraga, suka merokok dan mengonsumsi alkohol, serta konsumsi garam berlebih. Komplikasi yang sering diderita pula oleh orang yang memiliki hipertensi adalah: jantung koroner, stroke, serta gagal ginjal. Untuk menghindari hal tersebut, perlu dilakukan pencegahan dengan cara mengontrol tekanan darah secara teratur. Selain itu ada baiknya dilakukan pengaturan menu diet rendah kalori dan kolesterol serta rendah garam.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 3

Enampuluh menu sehat minim minyak

Penulis : J. Edward ; penyunting, Ratu Afifah
Penerbit : Demedia
Nomor Panggil : 641.563 1 EDW e
Ringkasan :

Dalam keseharian, masyarakat Indonesia cenderung mengonsumsi lemak atau minyak secara berlebihan. Sementara banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang yang memiliki lemak berlebih di tubuh beresiko besar mengidap berbagai macam penyakit. Ahli kesehatan pun menyarankan untuk mengolah makanan dengan menggunakan hanya sedikit minyak atau bahkan tanpa minyak sama sekali. Dengan pengetahuan mengenai cara mengolah makanan yang benar dan disertai dengan pola hidup sehat, tubuh pun akan terhindar dari penyakit akibat kegemukan atau lemak berlebih. Buku ini berisi resep-resep masakan yang menggunakan sedikit minyak serta mudah untuk dibuat. Masakan dalam resep-resep tersebut diolah dengan berbagai macam teknik memasak seperti tumis, rebus, kukus, panggang, dan bakar.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 4

User’s guide to preventing and reversing diabetes naturally: mengenali cara memanfaatkan makanan dan suplemen sebagai perlindungan terhadap gangguan gula darah

Penulis : Melissa Diane Smith ; alih bahasa, Sinardy Susilo ; penyunting, Maya Sofita R.
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Nomor Panggil : 641.563 14 SMI u
Ringkasan :

Diabetes tipe-2 merupakan diabetes yang sangat banyak diderita dan sudah menyebar di Amerika Serikat serta seluruh dunia. Pada diabetes tipe-2, tubuh tidak mampu menggunakan secara tepat makanan yang dikonsumsi dimana makanan tersebut berfungsi untuk memberikan tenaga bagi sel-sel tubuh manusia. Buku ini membahas mengenai penyebab diabetes dengan sangat jelas, yakni: konsumsi makanan yang diproses dalam suhu tinggi dan makanan olahan, yang mendorong kenaikan tingkat gula darah dan insulin. Selain itu, dalam buku ini dijelaskan pula pola diet yang mudah untuk diikuti, untuk mengurangi berat badan, menstabilkan kadar gula darah dan insulin, serta mengurangi resiko diabetes.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 5

Lezatnya cake margarin

Penulis : Taufik M.
Penerbit : Kawan Pustaka
Nomor Panggil : 641.865 3 TAU l
Ringkasan :

Keberhasilan membuat cake margarin bagi sebagian orang merupakan kebanggaan tersendiri. Hal ini disebabkan karena cake yang terbuat dari campuran margarin, gula bubuk, telur, dan tepung terigu ini dianggap paling mudah untuk dipraktekkan. Bahan yang digunakan pun mudah dibeli dengan harga relatif murah. Begitu pula dengan alat dan proses pembuatannya yang sederhana dan mudah, sehingga resiko kegagalan relatif kecil. Buku ini berisi resep-resep cake margarin yang mudah untuk dipraktekkan. Buku ini pun dilengkapi dengan foto dari langkah-langkah pembuatan cake margarin untuk pemula.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 6

Menu sehat dan lezat golongan darah AB

Penulis : Ali Khomsan, Bayu Indrakusuma ; editor, Adinda
Penerbit : Puspa Swara
Nomor Panggil : 641.563 7 ALI m
Ringkasan :

Secara garis besar, tipe golongan darah manusia dibedakan menjadi O, A, B, dan AB. Tipe golongan darah AB merupakan golongan darah yang muncul paling akhir serta sedikit pemiliknya. Golongan darah ini membawa campuran genetis golongan darah A dan B, sehingga kunci keberhasilan diet ada pada keseimbangan antara konsumsi protein hewani serta sayur dan buah. Buku ini merupakan panduan dalam menyusun menu sesuai dengan golongan darah AB. Resep masakan yang tercantum dalam buku ini merupakan resep pilihan dan bercita rasa khas Indonesia, mulai dari nasi, lauk, hidangan sayur, hidanyan buah, camilan, dan teh herba.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 7

Masakan Perancis

Penulis : penerjemah, Lisa ; editor, Jenny E. Nabaiho, Efendi B. Tjauw, Yohanes E.
Penerbit : Periplus
Nomor Panggil : 641.594 4 MAS
Ringkasan :

Masakan Perancis dikenal sangat bervariasi, tergantung daerah mana masakan tersebut berasal. Diantara masakan tersebut ada yang penuh gizi dan menyehatkan atau mengenyangkan dan bercita rasa lembut. Walaupun demikian, masakan Perancis selalu merupakan perpaduan yang serasi antara cita rasa dan tekstur. Masyarakat Perancis memiliki bakat alamiah untuk memadukan bahan-bahan masakan dengan apik dan serasi. Buku ini menyajikan resep masakan Perancis, mulai dari resep sayuran yang dapat disajikan sebagai hidangan utama, resep masakan daging, ayam, ikan, serta hidangan penutup.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 8

Aneka masakan dari lele

Penulis : Wahyuni Yulia Pradata ; penyunting, Tetty Yulia
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.6 WAH a
Ringkasan :

Lele merupakan ikan air tawar yang banyak dikonsumsi dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Selain murah, cita rasa daging lele yang gurih dan khas menjadikan lele sebagai salah satu primadona bahan baku hidangan ikan. Buku ini menyajikan berbagai resep olahan lele cita rasa nusantara, mulai dari pecak, pepes, sampai dengan tim lele. Selain itu, buku ini pun dilengkapi dengan cara penanganan lele sebelum dimasak beserta pedoman umum resep masakan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 9

Variasi olahan jagung

Penulis : Sufi ; penyunting, Tetty Yulia
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.631 5 SUF v
Ringkasan :

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat dimana di beberapa wilayah Indonesia, jagung dikonsumsi sebagai makanan pokok seperti beras. Penduduk pulau Madura umumnya menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Jagung yang tua ditumbuk menjadi butiran kecil, ketika akan dimasak jagung direndam dalam air selama satu malam, setelah itu direbus atau dikukus hingga matang. Masyarakat Madura menyebutnya sebagai nasi jagung, begitu pula dengan masyarakat di daerah Sulawesi Utara. Buku ini menyajikan 24 (dua puluh empat) resep olahan jagung yang terdiri dari resep daerah dan mancanegara.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 10

Aneka penganan dari sukun

Penulis : Eti Widayati, Widya Damayanti
Penerbit : Trubus Agrisarana
Nomor Panggil : 641.633 9 ETI a
Ringkasan :

Buah sukun merupakan bahan pangan alternatif yang cukup populer dan memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dari beras, jagung, ubi, dan kentang. Di Indonesia, buah sukun diolah menjadi aneka makanan ringan, seperti keripik, apem, perkedel, dan lainnya. Bahkan masyarakat di beberapa daerah seperti Sangir dan Talaud menjadikan buah sukun sebagai pengganti nasi. Buku ini menyajikan resep pengolahan buah sukun menjadi penganan lain yang dapat menggugah selera. Aneka penganan tersebut dapat menjadi pilihan sajian untuk acara keluarga maupun bekal untuk keluarga.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 11

Menu untuk penderita kanker

Penulis : Vera Uripi ; penyunting, Tety Rohmawati
Penerbit : Puspa Swara
Nomor Panggil : 641.563 1 VER m
Ringkasan :

Kanker merupakan penyakit yang menjadi momok mengerikan bagi semua orang. Tak heran kepanikan segera menyergap apabila dokter memberikan vonis kanker. Kanker adalah penyakit yang dapat disembuhkan, tergantung stadium saat penyakit ini ditemukan dalam tubuh. Keberhasilan penyembuhan pun tergantung pada efektivitas pengobatan dan daya tahan tubuh penderita. Akan tetapi penderita sering mengalami persoalan selama masa penyembuhan, yakni kebutuhan makanan bergizi yang seringkali terkalahkan oleh efek samping pengobatan yakni hilangnya nafsu makan. Buku ini membahas mengenai penyiapan, penyusunan, pengolahan, dan penyajian menu untuk penderita kanker, dilengkapi dengan kandungan gizi yang terkandung dalam menu hidangan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 12

Antaran makanan untuk pernikahan: inovasi makanan untuk antaran pernikahan dalam sajian unik sarat filosofi

Penulis : Mochamad Fatahillah, Rika Destrianingsih ; editor, Rinawati
Penerbit : Tiara Aksara
Nomor Panggil : 641.5 MOC a
Ringkasan :

Saling memberikan sesuatu dengan tujuan untuk mempererat persahabatan dan persaudaraan telah menjadi budaya di masyarakat hampir seluruh negara, termasuk Indonesia. Masyarakat Indonesia masih sangat kental akan tradisi dan memiliki momen-momen seremoni atau acara istimewa. Memberikan antaran merupakan perwujudan rasa syukur sekaligus mempererat persahabatan dan persaudaraan antar sesama yang ditanamkan oleh nenek moyang. Salah satu momen saling memberikan antaran terjadi pada momen-momen mengawali rumah tangga, seperti pertunangan, meminang, sampai dengan pernikahan. Bentuk antaran pun tidak selalu dalam berbentuk barang, akan tetapi juga berupa makanan tradisional.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 13

Aneka masakan Betawi, Sunda dan Jawa

Penulis : Susmayati, Asnidar
Penerbit : Rineka Cipta
Nomor Panggil : 641.5 SUS a
Ringkasan :

Pulau Jawa dihuni oleh 3 (tiga) suku mayoritas, yakni: Betawi, Sunda, dan Jawa. Ketiga suku tersebut memiliki kebudayaan dan bahasa yang berbeda satu sama lain. Selain perbedaan kebudayaan dan bahasa, terdapat pula perbedaan pada masakan khas. Perbedaan tersebut terletak pada cita rasa, bentuk, dan penyajian antara masakan khas yang satu dengan yang lainnya, sebagai contohnya adalah hidangan soto. Baik Betawi, Sunda, dan Jawa memiliki soto khas daerah masing-masing yang berbeda bahan baku, pengolahan, penyajian, serta cita rasanya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 14

Aneka resep dari buah

Penulis : Sufi S. Y. ; penyunting, Tetty Yulia
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.5 SUF a
Ringkasan :

Sebagai negara tropis, Indonesia dianugerahi dengan kekayaan alam yang berlimpah, termasuk di dalamnya buah-buahan. Beragam jenis buah dapat dijumpai sepanjang tahun, seperti buah papaya, nanas, dan pisang. Namun ada pula buah yang hanya dapat dijumpai pada periode waktu tertentu atau dikenal sebagai buah musiman, seperti durian dan mangga. Buah-buahan dapat dikonsumsi sebagai buah segar ataupun dalam bentuk yang telah diolah menjadi sebuah hidangan. Dengan teknik pengolahan yang tepat, diupayakan buah-buahan tersebut tidak berkurang kelezatan dan kandungan gizinya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 15

Character pao (charpao): bakpao lezat dengan berbagai bentuk karakter lucu

Penulis : Diana Cahya ; editor, Rinawati
Penerbit : Tiara Aksara
Nomor Panggil : 641.84 DIA c
Ringkasan :

Pao atau lebih dikenal dengan nama bakpao umumnya memiliki bentuk bulat dan berwarna putih. Pao yang dikenal sejak zaman kekaisaran di Cina ini sangat praktis untuk dibawa kemana saja, bahkan pada zaman tersebut pao merupakan bekal para prajurit ketika berperang. Seiring dengan berkembangnya zaman, bentuk pao pun turut bertransformasi dan memiliki bentuk yang lebih menarik. Character pao atau charpao adalah salah satu bentuk transformasi bentuk pao yang digemari oleh masyarakat dan memiliki bentuk unik serta memiliki cita rasa yang lembut dan lezat.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 16

Real food true health: makanan sehat untuk hidup lebih sehat

Penulis : Muhammad Ahkam Subroto ; penyunting, Rokhim Armando
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.302 MUH r
Ringkasan :

Sebagian masyarakat mungkin sudah pernah mendengar kata atau istilah real food. Meskipun belum ada definisi baku dari kata tersebut, real food memiliki arti yang sama dengan “organik”, “tradisional”, “alami”, “ramah lingkungan”, sampai dengan “kembali ke alam”. Konsep dari real food ini sudah berkembang pesat di negara-negara maju, seperti: Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa. Akan tetapi, konsep real food belum secara utuh dikenal oleh masyarakat Indonesia.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 17

Halal Chinese food ala resto

Penulis : Meili Amalia, Herman Kemang ; editor, Rifqa R. A.
Penerbit : Zikrul Hakim
Nomor Panggil : 641.5 MEI h
Ringkasan :

Chinese food merupakan masakan yang paling banyak digemari karena memiliki cita rasa yang lezat. Akan tetapi bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam selalu muncul pertanyaan perihal kehalalan setiap kali akan menyantap Chinese food. Penyebabnya adalah karena Chinese food identik dengan arak, daging babi beserta turunannya. Buku ini membahas mengenai cara membuat Chinese food sesuai dengan syariat Islam dimana kehalalan yang dibahas tidak hanya penggunaan pengganti daging babi saja melainkan seluruh bahan baku dan bumbu yang digunakan untuk menghasilkan makanan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 18

Hidangan sehat favorit keluarga

Penulis : penerjemah, Rena Pohan ; editor, Efendi B. Tjauw, Heru Kuntoro, Yohanes E.
Penerbit : Periplus
Nomor Panggil : 641.5 HID
Ringkasan :

Buku ini berisi resep-resep masakan sehat yang disajikan untuk keluarga di rumah. Setiap anggota keluarga akan menyukai hidangan masakan yang ada di dalam buku resep masakan ini. Resep dalam buku ini terdiri dari resep untuk sehari-hari maupun untuk kesempatan istimewa dan telah disetujui oleh National Heart Foundation Australia. Selain itu, buku resep yang disertai dengan foto-foto masakan ini membahas lengkap resep masakan dari mulai hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 19

Khasiat dan manfaat daun sirih : obat mujarab dari masa ke masa

Penulis : Rini Damayanti Moeljanto, Mulyono ; penyunting, Tetty
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.338 RIN k
Ringkasan :

Tanaman sirih (Piper betle Linn.) merupakan salah satu tanaman obat yang telah dimanfaatkan bangsa-bangsa di Asia Tenggara sejak zaman neolitikum, yakni sekitar 3000 tahun yang lampau. Selain dimanfaatkan sebagai tanaman obat dan bahan manginang, sirih juga digunakan dalam berbagai ritual adat dan keagamaan. Seiring dengan tren back to nature, berbagai jenis tanaman obat pun kembali dicari, dibudidayakan, dan dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk tanaman sirih yang memang sudah dikenal sebagai bahan obat mujarab.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 20

Aneka hidangan seafood

Penulis : Yuni Pradata ; penyunting, Tetty Yulia
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.5 YUN a
Ringkasan :

Masakan berbahan dasar ikan laut atau yang lebih dikenal dengan nama seafood selalu diminati oleh masyarakat. Ikan laut yang mencakup udang, cumi, serta rajungan memiliki cita rasa gurih dan lezat sehingga dapat meningkatkan selera makan seseorang. Kebanyakan masyarakat menikmati hidangan seafood di restoran, warung kafe, atau tenda. Namun tak jarang pula yang tertarik untuk memasak masakan berbahan dasar seafood di rumah sehingga dapat dinikmati oleh seluruh keluarga.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 21

Sehat dengan terapi lebah (Apitherapy)

Penulis : Franz J. B.
Penerbit : Elex Media Komputindo
Nomor Panggil : 641.38 FRA s
Ringkasan :

Apitherapy merupakan metode terapi yang bertujuan merangsang terbentuknya zat antibodi dalam tubuh yang menggunakan berbagai produk yang dihasilkan dari lebah. Apitherapy sebagai metode terapi ini belum begitu dikenal oleh masyarakat luas, padahal khasiat dari terapi ini tidak kalah dengan produk herba yang berasal dari tanaman. Metode Apitherapy tergolong murah karena mempergunakan produk yang berasal dari lebah dan beredar di pasaran, seperti: madu, pollen atau serbuk sari, propolis, royal jelly serta venom yang berasal dari sengatan lebah.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 22

Membuat aneka olahan rumput laut

Penulis : Erliza Hambali, Ani Suryani, Wadli
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 641.393 ERL m
Ringkasan :

Rumput laut merupakan salah satu potensi laut yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri, baik pangan maupun non-pangan. Rumput laut dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk olahan pangan yang memiliki cita rasa dan nilai gizi yang tinggi. Produk olahan pangan yang berasal dari rumput laut tersebut disukai oleh masyarakat serta memiliki potensi usaha yang menjanjikan. Buku ini membahas mengenai teknologi sederhana pengolahan rumput laut menjadi produk olahan pangan disertai dengan ilustrasi dari prospek usaha.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 23

Aneka masakan tahu

Penulis : Yuni Pradata ; penyunting, Tetty Yulia
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.5 YUN a
Ringkasan :

Tahu merupakan bahan masakan yang murah dan disukai oleh masyarakat Indonesia. Makanan yang terbuat dari olahan kacang kedelai ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan tidak kalah dengan kandungan gizi yang berasal dari protein hewani. Selain menjadi menu di warung makan kecil, tahu pun tersaji di restoran berskala besar dengan pilihan menu yang beragam dan lezat. Tahu tidak selalu disajikan dengan cara digoreng saja, melainkan dapat divariasikan menjadi masakan yang lebih menarik, lezat, dan bergizi tinggi.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 24

Memilih dan menyimpan sayur-mayur, buah-buahan, dan bahan makanan

Penulis : R. M. Sumoprastowo ; editor, Yully Fadia
Penerbit : Bumi Aksara
Nomor Panggil : 641.4 SUM m
Ringkasan :

Indonesia kaya akan hasil sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, susu, dan daging. Akan tetapi sebelum sampai kepada konsumen, bahan komoditas tersebut telah mengalami berbagai perlakuan sehingga penampilan, cita rasa, aroma, serta nutrisi tidak sesuai dengan saat panen. Bahan makanan tersebut mudah rusak selama perjalanan, bahkan ada yang cepat membusuk sebelum mencapai tempat tujuan. Oleh karena itu para ibu rumah tangga dan pembeli makanan lain harus pandai memilih serta menyimpan bahan-bahan tersebut dengan baik dan benar.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 25

Hafalan sholat Delisa

Penulis : Tere Liye
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 899.221 3 TER h
Ringkasan :

Delisa adalah seorang gadis kecil yang tinggal di sebuah desa kecil di pinggir pantai yang bernama Lhok Nga. Delisa sangat dekat dengan Ibunya dan memiliki 3 orang kakak perempuan, yakni Kak Fatimah, Aisyah, dan Zahra. Akan tetapi, kehidupan Delisa tiba-tiba berubah. Pada tanggal 26 Desember 2004, saat ia tengah mempersiapkan ujian praktek bacaan sholat, gempa yang sangat dahsyat tiba-tiba mengguncang Bumi Aceh. Tidak lama kemudian, tsunami pun menghantam serta menggulung desa kecil tempat Delisa tinggal sekaligus menggulung semua kehidupan di desa tersebut.

-Umi Hasanah-

Lansia 26

40 cerita indah dan doa sehari-hari

Penulis : Lina Herlina
Penerbit : Edifikasi Media Indonesia
Nomor Panggil : 398.2 EMP
Ringkasan :

Buku ini berisi tentang 40 cerita indah yang disertai dengan doa-doa sehari-hari. Doa sehari-hari merupakan doa yang dilafalkan ketika hendak melakukan suatu kegiatan, baik makan, minum, tidur, bangun tidur, bercermin, ketika bersin dan lainnya. Banyak doa sehari-hari yang seharusnya dilafalkan akan tetapi terkadang terlupakan. Melafalkan doa sehari-hari seharusnya menjadi kebiasaan, karena doa merupakan wujud rasa syukur terhadap Allah SWT. Buku ini membantu anak-anak dalam menghafalkan doa ketika melakukan kegiatan sehari-hari.

-Umi Hasanah-

Lansia 27

Ayat-ayat cinta 2

Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 889.221 3 HAB a
Ringkasan :

Buku ini menceritakan tentang seorang pria bernama Fahri Abdullah. Dia adalah seorang dosen Universitas Edinburgh sekaligus pemilik minimarket Agnina dan AFO boutiqe. Di balik kesuksesannya, Fahri kehilangan Aisyah sang istri tercinta. Di saat yang bersamaan muncul seorang gadis yang menyukai Fahri. Siapakah gerangan gadis yang menyukai Fahri? Lalu apakah Fahri bisa bersatu kembali dengan Aisyah?

-Umi Hasanah-

Lansia 28

Super amazing!!! : cerita-cerita & fakta sains tentang hewan darat

Penulis : Yuli Ardika P.
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 591.9 YUL s
Ringkasan :

Dalam Al Qur’an ada banyak hewan yang disebutkan dan memiliki kelebihan masing-masing. Salah satunya adalah singa, sang raja rimba ini merupakan hewan carnivora dan termasuk jenis kucing sekaligus hewan nokturnal. Selain singa, hewan lain yang disebutkan dalam Al-Qur’an seperti domba, rusa, kelinci, keledai, harimau, serigala, serta katak dibahas dalam buku ini. Selain berisi mengenai cerita, buku ini membahas pula mengenai fakta sains dari masing-masing hewan yang telah disebutkan. Fakta-fakta sains tersebut meliputi kebiasaan serta keistimewaan dari masing-masing hewan.

-Umi Hasanah-

Lansia 29

Don’t be angry mom

Penulis : Nurul Afifah
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 370.153 4 NUR d
Ringkasan :

Begitu banyak tingkah anak yang sangat tak terduga dan terkadang membuat ibu sulit mengendalikan emosi. Kemarahan merupakan salah satu bentuk penyaluran emosi seorang ibu dan biasanya terjadi ketika sang anak melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan orang tua. Padahal kemarahan orangtua dalam hal ini seorang ibu dapat mempengaruhi psikologi seorang anak, mempengaruhi sikap, bahkan mempengaruhi pola pikir anak tersebut. Buku ini membahas mengenai pengendalian emosi orangtua sekaligus menawarkan solusi bagaimana seharusnya orangtua bersikap pada anak.

-Umi Hasanah-

Lansia 30

Joko Sableng : pesanggrahan keramat

Penulis : Zhaenal Fanani
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 899.221 08 7 ZHA j
Ringkasan :

Buku ini berisi mengenai kisah Joko Sableng sang pendekar pedang tumpul 131, yang dikisahkan oleh Teater RRI BDG dan menceritakan tentang seorang pahlawan gendeng. Joko Sableng memiliki seorang guru yang sama gendengnya dan memiliki senjata andalan yakni pedang tumpul 131, serta memakai baju putih dan memakai ikat kepala berwarna putih. Penampilan Joko Sableng digambarkan seperti orang gila dengan rambut panjang yang sedikit acak-acakan, sepasang mata tajam dengan alis tebal, hidung mancung, serta tubuh yang tegap dan berdada bidang. Pada episode ini diceritakan tentang kisah Joko Sableng yang mencari makam tua yang terkenal dengan nama Pesanggrahan Keramat.

-Umi Hasanah-

Lansia 31

Profesor cilik : rahasia langit dan bumi

Penulis : Isna Wulandari
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 500 ISN p
Ringkasan :

Buku ini berisi tentang rahasia langit dan bumi. Langit dan bumi memiliki rahasia yang sangat menarik yang dapat dipelajari, gempa bumi, gunung-gunung, serta laut yang begitu luas. Ada banyak hal menarik yang ada di alam sekitar kita, bunga-bunga yang bemekaran. Kenapa bumi bergoncang, dan kenapa bisa terjadi gempa bumi, serta apa yang harus dilakukan ketika bencana itu datang, dan apa saja yang di timbulkan dari bencana tersebut. Bagaimana terjadinya petir, apa kah petir itu termasuk listrik? bagaimana proses terjadinya petir? Kenapa bisa berbunyi dan mengeluarkan cahaya? lalu apa bahayanya petir?, serta masih banyak lagi rahasia-rahasia alam yang belum kita ketahu.

-Umi Hasanah-

Lansia 32

Dongeng asal-usul binatang : 15 dongeng asal usul seruu!

Penulis : Ade Cahya Satria
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 398.245 2 ADE d
Ringkasan :

Buku ini menceritakan tentang dongeng asal usul binatang, tentang bagaimana kucing selalu menjilati telapak kakinya, mengapa kelelawar keluar di malam hari, bagaimana gajah mendapatkan belalainya, mengapa lalat selalu mengganggu sapi, bagaimana burung pipit mendapatkan warna yang indah, mengapa petani takut dengan beruang, bagaimana ayam jago mendapat kan jenggernya?. 

-Umi Hasanah-

Lansia 33

Keindahan

Penulis : Joy Cowley
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 111.85 COW k
Ringkasan :

Buku ini menceritakan tentang kesehatan jiwa untuk anak-anak. Dunia dipenuhi dengan hal-hal yang indah untuk dilihat, seperti gunung-gunung yang tertutup salju, hutan-hutan, lautan serta ada pula sarang laba-laba yang tergantung yang terdapat titik-titik hujan. Bunga-bunga dan burung-burung terlihat indah indah, begitu juga dengan daun-daun di musim gugur dan bulan purnama yang muncul seperti bola keemasan.

-Umi Hasanah-

Lansia 34

Keindahan

Penulis : Joy Cowley
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 111.85 COW k
Ringkasan :

Buku ini menceritakan tentang kesehatan jiwa untuk anak-anak. Dunia dipenuhi dengan hal-hal yang indah untuk dilihat, seperti gunung-gunung yang tertutup salju, hutan-hutan, lautan serta ada pula sarang laba-laba yang tergantung yang terdapat titik-titik hujan. Bunga-bunga dan burung-burung terlihat indah indah, begitu juga dengan daun-daun di musim gugur dan bulan purnama yang muncul seperti bola keemasan.

-Umi Hasanah-

Lansia 35

Untung, hidup itu perutusan

Penulis : Aloys Budi Purnomo
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 266.922
Ringkasan :

Hidup adalah perutusan, kita diutus untuk menghadirkan Dia yang menghadirkan kita dalam kehidupan bersama. Buku ini berisikan lima puluh pengalaman-pengalaman unik penulis selama menjadi “misionaris domestik” di komunitas Seminari Tinggi St. Petrus, Sumatera Utara. Dan melayani umat paroki maupun stasi sekitar pada saat menjalani tugas asistensi.  

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 36

Rancang bersama : awam dan klerus

Penulis : editor, Paul Budi Kleden, Philipus Tule
Penerbit : Ledalero
Nomor Panggil : 282.598
Ringkasan :

Dalam konteks gerejawi kata awam dipakai dalam hukum kanonik 224-231 sebagai “kelompok kaum beriman katolik (yang tercangkup dalamnya para bruder dan suster) yang diperbedakan dengan kelompok para klerus (para pelayanan rohani). Buku ini berupaya memugah tegangan antara kaum klerus dan awam yang terejawantah dalam lintasan panjang sejarah Kristen. Akar-akarnya dalam alkitab dan tradisi diusut, perkembangannya dalam teologi dan tugas peruntusan Gereja di babarkan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 37

Mitos dalam bisnis

Penulis : Susi Kusumawati ; penyunting, Eko Widyatmoko
Penerbit : PPM
Nomor Panggil : 291.13
Ringkasan :

Ada banyak mitos yang berkembang dalam bisnis, ada yang masuk akal, ada pula yang irasional. Mitos adalah cerita prosa rakyat yang tokohnya para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain, di masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh penganutnya. Dalam bisnis ada empat mitos negatif yang beredar di masyarakat, yaitu: mitos bakat, mitos keturunan, mitos modal dan mitos risiko.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 38

Kedasyatan Agni Horta : yajna suci yang terlupakan

Penulis : Made Aripta Wibawa
Penerbit : Empat Warna Komunikasi
Nomor Panggil : 291.21
Ringkasan :

Agni horta adalah pemujaan pada Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Agni. Agni horta berfungsi sebagai penyucian rumah tempat tinggal atau tempat yang akan digunakan sebagai usaha, seperti: toko, kantor, hotel dan kawasan hunian lainnya. Yajna adalah akar paling mendasar bagi makhluk alam semesta. Tujuan yajna adalah untuk kepentingan seluruh makhluk, bukan untuk kepentingan individu manusia.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 39

Sistem penyelenggara NKRI

Penulis : Salamoen S
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 320.959 8 SAL s
Ringkasan :

Sistem penyelenggaraan pemerintahan negara merupakan penyelenggaraan kekuasaan eksekutif yang menjadi tanggung jawab presiden. Berdasarkan UUD 1945 dan perubahannya, DPR memiliki wewenang untuk mengawasi penyelenggaraan pemerintahan tersebut. Setiap aspek dalam penyelengaraan negara dan penyelengaaraan pemerintah negara diatur dengan atau berdasarkan peraturan perundang-undangan, yakni berdasarkan TAP no III/MPR/ 2000 serta Pancasila yang merupakan sumber hukum nasional. Aparatur pemerintah tingkat pusat maupun daerah melaksanakan kewenangan-kewenangan masing berdasarkan tugas pokoknya masing-masing. Dalam penyelengaraan pemerintahan negara, Presiden atau pemerintah mengadakan hubungan dengan lembaga-lembaga negara lain.

-Umi Hasanah-

Lansia 40

Pergaulan orang-orang Boven Digoel

Penulis : Mas Marco Kartodikromo
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 320.532 MAS p
Ringkasan :

Buku ini berisi tentang catatan Mas Marco Kartodikromo, yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari para 64 tahanan di Boven Digoel mulai dari tanggal 10 Oktober 1931 sampai dengan tanggal 09 Desember 1931. Mas Marco menceritakan bagaimana para tahanan bergaul dan bagaimana hidup di pengasingan Boven Digoel, serta apa yang mereka makan dan bagaimana perlakuan yang didapat orang-orang Boven Digoel.

-Umi Hasanah-

Lansia 41

Chicken soup for the preteen soul 2 : dia bukan pacarku dan kisah-kisah nyata lainnya

Penulis : Jack Canfield
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 305.2 CAN c
Ringkasan :

Masa pra-remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju remaja. Buku ini berisi tentang kisah-kisah nyata yang bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak menuju fase remaja agar mereka siap menghadapi setiap perubahan. Perubahan tersebut mulai dari perubahan fisik dan psikologis yang terkadang tidak disadari oleh mereka. Buku ini juga berisi mengenai pengalaman nyata yang mampu membuat anak-anak mengerti apa yang akan mereka lakukan ketika menghadapi permasalahan pra-remaja.

-Umi Hasanah-

Lansia 42

Membangun spirit keberhasilan

Penulis : Andrias Herafa
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 153.8 AND m
Ringkasan :

Buku ini berisi tentang bagaimana membangun spirit keberhasilan yang berasal dari sekolah  kehidupan. Sekolah kehidupan mengajarkan tentang bersyukur walaupun terkadang kehidupan tidak berjalan sesuai keinginan. Pembelajaran sekolah kehidupan pun mengajarkan tentang integritas, selalu bertindak konsisten, menyadari bahwa setiap langkah kehidupan adalah rahmat yang berlimpah, serta rasa syukur atas semua yang telah dimiliki. Pembelajaran kehidupan ini juga mengajarkan tentang kedisiplinan, dimana dengan disiplin kita dapat mewujudkan impian menjadi kenyataan dan menciptakan masa depan kita sendiri. Setiap manusia didorong untuk maju, bertumbuh untuk berkembang serta meraih kesuksesan. Seluruh dorongan itu disebut sebagai spirit keberhasilan atau spirit of success. 

-Umi Hasanah-

Lansia 43

16 Wisdom & Success

Penulis : Andrie Wongso
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 153.801 138 4 AND s
Ringkasan :

Sukses adalah kenyataan, kelahiran seorang insan di dunia ini termasuk sebuah kesuksesan karena melalui berbagai macam perjuangan. Buku ini berisi tentang kisah-kisah inspiratif dan tentang budi pekerti, serta kebijaksanaan yang dikisahkan dengan sederhana yang mampu menginspirasi dan memotivasi banyak orang. Kebijaksanaan merupakan tangga menuju sebuah kesuksesan, bagaimana kita bersikap dalam meraih kesuksesan, berperilaku dengan sopan, berbudi luhur, menghadapi setiap permasalahan dengan bijak, menjadi manusia yang yang benar-benar berbudi pekerti, mampu berempati, serta bersimpati dengan sesama. Pola pikir dan keyakinan adalah tangga menuju kesuksesan, begitu pula dengan sikap mental yang positif akan membawa impian dan cita-cita kita menjadi kenyataan. 

-Umi Hasanah-

Lansia 44

Mengungkapkan pikiran siapapun

Penulis : David J. Lieberman
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 153.42 LIE m
Ringkasan :

Setiap orang memiliki pikiran tentang apa yang dirasakan olehnya di dalam kehidupan. Buku ini berisi bagaimana cara membaca pikiran seseorang dan mengetahui apakah seseorang menyembunyikan sesuatu. Walaupun tidak 100% tepat, namun paling tidak mampu membantu kita untuk mengetahui sisi psikologis yang ada pada diri seseorang. Apakah dia berbohong, merasa tidak nyaman, sedang ketakutan, atau sedang berpura-pura percaya diri. Buku ini juga membahas mengenai bagaimana mengetahui pikiran seseorang melalui pengamatan, gerak tubuh, serta tanda fisik lainnya. 

-Umi Hasanah-

Lansia 45

Mitos-mitos tanaman upakara

Penulis : I Nyoman Miarta Putra
Penerbit : Pustaka Manikgeni
Nomor Panggil : 291.13
Ringkasan :

Mitos adalah keilmuan yang disembunyikan, dan ilmiah adalah mitos yang dipertontonkan. Upakara adalah aktifitas bhakti untuk mendekatkan diri dengan Tuhan yang Maha Esa, Upakara dalam upacara merupakan sebuah kreatifitas bhakti dalam mendekatkan diri dengan Tuhan yang Maha Esa untuk mendapatkan sebuah keharmonisan, keseimbangan dan keselarasan. Buku ini memberikan jawaban atas beberapa pertayaan oleh siswa, dan mahasiswa dalam pergaulan penulis sebagai seorang pendidik dalam mendampingi mereka dalam belajar agama Hindu.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 46

Tahun monyet menurut ramalan asli Cina : dilengkapi astrologi cinta tahun 2004

Penulis : Ki Djoko Soemarsono & Lie Tao
Penerbit : Progres
Nomor Panggil : 133.5
Ringkasan :

Kepercayaan Cina kuno membagi kelahiran dalam dua belas shio atau lambang dan menjadi dasar perhitungan nasib serta peruntungan. Setiap tahun peruntungan akan berubah sesuai pengaruh shio, elemen shio, mata angin keberuntungan atau musibah, angka nasib, arah peruntungan serta Hong Shui dan Feng Shui.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 47

Psikologi perkembangan

Penulis : Elizabeth B. Hurlock
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 155.4 HUR p
Ringkasan :

Buku ini membahas mengenai psikologi perkembangan menurut Elizabeth Hurlock yang dimulai dari perkembangan pranatal, kelahiran, bayi, masa kanak-kanak, perkembangan masa pubertas, remaja, dewasa, masa perkawinan, hingga perkembangan lanjut usia. Perkembangan mencakup masa pertumbuhan dan perkembangan serta bukan hanya sekedar penambahan beberapa sentimeter dalam tubuh seseorang atau peningkatan kemampuannya, melainkan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi yang komplek. Perkembangan dipengaruhi oleh perubahan budaya, karena perilaku dibentuk untuk menyesuaikan diri dengan standar budaya, perubahan tersebut otomatis akan mempengaruhi pola perkembangan.

-Umi Hasanah-

Lansia 48

Menu untuk penderita hepatitis dan gangguan saluran pencernaan

Penulis : Vera Uripi
Penerbit : Puspa Swara
Nomor Panggil : 641.5 VER m
Ringkasan :

Gangguan pencernaan seperti diare, penyakit saluran pencernaan atau maag, dan hepatitis kerap kali dialami oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Penyakit ini dapat disembuhkan apabila ditanggulangi dan ditangani dengan benar. Salah satu penanganannya adalah melalui pengaturan makanan melalui menu sehat. Buku ini dapat dijadikan panduan dalam penyusunan menu makanan agar para penderita gangguan saluran pencernaan dan hati bisa mendapatkan asupan makanan yang bervariasi, serta sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. Buku ini pun dilengkapi dengan cara penghitungan zat gizi secara sederhana serta resep-resep masakan yang mudah untuk dipraktekkan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 49

Jus sehat golongan darah O: untuk langsing, bugar, dan tampil lebih muda

Penulis : Wied Harry Apriadji ; editor, Intarina Hardiman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 641.34 WIE j
Ringkasan :

Pemilik golongan darah O dikaruniai sistem pencernaan dengan kemampuan tinggi untuk mencerna protein hewani, khususnya daging ternak dan unggas. Namun bukan berarti pemilik golongan darah O dapat menyantap daging sebanyak-banyaknya tanpa diimbangi dengan makanan lainnya. Konsumsi sayuran dan buah-buahan dibutuhkan agar kondisi badan selalu dalam keadaan prima. Menurut Peter J. D’Adamo menekankan bahwa pemilik golongan darah O perlu mengkonsumsi 250-500 gram buah segar perhari. Dengan kata lain, agar tubuh selalu bugar, pemilik golongan darah O disarankan untuk mengkonsumsi asupan jus buah maupun sayuran sebanyak 500-700 ml perharinya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 50

Makanan sehat untuk ibu hamil

Penulis : Handrawan Nadesul ; penyunting, Hikmat Kurnia, Tanudi
Penerbit : Puspa Swara
Nomor Panggil : 641.56 HAN m
Ringkasan :

Ibu yang sedang hamil perlu memperhatikan asupan makanan demi menjaga kehamilannya. Bagi ibu hamil, makanan berperan ganda yakni untuk menjaga kesehatan ibu dan juga kesehatan sang calon bayi. Kehidupan calon bayi yang sedang dikandung sangat bergantung kepada ibu dan asupan gizi dari makanan yang dimakan oleh ibu. Pada dasarnya makanan bagi ibu hamil sama dengan makanan seseorang yang tidak hamil, yakni menu yang lengkap disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Perbedaannya terletak pada porsi serta pantangan pada beberapa makanan yang dapat menimbulkan gangguan pada kehamilan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 51

Menu sehat untuk lanjut usia

Penulis : Emma S. Wirakusumah ; penyunting, Erni Priyatini
Penerbit : Puspa Swara
Nomor Panggil : 641.562 7 EMM m
Ringkasan :

Penurunan aktivitas, depresi, timbulnya berbagai penyakit, serta meningkatnya kebutuhan pengobatan, merupakan sebagian masalah yang akan dihadapi oleh lansia. Secara langsung, kondisi tersebut akan menurunkan kualitas kesehatan lansia pula. Oleh karena itu, asupan gizi yang tepat merupakan salah satu cara tepat untuk menghindari penurunan kualitas kesehatan pada lansia. Dalam hal ini, pola makan yang beragam disertai dengan asupan gizi yang seimbang merupakan hal yang dibutuhkan oleh lansia.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 52

Menyiapkan makanan pendamping ASI

Penulis : Diah Krisnatuti, Rina Yenrina ; penyunting, Erni Priyatni
Penerbit : Puspa Swara
Nomor Panggil : 641.562 2 DIA m
Ringkasan :

Air susu ibu (ASI) adalah makanan pertama yang terbaik bagi si buah hati sampai dengan usia 4-6 bulan. Setelah tahap tersebut, buah hati pun harus diperkenalkan kepada berbagai macam makanan padat. Pemberian makanan tersebut tentu saja diimbangi dengan pemberian ASI sampai buah hati berumur 2 (dua) tahun. Buku ini merupakan buku panduan bagi ibu dalam memilih dan menyiapkan makanan pendamping ASI. Mulai dari memahami kebutuhan gizi buah hati, pemilihan bahan, sampai dengan penyajian.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 53

Antropologi agama : upaya memahami keragaman kepercayaan, keyakinan dan agama

Penulis : Adeng Muchtar Ghazali
Penerbit : Alfabeta
Nomor Panggil : 291.22
Ringkasan :

Antropologi agama adalah pengkajian agama berdasarkan budaya atau mengkaji manusia yang beragama. Ada lima unsur dalam dimensi religiusitas yaitu: pertama, dimensi pengalaman, kedua dimensi ideologis, ketiga, dimensi ritual, keempat dimensi intelektual ideal, kelima dimensi konsekuential. Obyek kajian antropologi adalah manusia dan kebudayaannya. Terdapat dua hal yang menjadi perhatian antropologi dalam mengkaji kebudayaan, yaitu: pertama, memahami manusia secara keseluruhan, kedua, memahami kebudayaan dalam konteks antropologi.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 54

Tuntunan hukum kanonik bagi perangkat keuskupan

Penulis : John Boylon ; editor, Lambert Tallulembang, Leonard
Penerbit : Yayasan Pustaka Nusantara
Nomor Panggil : 271.7
Ringkasan :

Gereja sebagai umat Allah merupakan suatu komunitas sosial yang memiliki struktur yuridis. Keuskupan sebagai gereja partikular merupakan realitas organik yang memiliki bentuk yuridis yang kelihatan dan dijiwai oleh Roh Ilahi. Buku ini mencatat kanon-kanon Hukum Kanonik 1983 dan komentar singkatnya tentang hakekat, hak/wewenang dan tugas kewajiban dari uskup diosesan dan berbagai perangkat tersebut.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 55

Buku pedoman pendamping psikologis anak jalanan : pedoman bagi pendamping anak jalanan dalam menangani masalah psikologis

Penulis : Departemen Kesehatan RI
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 155.401 138 4 BUK
Ringkasan :

Anak jalanan merupakan masalah sosial yang kompleks, mereka kurang mendapatkan perhatian serta pendidikan yang layak yang dapat merubah kondisi mereka dimasa depan. Hak asasi anak jalanan sama hakekatnya dengan anak-anak pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi permasalahan anak jalanan sejak dini, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa anak jalanan memiliki spesifikasi perilaku bermasalah seperti: mengganggu temannya, malas, berkata kotor, sampai dengan mengancam bunuh diri. Selain itu, anak jalanan pun memiliki permasalahan emosional yang meliputi: mudah marah, mudah tersinggung, kurang terbuka, serta emosional saat bicara. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab permasalahan tersebut, yaitu: kurangnya afeksi orang tua, kurangnya minat belajar, perilaku kekerasan orang tua kandung yang di terimanya, kemiskinan serta ketidak harmonisan keluarga.

-Umi Hasanah-

Lansia 56

Membuat aneka bumbu instan kering

Penulis : Erliza Hambali, Fatmawati, Ratna Permanik
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 641.338 3 ERL m
Ringkasan :

Indonesia merupakan negara yang kaya akan bahan rempah-rempah. Berbagai jenis rempah dapat ditemukan di Indonesia dengan berbagai macam penggunaan oleh masyarakat. Rempah-rempah banyak dimanfaatkan untuk keperluan industri farmasi, pangan, maupun industri lain seperti industri kecantikan. Secara umum, permintaan rempah-rempah dan bahan-bahan dasar bumbu lain mengalami peningkatan. Salah satu sebab peningkatan tersebut adalah karena maraknya tren “back to nature” pada masyarakat. Perubahan gaya hidup masyarakat pun turut menyebabkan perubahan bentuk pokok rempah-rempah yang diinginkan. Alih-alih dalam bentuk segar, masyarakat lebih memilih produk yang siap pakai. Oleh sebab itu, rempah-rempah dalam bentuk kering lebih disukai masyarakat karena kepraktisannya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 57

Khasiat dan manfaat jahe merah si rimpang ajaib

Penulis : Tim Lentera ; penyunting, Mulyono
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.338 3 KHA
Ringkasan :

Jahe merah (Zingiber officionale Rosch.) memiliki sebutan lain yakni si rimpang ajaib. Sebutan ini muncul karena khasiat dan manfaat jahe merah jauh lebih beragam dibandingkan dengan jenis rimpang lainnya. Khasiat tersebut diantaranya adalah mengobati berbagai macam penyakit. Berdasarkan hasil penelitian, jahe memiliki efek farmakologis yang berkhasiat sebagai obat dan mampu memperkuat khasiat obat lain yang dicampurkannya. Oleh masyarakat, jahe merah pun dapat diolah menjadi bermaca-macam produk. Produk tersebut antara lain jahe instan, bubuk jahe, manisan, minyak atsiri, serta oleoresin.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 58

Sehat dan cantik berkat teh hijau

Penulis : Noni Soraya
Penerbit : Penebar Plus
Nomor Panggil : 641.34 NON s
Ringkasan :

Tradisi minum teh telah dikenal sejak lama di berbagai belahan dunia. Salah satu jenis teh yang telah dikenal oleh masyarakat luas adalah teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan epigalokatekin galat (EGCG), vitamin, mineral, dan kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Teh hijau bermanfaat untuk mencegah kanker, osteoporosis, kardiovaskuler, Parkinson, Alzheimer, lever, dan menurunkan tekanan darah. Untuk perawatan kecantikan, teh hijau digunakan untuk melangsingkan tubuh, mencegah penuaan dini, menghilangkan bau mulut, menguatkan gigi, dan menghilangkan jerawat.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 59

Jus sehat golongan darah A: untuk langsing, bugar, dan tampil lebih muda

Penulis : Wied Harry Apriadji; editor, Intarina Hardiman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 641.34 WIE j
Ringkasan :

Buah-buahan dan sayuran segar merupakan makanan yang wajib untuk diprioritaskan selain makanan yang lainnya. Bagi golongan darah A, menyantap sayuran mentah yang telah diproses ke dalam bentuk jus, salad, atau lalap merupakan hal penting dalam menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat. Jus buah maupun sayuran bagi golongan darah A, dapat ditambah bahan lain agar khasiat dan manfaatnya semakin maksimal. Bahan-bahan tersebut di antaranya adalah: minyak zaitun, flaxseed oil, walnut oil, plain yoghurt, sampai dengan biji labu.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 60

Khasiat dan manfaat pare: si pahit pembasmi penyakit

Penulis : Tati S. S. Subahar, Tim Lentera ; penyunting, Mulyono
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.356 2 TAT k
Ringkasan :

Buah pare atau paria lebih dikenal masyarakat dibandingkan dengan tanamannya sendiri.  Buah ini memiliki keunikan yang terletak pada bentuk serta cita rasa yang pahit. Akan tetapi, di balik cita rasanya yang pahit, buah pare kaya akan khasiat dan manfaat bagi dunia kesehatan. Buku ini berisi informasi mengenai khasiat pare dan penggunaan pare sebagai obat herbal bagi pengobatan alternatif.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 61

Kuasa dan berkat ikat janji memulihkan berkat keturunan

Penulis : Leonardo A. Sjiamsuri ; penyunting, Hadi Kristadi
Penerbit : Nafiri Gabriel
Nomor Panggil : 248.4
Ringkasan :

Ikat janji anda dengan Tuhan untuk memberikan kepastian kehidupan, memberikan kasih setia dan kebenaran Tuhan, pertolongan dan perlindungan Tuhan. Buku ini akan membuka wawasan Anda untuk menikmati berkat-berkat yang dinikmati Nuh, dinikmati Sem, dinikmati Yafet, dinikmati Abraham, Ishak, Yakub, Musa, Daud dan lain-lain. Berkat-berkat itu mereka terima karena Tuhan mengadakan ikat janji dengan mereka.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 62

Menjadi kaya dari bisnis rumahan : tips pintar mendulang rupiah dengan berwirausaha di rumah

Penulis : Masyhuri ; editor, Diyan Yulianto
Penerbit : Diva
Nomor Panggil : 338.04
Ringkasan :

Meraih kesuksesan ternyata tidak selalu identik dengan modal-modal yang besar dan pendidikan tinggi. Banyak kisah-kisah sukses, perjalanan hidup dari orang-orang kaya dan usaha-usaha multi-jutawan yang dimulai dari hal-hal kecil. Rahasianya terletak pada etos kerja dan ketelatenan yang dimiliki oleh orang-orang sukses tersebut. Memulai bisnis dari rumah tidak mensyaratkan modal yang besar, namun usaha ini sangat menuntut kelihaian dalam membaca peluang, kecerdasan dalam mengelola dana yang ada, serta kreativitas dalam memanfaatkan tenaga dan bahan baku yang tersedia.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 63

The power of giving

Penulis : Harvey Mckinnon
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 158.1 MCK p
Ringkasan :

Buku ini berisi mengenai kekuatan memberi, dimana memberi merupakan kekuatan positif yang mampu mengubah kehidupan kita. Memberi menciptakan hubungan simbiosis mutualisme, dimana si penerima dan si pemberi sama-sama diuntungkan. Memberi memberikan makna pada hidup kita, dengan satu catatan bahwa kita memberi tanpa mengharap apapun. Hal tersebut akan menguntungkan bagi sang pemberi karena dengan memberi akan menambah kekuatan dalam diri yang lebih baik dari sebelumnya. Memberi juga memberikan ketenangan dalam diri, memberikan cinta, menghilangkan rasa takut, serta membuat kita bergaul dan bersosialisasi dengan baik tanpa rasa khawatir. Memberi dapat berupa apa saja yang dapat kita berikan, memberi bukan hanya soal materi, melainkan pula non-materi, misalnya: memberi cinta, perbuatan baik, ilmu yang dimiliki, harapan, dan hal lain yang dapat diberikan.

-Umi Hasanah-

Lansia 64

Produk olahan susu

Penulis : Tri Eko Susilorini, Manik Eirry Sawitri
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 641.371 TRI m
Ringkasan :

Susu merupakan minuman sehat yang telah banyak dikenal oleh masyarakat. Dikarenakan gizinya yang baik, susu mulai dikembangkan menjadi produk selain minuman yang bersifat tahan lama. Buku ini membahas mengenai seluruh aspek tentang susu. Mulai dari komposisi, kualitas, cara penyimpanan, dan pemanfaatannya menjadi berbagai produk olahan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 65

Panen lestari dan manfaat madu hutan plus 25 resep pengobatan

Penulis : Hapsoh, Gusmawartati, Nazaruddin, Sabrowi Yansen
Penerbit : UR Press
Nomor Panggil : 641.38 PAN
Ringkasan :

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki jenis lebah asli paling banyak di dunia. Jenis lebah madu yang paling terkenal ialah lebah hutan (Apis dorsata). Sejak dahulu kala, masyarakat Indonesia telah mengambil manfaat dari lebah dalam bentuk madu yang merupakan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK). Pada umumnya masyarakat sekitar hutan memanen madu hutan dengan cara tradisional. Mereka pun memahami kegiatan tersebut harus dilakukan dengan langkah konservatif, dalam rangka pelestarian lebah hutan dari generasi ke generasi. Buku ini membahas mengenai madu, mulai dari jenis lebah, pemanenan madu hutan serta pemanfaatan madu hutan dalam kehidupan sehari-hari.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 66

Food hygiene for food handlers

Penulis : Jill Tricket
Penerbit : Macmillan
Nomor Panggil : 641.302 TRI f
Ringkasan :

Kasus keracunan makanan kerap kali terjadi di masyarakat, dan menjadi permasalahan yang memprihatinkan. Hal ini terjadi karena kurang higienisnya bahan makanan, bahkan peralatan masak yang dipergunakan pada saat mengolah masakan. Buku ini membahas mengenai higienitas makanan bagi para pengolah masakan. Pembahasan meliputi: pengenalan mikro-organisme dalam makanan, penanganan bahan makanan, kebersihan pengolah makanan, kebersihan peralatan yang digunakan sampai dengan pencegahan keracunan makanan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 67

Budidaya ikan lele

Penulis : S. Rachmatun Suyanto
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 639.375 2 RAC b
Ringkasan :

Banyak masyarakat yang menyukai ikan lele, hal ini dikarenakan rasa dagingnya yang khas serta harga yang relatif terjangkau. Tidak hanya masyarakat umum saja, hidangan lele pun telah merambah ke berbagai restoran besar. Hal ini tentu saja merupakan kesempatan yang baik bagi petani untuk membudidayakan lele, mengingat pangsa pasar dan keuntungan yang cukup menjanjikan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 68

Memelihara kambing dan domba

Penulis : -
Penerbit : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor Panggil : 639.39 MEM
Ringkasan :

Buku yang dilengkapi dengan ilustrasi dan berupa cerita ini membahas mengenai pemeliharaan kambing dan domba. Pemeliharaan tersebut meliputi pemilihan bibit kambing dan domba, pengadaan makanan atau pakan kambing dan domba, pengenalan penyakit yang mungkin menjangkiti ternak kambing dan domba, serta kegunaan dari kambing dan domba, Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan soal-soal latihan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 69

Usaha budidaya ikan lele

Penulis : Djatmiko D. Handojo, Forlina L. Handojo, Endang Sugiharti
Penerbit : Simplex
Nomor Panggil : 639.375 2 DJA u
Ringkasan :

Usaha perikanan bukanlah usaha yang hanya sekedar melakukan kegiatan penangkapan ikan-ikan di kolam atau perairan umum, tetapi lebih kepada bagaimana menerapkan teknik budidaya yang sesuai dalam rangka pemanfaatan sumber daya alam yang optimal untuk memperoleh hasil yang maksimal. Salah satunya adalah budidaya ikan lele yang merupakan suatu usaha pengelolaan sumber daya agar bestari.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 70

Memelihara maskoki dalam akuarium

Penulis : Hersanto Effendy
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 639.375 2 HER m
Ringkasan :

Ikan maskoki merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki daya pesona sehingga banyak digemari masyarakat dari berbagai negara. Ikan ini mampu memberikan kepuasan spiritual, terutama untuk mengisi waktu senggang bagi mereka yang telah berusia lanjut atau sekedar untuk melepas kepenatan dari kesibukan pekerjaan. Ikan maskoki cukup baik dibudidayakan pada kolam luar rumah karena ikan ini tidak terlalu menuntut kualitas air secara khusus dan memiliki toleransi terhadap temperatur air. Selain itu, ikan maskoki pun terbilang mudah dalam hal makanan karena dapat menerima berbagai jenis makanan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 71

Mempersiapkan cupang hias untuk kontes

Penulis : Arman
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 639.374 83 ARM m
Ringkasan :

Ikan cupang pada mulanya dikenal sebagai ikan aduan, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu muncul strain-strain atau keturunan baru yang memiliki sosok dan penampilan yang elok. Tak heran kontes pun diadakan oleh berbagai kalangan sebagai arena adu elok dan keindahan dari cupang hias. Ajang kontes pun dipandang sebagai arena adu kepiawaian dalam menghasilkan cupang hias unggul. Tak jarang demi meraih kemenangan, para hobiis rela menghabiskan waktu dan uang untuk mendapatkan cupang hias unggul yang siap untuk diadu dalam kontes.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 72

Budidaya ikan mujair

Penulis : Sutojo MD
Penerbit : Karya Anda
Nomor Panggil : 639.375 2 SUT b
Ringkasan :

Mujair merupakan salah satu jenis ikan yang disukai masyarakat karena harganya yang terjangkau serta memiliki kandungan protein yang tinggi. Akan tetapi, pembudidayaan ikan mujair sendiri belum begitu diminati oleh masyarakat. Bahkan para nelayan pun cenderung mencari ikan mujair secara alamiah dibandingkan dengan membudidayakannya secara khusus di kolam. Padahal ikan mujair merupakan ikan yang pemeliharaannya mudah dibandingkan ikan lainnya. Buku ini mambahas mengenai pemeliharaan ikan mujair lengkap dari asal-usul ikan mujair sampai dengan penanganan hama dan penyakit.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 73

Buku pintar budi daya dan bisnis lele

Penulis : Darseno SP ; penyunting, Topan Nixon
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 639.374 9 DAR b
Ringkasan :

Lele merupakan salah satu komoditas ikan air tawar yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Permintaan atas ikan lele pun semakin hari semakin mengalami peningkatan. Siapa pun dapat membudidayakan ikan ini dikarenakan teknis pemeliharannya yang tergolong sederhana. Buku ini membahas seluruh informasi mengenai bagaimana memulai usaha budidaya lele, dan dilengkapi dengan permasalahan yang kerap kali dihadapi oleh para pembudidaya lele.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 74

Sampai jumpa di puncak sukses

Penulis : Zig Ziglar
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 158.1 ZIG s
Ringkasan :

Buku ini berisi tentang pikiran positif yang mampu mengubah kehidupan seseorang, serta bagaimana cara mengejar ketertinggalan dalam sebuah kehidupan. Tujuan dari buku ini adalah meyakinkan diri kita bahwa setiap individu memiliki banyak kemampuan didalam dirinya dan kemapuan tersebut lebih dari apa yang dia pikirkan. Ketika seseorang mengatakan bahwa kita tolol, tanpa sadar kita berlaku seperti orang tolol. Ketika satu orang mengatakan bahwa kita pintar, maka anda berlaku seperti orang pintar. Hal tersebut tergantung bagaimana sikap dan citra diri yang kita miliki. Citra diri sangat penting dalam perjalanan hidup kita, jika kita tidak mencintai diri kita sendiri bagaimana kita akan mencintai orang lain. Citra diri pun akan membuat kita naik ke arah anak tangga untuk naik ke puncak kesusksesan. Titik awal dari kesuksesan adalah citra diri yang sehat, sementara itu kesuksesan adalah inti dari kepribadian, serta motivasi pemikiran positif adalah hal yang diperlukan. Seseorang yang memiliki citra diri yang buruk sulit untuk menuju kesuksesan karena citra buruk berasal dari pikiran yang negatif. 

-Umi Hasanah-

Lansia 75

Dark of the Moon : sebuah novel Dark Guardian

Penulis : Rachel Hawthorne
Penerbit : Elex Media Komputindo
Nomor Panggil : 823 HAW d
Ringkasan :
Cerita pada novel ini berpusat pada Brittany yang ingin membuktikan dirinya pada Dark Guardians. Namun, saat waktu pertamanya berubah wujud, ia tidak merasakan apa-apa. Ia tahu Connor yang dicintainya tak akan membalas cintanya apabila ia tak dapat berubah wujud. Brittany begitu ingin berubah menjadi serigala hingga ia sanggup melakukan segalanya, meskipun itu membahayakan kawanan dark guardian.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 76

Dari balik kegelapan

Penulis : Michele Hauf
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 823 HAU d
Ringkasan :
Michael Lynsay, vokalis The Fallen adalah seorang bintang rock yang sedang berada di puncak karirnya. Namun ia menyembunyikan rahasia besar, bahwa ia adalah seorang vampir. Ia mencoba menahan kegelapan di hatinya dengan hidup mengasingkan diri. Hingga ia bertemu dengan Jane Renan, dan hanya Jane yang memahami Michael. Tanpa sadar, vampir itu menyerahkan seluruh hatinya meskipun Jane adalah seorang penyihir, musuhnya.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 77

7 kebiasaan orang yang nyebelin banget = (7 habits of highly annoying people)

Penulis : Henry Manampiring
Penerbit : Kompas
Nomor Panggil : 818.540 7 HEN t
Ringkasan :
Buku dengan ilustrasi menggelitik ini memaparkan tentang perilaku-perilaku menyebalkan yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari, atau bahkan mungkin kita lakukan tanpa kita sadari. Dari mulai perilaku menyebalkan di sekolah, tempat kerja, jalan raya, tempat umum, acara keluarga, sosial media, bahkan saat pacaran.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 78

Anjing Hachiko dan hilangnya kemanusiaan kita : esei-esei inspiratif yang menghidupkan jiwa

Penulis : P.M. Susbandono
Penerbit : Kaifa (Mizan Group)
Nomor Panggil : 814 SUS a
Ringkasan :
Buku kumpulan esai ini mengajak kita untuk meresapi setiap peristiwa sederhana di dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat belajar kesetiaan dari seekor anjing Hachiko dan peristiwa-peristiwa sederhana lain yang ternyata mengandung makna yang dalam.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 79

Touche alchemist

Penulis : Windhy Puspitadewi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 813.087'2F WIN t
Ringkasan :
Hiro Morrison adalah anak genius keturunan Jepang-Amerika yang memiliki kemampuan mengetahui identitas kimia dari benda apapun yang disentuhnya. Ia tak sengaja mengenal detektif Samuel Hudson dari kepolisian New York dalam kasus pembunuhan. Lalu terjadi kasus pengeboman berantai dan kemampuannya dibutuhkan.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 80

Meningkatkan produktivitas puyuh: si kecil yang penuh potensi

Penulis : Zainal Abidin ; penyunting, Mulyono
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 639.978 627 ZAI m
Ringkasan :

Puyuh (Coturnix coturnic japonica) merupakan unggas yang sangat potensial. Buktinya, seekor puyuh yang berat badannya tidak lebih dari 150 gram mampu menghasilkan telur seberat 10 gram atau sekitar 7% dari berat badannya. Padahal, telur ayam rata-rata hanya 4% dari berat badan induknya. Akan tetapi, budidaya puyuh di Indonesia masih belum begitu diminati oleh masyarakat di Indonesia. Pengetahuan beternak puyuh pun sampai saat ini masih menjadi rahasia para peternak sendiri. Buku ini membahas mengenai pemeliharaan puyuh serta tips untuk lebih meningkatkan produktivitas puyuh.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 81

Terapi jus dan diet: cara alami menaklukkan 99 jenis penyakit

Penulis : R. A. Nainggolan ; penyunting, Lukito AM
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 641.34 NAI t
Ringkasan :

Makanan dapat menjadi salah satu penyebab seseorang jatuh sakit. Makanan berlemak, berkolesterol tinggi, dan berlendir dapat menjadi pemicu berbagai macam penyakit. Selain itu, rendahnya kualitas gizi pun dapat menyebabkan daya tahan tubuh melemah sehingga dapat mudah terkena penyakit. Salah satu penyembuhan dan terapi untuk mengatasi berbagai macam penyakit tersebut adalah dengan mempergunakan sari buah dan sayuran segar.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 82

Jus sehat golongan darah AB: untuk langsing, bugar, dan tampil lebih muda

Penulis : Wied Harry Apriadji ; editor, Intarina Hardiman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 641.34 WIE j
Ringkasan :

Mengacu kepada penegasan dari Dr. Peter J. D’Adamo, tubuh memerlukan asupan beragam jenis makanan dalam jumlah secukupnya agar sehat. Buah dan sayur pun diperlukan untuk melengkapi makanan pokok yang disantap sehari-hari. Selain disantap setelah dimasak, sayuran sebaiknya dimakan mentah sebagai salad, lalap, maupun jus agar tubuh mendapatkan senyawa fitonutrisi. Buah-buahan pun dapat dikonsumsi langsung sebagai buah potong atau jus buah. Buku ini bersi resep jus sayur dan buah yang baik dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah AB.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 83

Budi daya lobster air tawar

Penulis : Iskandar ; penyunting, Mulyono
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 639. 64 ISK b
Ringkasan :

Budi daya lobster air tawar di Indonesia masih belum begitu banyak dikenal dan diminati. Padahal pangsa pasar lobster air tawar terbuka luas baik di dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, lobster air tawar pun tidak membutuhkan perawatan secara intensif serta tidak memerlukan lahan yang luas untuk membudidayakannya. Lobster air tawar juga memiliki keunggulan lain yakni tidak mudah terkena penyakit, pemakan tumbuhan sekaligus hewan, memiliki tingkat pertumbuhan yang relatif cepat, serta memiliki daya bertelur yang tinggi.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 84

Membuat ikan hias tampil sehat dan prima

Penulis : Hambali Supriyadi, Tim Lentera ; penyunting, Tetty
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 639. 374 8 HAM m
Ringkasan :

Perkembangan usaha budidaya ikan hias di Indonesia dari tahun ke tahun semakin mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya ekspor ikan hias dari Indonesia ke negara lain. Akan tetapi, perkembangan tersebut tidak luput dari satu kendala, yakni gangguan penyakit yang dapat menjangkiti ikan hias. Oleh karena itu pembudidaya ikan hias harus memiliki pengetahuan mengenai penyakit dan penyebabnya agar dapat mengendalikan dan mencegah penularan penyakit tersebut.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 85

99 Resep Hidup Rasulullah

Penulis : Abdillah F. Hasan ; pembaca prof, Titis Adinda
Penerbit : Zaman
Nomor Panggil : 297.911
Ringkasan :

Kita semua mendambakan hidup mulia, makmur, mulia, sejahtera dan bahagia dunia akhirat. Banyak jalan ditawarkan untuk mewujudkan impian itu. Buku ini menawarkan hidup yang ideal, kita dituntun untuk meneladani Rasulullah dalam segala aspek kehidupan beliau, agar impian-impian itu terwujud nyata dengan renyah dan disuguhkan wejangan dan motivasi kehidupan Rasulullah.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 86

Kitab epos mahabharata

Penulis : C. Rajagopalachari ; penerjemah, Yudhi Murtanto ; editor, Abdul Azis Sukarno
Penerbit : Ircisod
Nomor Panggil : 294.592 3
Ringkasan :

Mahabharata lebih sekedar sebuah epik, melainkan roman, yang menceritakan kisah laki-laki dan perempuan heroik serta beberapa tokoh yang luar biasa. Karya ini adalah seni sastra yang mengandung rahasia hidup, filsafat relasi sosial dan etik, serta pemikiran penting tentang masalah-masalah manusia yang sulit dicari padanannya. Dalam epos kuno yang luar biasa dari tanah India ini, kita dapat menemukan kisah-kisah yang ilustratif dan ajaran-ajaran luhur, di samping kisah perjalanan hidup kelima Pandawa.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 87

Kisah orang-orang shaleh dalam mendidik anak

Penulis : Syaikh Ibrahim Mahmud ; penerjemah, Khalifurrahman Fath ; editor, Yasir Maqosid
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Nomor Panggil : 297.51
Ringkasan :

Ilmu adalah harapan yang paling mulia, tuntunan terbaik yang dicari seseorang dengan sungguh-sungguh, dan usaha yang bermanfaat. Mendidik anak merupakan kewajiban yang jika dijalani dengan suka cita akan terasa menyenangkan. Anak adalah buah hati yang diharapkan dapat meneruskan tongkat estafet kedua orangtuanya. Dengan pendidikan yang baik dan benar, anak akan tumbuh menjadi tunas-tunas tangguh yang bermanfaat bagi orangtua, agama, dan bangsa.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 88

Positive parenting : cara-cara Islami mengembangkan karakter positif pada anak anda

Penulis : Mohammad Fauzil Adhim ; penyunting, Yadi Saeful Hidayat
Penerbit : Mizania
Nomor Panggil : 297.437
Ringkasan :

50 tahun mendatang dari anak-anak kita, ditentukan mulai hari ini. Warisan terbaik kita untuk mereka adalah pendidikan yang kita berikan dengan berbekal ilmu dan kesungguhan. Buku positive parenting ini membahas tentang pola mendidik anak dengan mengkombinasikan sumber-sumber muktahir barat dengan khazanah Islam yang ditulis dengan gaya bahasa yang cair-mengalir disertai contoh-contoh praktis yang mudah diaplikasikan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 89

Ketika cinta berbuah surga

Penulis : Habiburrahman El Shirazy ; editor, Mutia Praheswari
Penerbit : MQS Publishing
Nomor Panggil : 297
Ringkasan :

Teman baik, yang membuatmu menjadi orang baik, teman sejati yang bisa kau ajak bercinta untuk surga. Kekuatan cinta akan melahirkan kekuatan dahsyat yang membawa manfaat dan kebaikan, dan pada akhirnya akan membawa manusia masuk ke surga. Buku ini memuat 29 kisah pilihan yang diambil dari hadist Nabi, kisah-kisah zaman sahabat Nabi, zaman tabi’in, dan kisah keteladanan dari berbagai belahan dunia islam.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 90

Kunci rahasia meraih kekayaan

Penulis : Napoleon Hill ; Alih bahasa, Ahadak Eriawan ; Editor, Felix
Penerbit : Prestasi Pustakaraya
Nomor Panggil : 131.3
Ringkasan :

Ada dua belas kekayaan dalam hidup, diantaranya adalah: pertama sikap mental positif, kedua kesehatan fisik sejati, ketiga harmonisasi dalam hubungan manusia, keempat bebas dari rasa takut, kelima harapan akan kesuksesan, keenam kapasitas keyakinan, ketujuh keinginan untuk berbagi anugerah dengan orang lain, kedelapan budak cinta dan sebagiannya. Sedangkan, ada sepuluh faktor dalam mekanisme pemikiran, yakni: kecerdasan tanpa batas, kesadaran berfikir, kecakapan kekuatan kehendak, kecakapan nalar, kecakapan emosi, kecakapan imajinasi dan lain-lain.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 91

Permasalahan maskoki dan solusinya: ranchu, crown pearlscale, bubble eyes, red cap oranda, panda dragon eyes

Penulis : Bambang Eka Perkasa, Hisomudin
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 639.375 2 BAM p
Ringkasan :

Maskoki sudah dikenal oleh pecinta ikan hias sejak tahun 1960-an. Dari masa ke masa, strain baru maskoki pun banyak bermunculan. Ikan hias yang memiliki julukan “ratu selendang mayang” ini pun relatif mudah pemeliharannya. Akan tetapi, pecinta ikan maskoki seringkali menghadapi permasalahan mengenai perawatan agar ikan maskoki dapat selalu tampil prima. Buku ini menguraikan mengenai solusi dari sejumlah permasalahan yang berkaitan dengan perawatan ikan maskoki.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 92

Terapi jus buah-buahan dan sayur-sayuran

Penulis : Narayan Sivakali ; editor, Sumarni ME
Penerbit : Prestasi Pustaka
Nomor Panggil : 641.34 NAR t
Ringkasan :

Obat kimia merupakan alternatif pengobatan yang dipergunakan oleh masyarakat untuk menyembuhkan penyakit yang diderita. Akan tetapi, konsumsi obat-obatan secara terus menerus dapat menimbulkan efek samping di dalam tubuh. Untuk meminimalisir serta menghilangkan efek samping tersebut, obat-obatan dari bahan alami dapat dipergunakan untuk detoksifikasi atau pembuangan racun. Detoksifikasi seluruh tubuh dapat dilakukan secara efektif dengan mengkonsumsi jus buah-buahan dan sayur-sayuran mentah atau segar dalam jumlah banyak.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 93

Petunjuk praktis budidaya ikan mas

Penulis : Budi Santoso
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 639.375 2 BUD p
Ringkasan :

Ikan merupakan bahan makanan sarat akan gizi serta mudah untuk didapatkan. Salah satu ikan yang memiliki kandungan gizi tinggi serta mudah untuk didapatkan adalah ikan mas. Ikan mas (Cyprinus carpio) adalah salah satu jenis ikan budidaya air tawar yang paling banyak dibudidayakan petani, baik budidaya pembenihan, pembesaran di kolam pekarangan ataupun air deras. Oleh karena dapat dibudidayakan dengan banyak cara, ikan mas menjadi alternatif pemilihan usaha para petani. Petani yang memilih usaha budidaya ikan mas pun harus memiliki pengetahuan mengenai pemeliharaan serta penanggulangan penyakit pada ikan mas.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 94

Petunjuk praktis pembudidayaan ikan mas dalam keramba jaring apung

Penulis : Barry A. Costa, Pierce, Rusydi, Apih Safari, Gelar Wira Atmadja
Penerbit : Bhratara
Nomor Panggil : 639.375 2 PET
Ringkasan :

Buku yang dilengkapi dengan ilustrasi ini membahas mengenai budidaya ikan mas dalam keramba jaring. Pembahasan mengenai budidaya ikan mas tersebut meliputi: pembuatan keramba jaring apung, pemilihan bibit ikan mas, pemeliharaan bibit ikan mas, pemberian pakan ikan, pemanenan ikan mas, sampai dengan pemasaran hasil panen ikan mas. Selain itu, dijelaskan pula pemeliharaan jaring agar awet dan keuntungan dari membudidayakan ikan mas.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 95

Jus sehat golongan darah B: untuk langsing, bugar, dan tampil lebih muda

Penulis : Wied Harry Apriadi ; editor, Intarina Hardiman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 641.875 WIE j
Ringkasan :

Jika dibandingkan dengan sayuran yang telah dimasak, jus sayuran masih memiliki nutrisi dan zat fitokimiawi yang berlimpah. Asupan zat tersebut penting agar organ-organ tubuh dapat berfungsi secara normal. Bila seluruh organ berfungsi dengan baik tubuh akan menjadi sehat, keremajaan kulit pun akan tetap terjaga karena toksin terus terbuang ke luar tubuh. Pemilihan bahan makanan sesuai dengan golongan darah menurut anjuran Dr. Peter J. Adamo yang merupakan pelopor diet golongan darah, dapat meningkatkan efektivitas manfaat makanan tersebut. Oleh karena itu, resep jus yang terdapat dalam buku ini menggunakan resep diet golongan darah B agar manfaat dari kandungan jus dapat terserap secara maksimal.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 96

Perjalanan ke akhirat : sketsa perjalanan seorang hamba menuju negeri keabadian

Penulis : Kelompok Tela'ah Kitab Ar-Risalah ; penyunting, Abu Fatiah Al-Adnani ; editor, Abu Asiyah Abdur Rahman
Penerbit : Al-Zahra Mediatama
Nomor Panggil : 297.353
Ringkasan :

Kehidupan di dunia pada hakekatnya adalah sebuah perjalanan panjang dan berat menuju negeri akhirat. Iman kepada Allah dan beribadah kepada-Nya adalah tujuan Allah menciptakan manusia dan jin (QS. Adz-Dzariyat [51] : 56). Iman kepada hari akhir merupakan salah satu pilar pokok yang selalu dikaitkan dengan keimanan kepada Allah.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 97

Allah ciptakan rumah terindah di bumi

Penulis : Abdul Razzaq Naufal
Penerbit : Republika
Nomor Panggil : 297
Ringkasan :

Ketika seseorang mengarahkan pandangannya ke langit, maka dia akan melihat bintang-bintang yang gemerlapan bertebaran di seluruh jagad raya. Ketika pandangannya dipalingkan ke bumi, maka dia akan melihat seluruh isi bumi. Buku ini membicarakan tentang ilmu pengetahuan dengan bahasa dan dialog agama serta memecahkan masalah agama dengan bahasa ilmu pengetahuan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 98

Kematian adalah nikmat : sekelumit pandangan filosof, agamawan ilmuwan, dan Al -Quran

Penulis : M. Quraish Shihab ; penyunting, Abd. Syakur Dj
Penerbit : Lentara Hati
Nomor Panggil : 297.351
Ringkasan :

Maut adalah sesuatu yang amat dikenal, dampaknya terlihat dan terdengar sehari-hari, bahkan ditayangkan setiap saat. Ada dua proses yang dialami berkaitan dengan kematian yaitu kematian perlahan seperti, didahului oleh penyakit dan kematian mendadak seperti karena serangan jantung atau stroke atau kecelakaan. Hari kebangkitan merupakan hari yang sangat panjang dengan aneka peristiwa yang terjadi. Kebangkitan manusia setelah kematiannya untuk memperoleh balasan dan ganjaran tertanam dalam lubuk hati dan diakui oleh sebagian besar umat manusia.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 99

Dunia spiritual Soeharto : menelusuri laku ritual, tempat-tempat dan guru spiritualnya

Penulis : Arwan Tuti Artha ; penyunting, Islah Gusmian
Penerbit : Galangpress
Nomor Panggil : 133.9
Ringkasan :

Soeharto adalah tokoh dari Jawa yang pernah memimpin Negeri ini. Dia menjadi presiden dalam rentang waktu yang amat panjang, 32 tahun dan sangat kuat pengaruhnya. Tentu, ini bukan soal mandat rakyat yang diperolehnya atau siasat yang dia lakukan. Tetapi, juga soal keberungtungan dan laku spiritual.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 100

Berbohong itu nikmat

Penulis : Tasirun Sulaiman ; editor, Singgih Agung
Penerbit : Erlangga
Nomor Panggil : 297.26
Ringkasan :

Berbuat jahat dengan cara menghembuskan angin kebohongan adalah pekerjaan mudah yang mungkin sering menggelincirkan kita. dan anehnya, kita melakukan itu bisa jadi dengan tidak sadar. Kita senang ketika si korban mendapatkan kesulitan dan menderita akibat ulah jahil atau jahat kita. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa pilar agama adalah lidah. Lidah harus dapat di kendalikan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 101

Cara mudah memperbaiki daya ingat

Penulis : Carol Turkington ; penerjemah, Kandiana Ari M. ; penyunting, Nanik Sumarsih
Penerbit : Platinum
Nomor Panggil : 153.1
Ringkasan :

Ingatan tidak hadir sebagaimana sebuah objek, karena ingatan mengacu pada proses mengingat. Ada tiga kunci kesuksesan dalam memperoleh ingatan yang lebih bagus yaitu kunci pertama memperhatikan, kunci kedua mengenali, dan kunci ketiga menggambarkan. Ada beberapa kunci untuk menghilangkan sifat pelupa dan mengubah menjadi mempunyai daya ingat yang kuat yaitu, pertama berdiam diri, kedua menfokuskan diri, ketiga, mengetahui arah yang dituju, keempat bertindak dengan cepat.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 102

Teka-teki tubuh kita hmmmm?

Penulis : Diane Swanson
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 153.120 113 84 SWA t
Ringkasan :

Memori adalah suatu hal yang luar biasa, bayangkan saja berapa banyak memori yang kita ingat, serta berapa banyak ingatan yang ada dalam otak kita. Kita pun tak akan kehabisan ruang untuk menyimpan memori dan informasi yang kita butuhkan. Memori merupakan perangkat canggih yang mampu mengingat semua peristiwa, karena memori suatu peristiwa memiliki arti bagi setiap orang. Memori tersimpan di otak manusia yang terdiri dari 3 bagian, dan tersimpan pada otak besar dan otak kecil.

-Umi Hasanah-

Lansia 103

Buku pedoman pendamping psikologis anak jalanan : pedoman bagi pendamping anak jalanan dalam menangani masalah psikologis

Penulis : Departemen Kesehatan RI
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 155.401 138 4 BUK
Ringkasan :

Anak jalanan merupakan masalah sosial yang kompleks, mereka kurang mendapatkan perhatian serta pendidikan yang layak yang dapat merubah kondisi mereka dimasa depan. Hak asasi anak jalanan sama hakekatnya dengan anak-anak pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi permasalahan anak jalanan sejak dini, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa anak jalanan memiliki spesifikasi perilaku bermasalah seperti: mengganggu temannya, malas, berkata kotor, sampai dengan mengancam bunuh diri. Selain itu, anak jalanan pun memiliki permasalahan emosional yang meliputi: mudah marah, mudah tersinggung, kurang terbuka, serta emosional saat bicara. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab permasalahan tersebut, yaitu: kurangnya afeksi orang tua, kurangnya minat belajar, perilaku kekerasan orang tua kandung yang di terimanya, kemiskinan serta ketidak harmonisan keluarga.

-Umi Hasanah-

Lansia 104

The best of me = yang terbaik dariku

Penulis : Nicholas Sparks
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 813 SPA b
Ringkasan :
The best of me adalah kisah menyentuh tentang sepasang anak SMU di kota kecil. Sekarang, mereka telah dewasa dan mengambil jalan yang berbeda. Namun tak satupun dari mereka yang dapat melupakan cinta pertama itu. Pada suatu hari mereka kembali ke kampung halaman dan dipaksa untuk menghadapi pilihan yang telah mereka buat.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 105

Lewat tengah malam

Penulis : Gola Gong
Penerbit : Gagas Media
Nomor Panggil : 813 GOL l
Ringkasan :
Hal-hal aneh dan gaib terus menerus dialami Alice sejak ia pindah ke apartemen baru bersama ibunya. Namun ibunya tidak mempercayai cerita Alice, dan Alice yakin ada misteri di dalam apartemen itu. Lewat buku harian temannya, Alice berusaha mengungkap misteri yang mengejutkan dari apartemen itu.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 106

Anak-anak revolusi

Penulis : Budiman Sudjatmiko
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 809.933 581 BUD a
Ringkasan :
Buku yang merupakan otobiografi dari sang penulis ini ditulis dengan gaya bahasa populer, walaupun tema yang diangkat cukup pelik. Tema yang diangkat adalah tentang para anak-anak ingusan, aktivis mahasiswa era 90-an yang melawan rezim Jenderal Soeharto yang kokoh dan tak tertembus perlawanan-perlawanan lain yang pernah ada.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 107

Semua ingin jatuh cinta

Penulis : Kahlil Gibran ; Penyusun, Gieb Harri
Penerbit : Mediakita
Nomor Panggil : 808.819 354 GIB s
Ringkasan :
Kahlil Ghibran yang terkenal akan kata-kata indahnya adalah seorang legenda pada zamannya, bahkan hingga saat ini. Semua ingin jatuh cinta adalah kumpulan kata-kata indah serta puisi-puisi cinta karya Kahlil Ghibran. Gieb Harri mengumpulkan karya-karya indah Kahlil Ghibran tersebut dalam buku ini.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 108

Paprika: hidroponik dan nonhidroponik

Penulis : Heru Prihmantoro, Yovita Hety Indriani
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 633.84 HER p
Ringkasan :

Paprika yang memiliki nama lain “Sweet Pepper” merupakan salah satu jenis tanaman cabai namun memiliki rasa khas yang manis dan tidak pedas. Pada awalnya masyarakat Indonesia kurang mengenal salah satu jenis cabai ini. Akan tetapi, semakin hari konsumen paprika semakin bertambah seiring dengan berkembangnya masakan asing di Indonesia. Buku ini membahas mengenai budidaya paprika baik secara hidroponik maupun konvensional, lengkap beserta analisis usaha keduanya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 109

9 strategi bertanam cabai bebas hama dan penyakit

Penulis : Neni Rostini; penyunting, Siti Artianingsih; fotografer, Hadi Iswanto
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 633.84 NEN s
Ringkasan :

Cabai merupakan salah satu komoditas unggulan masyarakat Indonesia dengan tingkat permintaan yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Budidaya cabai sendiri bukan tanpa resiko, ada kalanya produksi cabai menurun dikarenakan serangan hama dan penyakit. Strategi yang tepat pun perlu dilakukan untuk meminimalisir serangan hama tersebut. Mulai dari pemilihan varietas unggul, pemilihan lahan, pencegahan hama dan penyakit, sampai dengan perencanaan rotasi tanam.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 110

Budidaya cabai: panen setiap hari

Penulis : Muhamad Syukur, Rahmi Yunianti, Rahmansyah Dermawan ; editor, Febriani Ai Nurrohmah
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 633.84 MUH b
Ringkasan :

Cabai termasuk ke dalam family Solanaceae, genus Capsicum. Capsicum annuum L. sendiri merupakan salah satu spesies dari 20-30 spesies dalam genus tersebut. Cabai memiliki berbagai bentuk dan berbagai warna serta tingkat kepedasan tersendiri. Cabai pun mudah tumbuh serta tidak mengenal musim. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas, petani memerlukan pengetahuan yang mumpuni terkait budidaya cabai. Pengetahuan tersebut mencakup mengenali varietas unggul cabai, teknik penanaman, sampai dengan analisis usaha tanaman cabai.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 111

Sukses budidaya bawang putih di pekarangan dan perkebunan

Penulis : Hieronymus Budi Santoso ; editor, Mutya
Penerbit : Lily Publisher
Nomor Panggil : 633.84 HIE s
Ringkasan :

Bawang putih merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Di Indonesia sendiri bawang putih cocok untuk dibudidayakan karena dukungan dari unsur-unsur agroklimat. Untuk lebih memajukan produksi lokal bawang putih, petani pun harus memiliki pengetahuan tentang cara bertanam tanaman tersebut dengan benar. Buku ini membahas tuntas mengenai penanaman serta produksi bawang putih lengkap dari mulai pembibitan, pengendalian hama penyakit, serta bagaimana berbisnis bawang putih.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 112

Temu-temuan dan empon-emponan: budi daya dan manfaatnya

Penulis : Fauziah Muhlisah
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 633.8 FAU t
Ringkasan :

Tumbuhan rimpang yang disebut juga temu-temuan dan empon-emponan dalam Bahasa Jawa, merupakan tanaman yang memiliki berbagai macam khasiat. Selain digunakan sebagai bumbu masak, tumbuhan rimpang juga digunakan sebagai bahan baku obat-obatan, jamu, perawatan tubuh, kesehatan, maupun kosmetika. Sebut saja bangle, jahe, kencur, kunci pepet, kunyit, sampai dengan temu lawak. Tumbuhan rimpang tersebut memiliki potensi pasar yang cukup besar serta mudah untuk dibudidayakan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 113

Perang Muhammad : kisah perjuangan dan pertempuran Rasulullah

Penulis : Nizar Abazhah ; penerjemah, Asy'ari Khatib ; penyunting, Agus Hadiyono
Penerbit : Zaman
Nomor Panggil : 297.91
Ringkasan :

Banyak peperangan dan konfrontasi terjadi pada masa Nabi. Sekitar 10 tahun beliau tinggal di Madinah telah terjadi 64 kali peperangan, yakni: 26 peperangan dipimpin Nabi sendiri dan selebihnya adalah pasukan utusan Nabi melawan suku Quraisy dan kabilah-kabilah Arab. Buku ini mengisahkan perang-perang Rasulullah yang masyhur dalam sejarah. Menggetarkan sekaligus menyadarkan kita apa sejatinya alasan dan tujuan Nabi berperang, bagaimana beliau memimpin pertempuran, bagaimana pasukan disiapkan, apa kriteria para pemimpin yang beliau pilih, serta apa nilai-nilai yang diteladankan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 114

Buku pintar shio dan fengsui

Penulis : Tjahyadi Budi Santosa ; editor, Putri Erine N
Penerbit : Saufa
Nomor Panggil : 133. 333 7
Ringkasan :

Shio merupakan simbol binatang Cina yang dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk mengetahui kepribadian, kesehatan, karier, asmara dan pergaulan seseorang. Menurut kepercayaan Cina, shio terbagi menjadi 12 macam yaitu: shio tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi. Fengsui merupakan ilmu yang dapat digunakan untuk membantu memperbaiki hidup manusia dari empat energi buruk yang bersifat merugikan, yakni huo hai, wu gui, liu sha dan jue ming.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 115

Ibu rumah tangga naik haji

Penulis : Saidah Cholifah ; penyunting, Sunarwoto Dema
Penerbit : Pustaka Marwa
Nomor Panggil : 297.415
Ringkasan :

Naik haji adalah idaman setiap muslim, naik haji merupakan salah satu rukun Islam, yang hanya bisa dilakukan di tanah suci dan berkaitan dengan biaya serta kesehatan fisik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain: menata niat disertai dengan perilaku yang baik, menyiapkan berbagai bekal dan persiapan mental maupun material, mulai dari persiapan finansial hingga pengetahuan sosial.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 116

Menjadi mutiara terindah : fikih kode etik muslimah seputar adab dan thaharah

Penulis : Syaikh Abdullah bin Jarullah bin Ibrahim Al-Jarullah ; penerjemah, Mutsanna Abdul Qahhar, Fahrur Mu'is ; editor ,Tim Editor Arafah
Penerbit : Pustaka Arafah
Nomor Panggil : 297.496
Ringkasan :

Sesuai dengan Firman Allah, yaitu Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW, mengenai beberapa Taujihat (nasehat-nasehat) kepada kaum muslimah seputar masalah hijab (penutup aurat), memakai cadar, tabarruj (memamerkan kecantikan), ikhtilath (bercampur baurnya anatara kaum laki-laki dengan wanita), dan lain-lain. Maka iika kaum muslimah ingin masuk surga harus dapat menjaga kesucian dirinya dari segala tipu daya setan yang sangat menyesatkan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 117

Peruntungan di tahun tikus tanah 2559 : 7 Februari 2008-25 Januari 2009

Penulis : Kang Hong Kian
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Nomor Panggil : 133.333 7
Ringkasan :

Lambang tikus umumnya identik dengan kecerdasan, bahkan kelicikan yang luar biasa. Karena tingkat tingkat keberhasilan dan kegandrungannya itu, tak jarang ia tampil dengan dikelilingi banyak kawan yang berusaha memetik keuntungan daripadanya. Buku ini memberikan gambaran dan penjelasan mengenai peruntungan dan tatanan rumah yang sesuai dengan Feng Shui untuk anda di tahun tikus tanah, serta menjelaskan peruntungan anda pada setiap bulannya selama tahun tikus berjalan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 118

Berguru news anchor pada Najwa Shihab : berguru pada ahlinya

Penulis : Brillianto K. Jaya ; editor, Andriyati
Penerbit : Republika
Nomor Panggil : 070.195 095 98
Ringkasan :

Dunia televisi tengah berkembang dengan konten beragam. Ada televisi yang menyajikan beragam hiburan, ada pula televisi yang khusus menayangkan berita. Buku ini menyuguhkan banyak pelajaran dan tips menjadi news anchor dari narasumber yang sangat kompenten, yaitu Najwa Shihab. Ada sembilan pelajaran yang bisa dipelajari, mulai dari apa saja yang perlu dilakukan untuk menjadi news anchor. Hingga besarnya peran keluarga dan Tuhan dalam kesuksesan seseorang.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 119

Agribisnis cabai

Penulis : editor, Adhi Santika
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 633.84 AGR
Ringkasan :

Salah satu tanaman holtikuktura yang banyak dibudidayakan oleh petani adalah cabai. Seiring dengan meningkatnya budidaya, pemasaran, serta agribisnis cabai, suatu pertemuan diselenggarakan dimana di dalamnya dibahas aspek teknis dan non-teknis yang melibatkan petani, pakar dari dalam dan luar negeri, pengusaha, serta pengambil kebijakan. Aspek yang dibahas antara lain adalah: teknologi budidaya, panen dan penanganan hasil panen, analisis ekonomi, pemasaran, serta pengembangan agribisnis cabai.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 120

Cabai hot beauty

Penulis : Abdjad Asih Nawangsih, Heri Purwanto Imdad, Agung Wahyudi
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 633.84 ABJ c
Ringkasan :

Cabai hot beauty merupakan salah satu varietas cabai hibrida yang memiliki cita rasa cukup pedas. Teknik budidaya dan varietas cabai ini sendiri berasal dari Taiwan, oleh karena itu cabai ini dikenal pula dengan sebutan cabai Taiwan. Dalam buku ini, para penulis membahas mengenai teknik budidaya cabai hot beauty dimulai dari pengenalan cabai hot beauty, pembibitan, pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan, sampai dengan analisis agribisnis dari cabai hot beauty.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 121

Vanilla tabulampot: kiat sukses panen emas hijau di pekarangan rumah

Penulis : Agus Ramada Setiadi ; editor, Ignas
Penerbit : Lily Publisher
Nomor Panggil : 633.83 AGU v
Ringkasan :

Vanilla merupakan salah satu rempah yang paling diminati oleh masyarakat dunia. Akan tetapi di Indonesia komoditas vanilla dapat dikatakan lesu karena dianggap tidak menguntungkan sebagai hasil tanaman budidaya. Padahal pada pasar internasional harga jual vanilla dapat dikatakan cukup stabil dan berkisar antara USD 20 – USD 35 per satu kilogram vanilla kering. Selain dibudidayakan dalam bentuk perkebunan, vanilla pun dapat dibudidayakan dalam wadah atau media berupa pot.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 122

Membuat buah tanpa biji

Penulis : Hendro Sunarjono, Redaksi Trubus
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635. 986 HEN m
Ringkasan :

Kenikmatan pada saat menyantap buah-buahan terkadang terganggu oleh banyaknya biji yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu buah tanpa biji lebih banyak dicari oleh masyarakat. Tidak terdapatnya biji pada buah tersebut dapat terjadi secara alami maupun dengan campur tangan manusia. Beberapa caranya di antara lain adalah dengan mutasi, persilangan, radiasi, atau pemakaian zat kimia. Buku ini membahas mengenai buah tanpa biji termasuk di dalamnya cara perbanyakan buah tanpa biji dan penerapannya pada beberapa jenis buah.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 123

Melati: penanganan segar dan pembuatan minyak bunga melati

Penulis : Suyanti Satuhu
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 633.81 SUY m
Ringkasan :

Tanaman melati yang merupakan tanaman puspa bangsa Indonesia memiliki berbagai macam manfaat. Selain untuk tanaman hias dan dekorasi, melati pun dapat diproduksi menjadi minyak melati yang bermanfaat untuk pengobatan yakni sebagai aromaterapi. Minyak melati pun memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan dapat dijadikan usaha tetap bagi masyarakat. Akan tetapi, untuk membuat minyak melati yang berkualitas dibutuhkan penanganan yang tepat pasca panen.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 124

Kerajaan Gowa : masa demi masa penuh gejolak

Penulis : H. L. Purnama
Penerbit : Arus Timur
Nomor Panggil : 959.847 PUR k
Ringkasan :
Kerajaan Gowa adalah salah satu kerajaan Indonesia yang menjadi rebutan. Terletak di Sulawesi Selatan, kerajaan Gowa tidak hanya menghadapi ancaman dari luar, namun juga dari dalam kerajaannya itu sendiri. Perebutan tahta dan ketamakan mewarnai konflik di kerajaan Gowa.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 125

Kepak sayap putri prajurit : Ani Yudhoyono Kepak sayap putri prajurit : Ani Yudhoyono

Penulis : Alberthiene Endah
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 92 (Ani Yudhoyono) ALB k
Ringkasan :
Kepak sayap putri perajurit membahas mengenai warna-warni kehidupan Ani Yudhoyono yang sarat akan pengalaman unik, nilai-nilai batin, serta pembelajaran hidup. Perjuangan serta pencapaian beliau dari hayat hidupnya, serta dukungan atas karir politik suaminya, Presiden Susilo Bambang Yodhoyono.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 126

Kerajaan Bone : penuh pergolakan heroik

Penulis : H. L. Purnama
Penerbit : Arus Timur
Nomor Panggil : 959.847 PUR k
Ringkasan :

Kerajaan Bone yang terletak di Sulawesi Selatan mengalami puncak kejayaannya setelah perang Makassar. Buku ini menggambarkan sejarah kerajaan Bone, peperangan yang terjadi, serta kisah tokohnya yang heroik.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 127

Pesona Solo

Penulis : Anita Chairul Tanjung
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 959.824 44 TAN p
Ringkasan :
Seluruh kecantikan Solo diabadikan dalam buku ini oleh sang penulis, Anita Chairul Tanjung. Pesona batik, candi, alam, hingga para wanita Solo yang lemah lembut dengan kebayanya. Buku ini pun mengangkat semua daya tarik Solo yang membuatnya menjadi destinasi wisata favorit.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 128

Bertanam nilam: bahan industri wewangian

Penulis : Hieronymus Budi Santoso
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 633.81HIE b
Ringkasan :

Nilam termasuk jenis tanaman yang cukup mudah untuk dibudidayakan karena dapat hidup hampir di sembarang tempat. Teknologi penyulingannya pun cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh petani itu sendiri. Selain informasi mengenai cara bertanam nilam, buku ini dilengkapi pula dengan proses produksi minyak nilam, analisis usaha tani dan analisis penyulingannya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 129

Rebung: teknologi produksi dan pengolahan

Penulis : F. G. Winarno
Penerbit : Pustaka Sinar Harapan
Nomor Panggil : 633.58 WIN r
Ringkasan :

Bambu pun memiliki peranan penting baik pada tingkat pedesaan sampai dengan tingkat nasional. Peranan tersebut antara lain terkait dengan penyediaan lapangan pekerjaan, kebutuhan makanan manusia, bahan konstruksi bangunan, serta kebutuhan konsumen lainnya. Berkaitan dengan kebutuhan makanan, rebung telah dikenal sejak lama sebagai bahan makanan khususnya masakan tradisional dan penganan khas Indonesia. Rebung pun menempati tempat yang cukup penting di kawasan Asia, sehingga budidaya dan teknologi pengolahannya pun berkembang dengan pesat.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 130

Budidaya tanaman cokelat

Penulis : Suwasono Heddy
Penerbit : Angkasa
Nomor Panggil : 633.74 SUW b
Ringkasan :

Tanaman cokelat termasuk ke dalam genus Theobroma, dengan nama latin Theobroma cacao yang artinya adalah makanan para dewa. Tanaman cokelat pertama kali masuk ke Indonesia oleh orang-orang Spanyol pada tahun 1560 tepatnya ke daerah Sulawesi. Buku ini membahas mengenai budidaya tanaman cokelat dari mulai pengolahan tanah, pembibitan, pemupukan, pengendalian hama, pengolahan biji cokelat, sampai dengan kepada prospek produksi dan pengembangan perdagangan cokelat.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 131

Bertanam nanas

Penulis : Pracaya
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 633.576 PRA b
Ringkasan :

Nanas merupakan jenis buah-buahan yang memiliki beragam manfaat, diantaranya adalah sebagai camilan buah segar, olahan hidangan pencuci mulut, selai, sampai dengan kontrasepsi. Buah nanas pun mengandung enzim bromealin yang dapat digunakan untuk melunakkan daging. Budidaya nanas pun tidak sulit, akan tetapi petani dituntut untuk memberikan perhatian lebih, ketelitian, serta kerajinan agar hasil panen berkualitas serta melimpah.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 132

Berkreasi dengan serpentin

Penulis : Saraswati
Penerbit : Bhratara Karya Aksara
Nomor Panggil : 633.5 SAR b
Ringkasan :

Serpentin biasanya ditemukan dalam bentuk gulungan dan dipergunakan untuk membuat mainan tangga tikus, tikar anyaman, dan penunjuk halaman. Ide dalam pembuatan bentuk atau kerajinan dari serpentin pada mulanya diperuntukkan bagi anak-anak, orang yang sedang sakit dan tunanetra. Akan tetapi, bagi mereka yang memiliki kreatifitas, hasil karya dari serpentin dapat dijadikan sebagai usaha wiraswasta. Harga serpentin yang murah pun merupakan keuntungan tersendiri dalam memulai usaha tersebut.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 133

Hukum pidana Islam

Penulis : H. Zainuddin Ali
Penerbit : Sinar Grafika
Nomor Panggil : 297.45
Ringkasan :

Hukum pidana Islam adalah segala ketentuan hukum mengenai tindak pidana atau perbuatan kriminal yang dilakukan oleh orang-orang mukallaf, dan merupakan sebagian hasil dari pemahaman atas dalil-dalil hukum yang terperinci dari Al-Qur’an dan hadist. Asas-asas hukum Islam meliputi, yaitu: pertama, asas umum, kedua asas hukum pidana dan ketiga asas hukum perdata. Ruang lingkup hukum pidana Islam meliputi, pencurian, perzinaan, menuduh orang yang baik-baik berbuat zina, meminum khamr, membunuh, merusak harta orang lain dan sebagiannya.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 134

Wanita : antara jodoh, poligami dan perselingkuhan

Penulis : Hartono Ahmad Jaiz ; editor, Tim Al-Kautsar
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Nomor Panggil : 297.43
Ringkasan :

Banyak orang menuduh bahwa lelaki yang berpoligami lebih mengutamakan hawa nafsunya daripada niat beribadah. Sebagian lagi mengatakan bahwa poligami merupakan tindak kekerasan terhadap perempuan. Ada tiga bentuk dalam  poligami yaitu pertama poligini, kedua, poliandri dan ketiga group marriage. Peraturan tentang poligami dan praktiknya di dunia islam mempunyai manfaat besar yaitu membersihkan masyarakat dari akhlak yang tercela dan menghindarkan penyakit masyarakat yang banyak timbul di negara-negara yang tidak mengenal poligami.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 135

Romantic intelligence = Kecerdasan romantis sebagai pelengkap dari IQ, EQ dan SQ

Penulis : editor, ASM , Floriberta Aning S., Munawaroh.
Penerbit : Enigma
Nomor Panggil : 152.41
Ringkasan :

Para ahli mengungkapkan perasaan cinta dibagi menjadi 7 unsur, yaitu: pertama cinta erotis, kedua platonis, ketiga romantis, keempat praktis, kelima filosofi, keenam intelektual dan ketujuh abadi. Ada beberapa fase dalam menjalani asmara bersama pasangan, yaitu: fase pertama puncak asmara, fase kedua mulai muncul konflik, fase ketiga mulai nyaman dan asyik, fase keempat tenggelam dalam kebosanan dan fase kelima saat makin cinta.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 136

Hapiness inside

Penulis : Gobind Vashdev
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 152.42 VAS h
Ringkasan :

Buku ini berisi mengenai bagaimana cara untuk mencari kebahagiaan. Dalam kehidupan bermasyarakat kita dituntut untuk bergaul dengan masyarakat, dimana akan sangat sulit bagi kita untuk selalu berfikir positif, dan sabar. Sifat negatif atau positif merupakan sifat bawaan lahir. Bisakah seseorang merubah sifat tersebut? Hal ini tergantung kepada pola pikir apakah dia mampu berubah atau tidak. Hidup ditentukan oleh arah fokus seseorang, otak pun akan menjawab apa yang menjadi fokus tersebut. Fokuslah kepada apa yang diinginkan, bukan pada ketakutan ataupun kekhawatiran, inilah kunci dari para tokoh-tokoh dunia.

-Umi Hasanah-

Lansia 137

Budidaya ubi jalar

Penulis : J. Wargiono
Penerbit : Bhratara
Nomor Panggil : 633.492 WAR b
Ringkasan :

Ubi jalar merupakan tanaman yang memiliki kalori lebih tinggi dibandingkan dengan padi dan jagung. Selain itu, ubi jalar pun memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi serta kaya akan asam askorbit, thiamin, riboflavin, niasin, fosfor, besi, dan kalsium. Buku ini membahas mengenai botani, hubungan dengan iklim dan lingkungan, nilai gizi, teknik bercocok tanam, usaha tani, serta agrobisnis dan pengolahan ubi jalar.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 138

Bercocok tanam ubi kayu

Penulis : R. S. Sosrosoedirdjo, Bahri Samad
Penerbit : Yasaguna
Nomor Panggil : 633.492 SOS b
Ringkasan :

Ubi kayu merupakan tanaman pertanian yang mudah untuk dibudidayakan serta memiliki kandungan kalori yang cukup banyak. Umbi dari ubi kayu pun termasuk bahan makanan tambahan dan dapat diolah menjadi berbagai bahan untuk ekspor. Di pulau Jawa, tanaman ubi kayu menduduki tempat ketiga setelah padi dan jagung. Buku yang dirancang untuk para siswa Sekolah Menengah Pertanian ini mambahas mengenai bercocok tanam ubi kayu mulai dari syarat tumbuh sampai dengan analisis usaha.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 139

Teknik perbanyakan umbi bibit kentang secara cepat

Penulis : Sudjoko Sahat, Iteu M. Hidayat; penyunting, Ati Srie Duriat, Rofik Sinung Basuki
Penerbit : Balai Penelitian Tanaman Sayuran
Nomor Panggil : 633.491 3 SUD t
Ringkasan :

Kentang merupakan salah satu komoditi sayuran yang penting dan memiliki berbagai kegunaan, antara lain untuk sayur dan bahan industri makanan lain. Hasil dari produksi kentang yang maksimal selain bergantung pada pemeliharaan tanaman dan varietas, juga tergantung dari penyediaan bibit berkualitas pula. Teknik perbanyakan bibit kentang secara cepat yang dibahas dalam buku ini merupakan hasil dari penelitian International Potato Center serta penelitian dalam negeri lainnya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 140

Petunjuk teknis usaha tani kentang

Penulis : Anna Sinaga, Budiman, Susi Mindarti, Sukmaya, Djoko Sediono, Mai Rochjat Darmawiredja, Sudjoko Sahat, Ahmad Dimyati
Penerbit : Bagian Proyek Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat
Nomor Panggil : 633.491 3 PET
Ringkasan :

Kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan salah satu komoditas potensial untuk meningkatkan pendapatan petani di dataran tinggi dan medium. Jika dibandingkan dengan tanaman sayur lainnya, komoditas ini memiliki harga yang cukup stabil dengan daya simpan yang relatif lama. Buku ini berisi mengenai informasi agribisnis kentang mulai dari persiapan tanam sampai dengan analisis usaha tani.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 141

Hidroponik rumahan: modal di bawah 600 ribu

Penulis : Ardath Kristi; editor, L. Mayasari
Penerbit : Andi
Nomor Panggil : 631.585 ARD h
Ringkasan :

Hidroponik berasal dari Bahasa Yunani yaitu hydro (air) dan ponics (daya, tenaga, tenaga kerja). Jadi, menanam dengan sistem hidroponik berarti menanam dengan menggunakan media air atau tenaga kerja air. Hidroponik masih dianggap sebagai teknologi budidaya yang sulit dan membutuhkan modal besar. Akan tetapi, hidroponik ternyata dapat diaplikasikan dengan mudah dan murah, bahkan dapat dilakukan di rumah.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 142

Dari Riau merdeka sampai otonomi nol

Penulis : Muchid Albintani
Penerbit : Unri Press Pekanbaru
Nomor Panggil : 959.814 MUC d
Ringkasan :
Riau kaya akan sumber daya yang melimpah namun tidak bisa dinikmati masyarakatnya. Semuanya dikuras untuk kepentingan oknum penguasa sejak runtuhnya masa orde baru. Oleh sebab itu, muncullah gerakan Riau merdeka. Buku ini merupakan sekumpulan artikel mengenai gerakan Riau merdeka.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 143

Adat budaya Resam Melayu Langkat

Penulis : Zainal Arifin. AK
Penerbit : Mitra
Nomor Panggil : 959.812 19 ZAI a
Ringkasan :
Suku Melayu adalah salah satu suku yang ada di Sumatera Utara, yang kaya akan adat istiadat, tradisi dan budaya. Buku ini mengupas tentang adat tradisi Langkat, bagaimana kehidupan sosialnya, serta tradisi apa saja yang diikuti suku ini.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 144

Hasan Tiro : the unfinished story of Aceh

Penulis : editor , Husaini Nurdin
Penerbit : Bandar Publishing
Nomor Panggil : 959 811 HAS
Ringkasan :
Hasan Tiro, merupakan seseorang yang secara revolusioner mengancam Jakarta dengan kehendak merdeka di tahun 1976 di tengah-tengah kepemimpinan orde baru yang sangat militeristik. Meskipun hasilnya tidak serevolusioner gagasannya, setidaknya Aceh berkesempatan menjadi lebih baik dengan hadirnya Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA).

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 145

Bambang D.H. : mengubah Surabaya

Penulis : Ridho Saiful Ashadi
Penerbit : Indonesia Berdikari
Nomor Panggil : 923.259 8 RID b
Ringkasan :
Bambang D.H. adalah seorang politisi yang menjabat sebagai wakil walikota Surabaya pada tahun 2000-2002. Pada periode tersebut ia memiliki kehidupan politisnya yang sulit. Beliau mendapat tekanan dari partainya sendiri, dijauhi walikota, mendapat serangan dari DPRD, serta ditentang birokrasinya. Namun beliau tetap bertekad mengubah Surabaya menjadi kota yang bersih, dari segi lingkungan maupun dari mental yang korup.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 146

Matahariku Indonesiaku!

Penulis : Charles Adi Prasodjo
Penerbit : Ircisod
Nomor Panggil : 920 CHA m
Ringkasan :
Buku ini membahas mengenai tokoh-tokoh Indonesia yang fenomenal dan menggemparkan dunia. Diantaranya adalah: Anies Baswedan, Dahlan Iskan, Mahfud MD, Jokowi, Denny Indrayana, Abraham Samad, dan Sujiwo Tejo. Buku ini memaparkan apa saja gebrakan-gebrakan dahsyat dan inspiratif yang mereka lakukan, serta bagaimana riwayat hidup mereka dalam bahasa yang ringan, lugas, dan mudah dimengerti.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 147

Mengubah ide menjadi duit : peluang tanpa batas pada industri kreatif

Penulis : Deti Yektiningsih ; penyunting, Ratino
Penerbit : MedPress
Nomor Panggil : 338.04
Ringkasan :

Kreativitas adalah modal dasar yang melekat pada setiap manusia. Bisnis kreatif merupakan bisnis kesenangan, karena bisnis kreatif ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang berangkat dari hobi. Buku ini memberikan inspirasi sekaligus petunjuk praktis untuk memulai usaha kreatif yang akan terus berkembang tanpa batas, dengan disertai tips-tips mengubah ide menjadi sesuatu yang bisa dijual dan menghasilkan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 148

Titiek Puspa : a legendary diva

Penulis : Alberthiene Endah
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 92 (Titiek) ALB t
Ringkasan :

Titiek Puspa, adalah seorang diva Indonesia yang legendaris. Eksistensinya di dunia hiburan tidak bisa dibilang sebentar. Buku ini menjelaskan kisah hidupnya, naik-turun karirnya yang dibawakan secara menyentuh dan menginspirasi.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 149

Kecantikan perempuan timur

Penulis : Martha Tilaar
Penerbit : Indonesia Tera
Nomor Panggil : 92 (Tilaar) TIL k
Ringkasan :
Buku ini mengungkap pemikiran-pemikiran Martha Tilaar yang telah berkecimpung di dalam dunia perawatan diri dan kecantikan selama kurang lebih tiga puluh tahun. Perjalanan hidup, pandangan hidup, cita-cita, serta kreasinya dalam dunia kecantikan seluruhnya tertuang dalam buku ini.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 150

Peringatan! neraka itu nyata : keluar dari kemandulan rohani

Penulis : Lidya Dewi Yana ; editor, tim Betlehem
Penerbit : Betlehem Publisher
Nomor Panggil : 248.4
Ringkasan :

Mandul adalah ketidakmampuan menghasilkan keturunan karena berbagai faktor seperti fisiologis, sosial, dan psikologis. Ada 2 jenis kemandulan yaitu pertama mandul secara jasmani, kedua mandul secara rohani. Ada beberapa cara keluar dari kemandulan yaitu: pertama, percaya kepada Tuhan dengan sepenuh hati, kedua, hidup dalam tuntunan firman Tuhan, ketiga berfikir positif untuk setiap persoalan, keempat penguasaan diri.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 151

Tegak menjaga tuah, duduk memelihara marwah : mengenal sosok, pikiran dan pengabdian H. Tenas Effendy

Penulis : H. Tenas Effendy
Penerbit : Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu
Nomor Panggil : 92 (Tenas) TEN t
Ringkasan :
Buku ini diterbitkan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tenas Effendy yang merupakan seorang ahli budaya Melayu. Buku ini berisi tentang kisah singkat perjalanan hidupnya, kesan-kesan dari para sahabat, serta orang-orang yang mengenal dirinya secara dekat.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 152

Suharto : sebuah biografi politik

Penulis : Robert Edward Elsa Elson
Penerbit : Pustaka Minda Utama
Nomor Panggil : 92 (Soeharto) ELS s
Ringkasan :
Jenderal Soeharto telah membawa Indonesia kepada Indonesia yang modern seperti yang terlihat saat ini. Beliau menjadi presiden di tengah-tengah kekacauan sosial dan kekerasan masal yang terjadi pada masa itu. Buku ini menjelaskan seorang Soeharto yang memliki kekuatan serta pengaruh yang besar.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 153

Menjadi manusia bermakna : membangun sukses dan bermakna

Penulis : Wahyu E. Setiawan
Penerbit : Asia Sedar
Nomor Panggil : 128.5
Ringkasan :

Menjaga api semangat dalam diri kita adalah sulit, tetapi lebih sulit lagi untuk dapat memanfaatkan api semangat dalam diri kita agar selalu mendorong kita terus bangkit dan berjuang. Tanpa karakter yang kuat, seseorang cenderung lemah dalam mental, psikologis, motivasi diri dan daya juang untuk hidup. Ujian bagi karakter seseorang adalah bagaimana ia menghadapi keberhasilan ataupun penderitaan dalam hidup.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 154

Selamat berpulih : 33 renungan tentang pemulihan

Penulis : Andar Ismail ; editor, Laksmi Wowor
Penerbit : Gunung Mulia
Nomor Panggil : 242
Ringkasan :

Tubuh kita mudah rapuh dan jiwa kita mudah resah. Hubungan dengan orang lain mudah retak dan rusak. Semua itu perlu pemulihan. Tiap hari kita perlu dipulihkan. Memulihkan adalah menjadikan suatu keadaan kembali seperti semula. Trauma adalah luka terdalam yang bisa menggerogoti seluruh kita. Alkitab adalah buku yang bercerita tentang trauma sebuah umat. Tepatnya, sebuah cerita tentang Allah yang mau ikut merasakan trauma sebuah umat.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 155

Seligkuh tanpa sakit hati

Penulis : Dodi Ahmad Fauzi
Penerbit : EDSA Mahkota
Nomor Panggil : 306.872
Ringkasan :

Ada tujuh tanda bahaya pengancam rumah tangga yaitu pertama, masalah menumpuk, kedua kritik, ketiga menghina, keempat membanding-bandingkan, kelima diam membisu, keenam mencari pelarian, ketujuh dendam. Serta ada berbagai macam ketidakharmonisan dalam rumah tangga, diantaranya pertama, krisis moral dan akhlak, kedua perzinahan dan ketiga pernikahan tanpa cinta.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 156

Doa yang mendatangkan mujizat untuk karyawan

Penulis : Daud Tony ; editor, Yusuf
Penerbit : Bethlehem Publisher
Nomor Panggil : 242
Ringkasan :

Karyawan adalah aset yang paling berharga untuk perusahaan, karena berhasil atau tidaknya perusahaan ditentukan oleh karyawan. Saat ini, pergumulan yang banyak dihadapi adalah masalah ekonomi dan pekerjaan, di gereja seluruh Indonesia banyak jemaat minta didoakan baik melalui pokok doa atau dengan pendeta umumnya mengenai ekonomi dan pekerjaan. Buku ini memberikan inspirasi bagi anda dan menguatkan ketika mengalami banyak tekanan didalam pekerjaan sehari-hari.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 157

Stroberi

Penulis : Livy Winata Gunawan
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 634.75 LIV s
Ringkasan :

Stroberi termasuk tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Daya tariknya terletak pada warna buahnya yang merah mencolok, bentuknya yang unik, serta rasanya yang segar. Telah banyak petani di Indonesia yang memiliki usaha budidaya stroberi. Buku yang didasarkan pada pengalaman magang penulis di Belanda dan Amerika Serikat ini berisi mengenai materi terkait budidaya stroberi mencakup pengenalan tanaman sampai dengan perbanyakan bibit stroberi.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 158

Segi praktis bercocok tanam kopi

Penulis : Wahju Muljana
Penerbit : Aneka
Nomor Panggil : 633.73 WAH s
Ringkasan :

Kopi merupakan tanaman yang masuk ke dalam genus Coffea dari famili Rubiaceae dan banyak ditanam di Indonesia. Jenis kopi yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia adalah Arabika dan Robusta. Buku ini merupakan buku tuntunan bagi para petani kopi yang membahas mulai dari pengenalan tanaman kopi, penanaman, pemangkasan kopi, hama dan penyakit, pembiakan, sampai dengan pengolahan biji kopi.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 159

Bercocok tanam coklat

Penulis : Wahju Muljana
Penerbit : Aneka
Nomor Panggil : 633.74 WAH b
Ringkasan :

Tanaman coklat atau Theobroma Cacao merupakan tanaman dengan tinggi berkisar 4 sampai dengan 15 meter serta memiliki sifat pertumbuhan yang dimorphous, yang berarti memiliki dua bentuk cabang. Di Indonesia sudah banyak petani yang membudidayakan coklat karena memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Akan tetapi, untuk menghasilkan coklat yang berkualitas tinggi dibutuhkan ketelitian dari para petani coklat itu sendiri, mulai dari memenuhi syarat tumbuh coklat, penanaman coklat, penanganan hama, sampai dengan pengolahan coklat setelah panen.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 160

Petunjuk praktis bercocok tanam teh

Penulis : Wahju Muljana
Penerbit : Aneka
Nomor Panggil : 633.7 WAH p
Ringkasan :

Teh merupakan salah satu dari tiga minuman non-alkohol yang berasal dari daerah pegunungan Himalaya. Di Indonesia banyak sekali perkebunan teh yang terletak di dataran tinggi, dan memiliki kualitas tinggi pula. Buku yang ditulis berdasarkan pengalaman dari para petani teh ini, berisi mengenai informasi terkait cara bercocok tanam teh yang baik serta cara pengolahan daun teh yang telah dipanen untuk dapat dipasarkan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 161

Budi daya pisang ambon

Penulis : Roedyarto
Penerbit : Trubus Agrisarana
Nomor Panggil : 634.772 ROE b
Ringkasan :

Pisang ambon dikenal karena memiliki cita rasa yang enak. Akan tetapi, petani di Indonesia masih enggan untuk membudidayakannya secara intensif. Padahal, budidaya pisang ambon secara intensif akan banyak mendatangkan keuntungan. Buku ini membahas mengenai budidaya pisang ambon, mulai dari pengenalan varietas pisang ambon sampai dengan peluang pasar baik di dalam maupun luar negeri.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 162

Pisang: budidaya dan analisis usahatani

Penulis : Bambang Cahyono
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 634.772 BAM p
Ringkasan :

Pisang merupakan salah satu jenis tanaman buah yang disukai oleh masyarakat karena dapat dikonsumsi baik dalam bentuk buah segar maupun dalam berbagai macam olahan. Akan tetapi usaha pengembangan dan cara pembudidayaan tanaman pisang umumnya masih merupakan usaha sampingan dengan teknik sederhana. Buku ini memberikan informasi mengenai aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan usahatani pisang.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 163

Berkebun pisang secara intensif

Penulis : Redaksi Trubus
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 634.77 BER
Ringkasan :

Pisang merupakan salah satu komoditas yang populer di masyarakat. Perkebunan skala besar pun perlahan dirintis oleh para pengusaha yang tertarik menanamkan modalnya pada tanaman ini. Kemantapan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas suplai sangat menentukan kelangsungan usaha perkebunan pisang. Pengelolaan perkebunan pisang pun membutuhkan manajemen yang baik, meliputi perencanaan, pemilihan lokasi, penggunaan bibit unggul, sampai dengan pemasaran.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 164

Galeri sansevieria: dilengkapi cara memilih, merawat, dan memperbanyak

Penulis : Redaksi PS ; editor, Surip Prayugo
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.932 GAL
Ringkasan :

Daya Tarik sansevieria terletak pada helai daunnya yang berbentuk dasar pipih panjang dan bulat panjang dengan beragam variasi. Tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Agavaceae pun terbukti mampu menyerap polutan. Hasil penelitian NASA selama sepuluh tahun terakhir membuktikan bahwa sansevieria mampu menyerap 107 unsur penyebab polusi. Benzena, kloroform, xylem, formaldehida, dan trikloetilen merupakan jenis polutan yang mampu diserap dan diubah menjadi unsur yang ramah lingkungan oleh sansevieria.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 165

Hidroponik portabel

Penulis : Kunto Herwibowo, N. S. Budiana ; editor, Febriani Al Nurrohmah
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.915 85 KUN h
Ringkasan :

Hidroponik saat ini telah menjadi sistem bertanam yang disukai oleh masyarakat karena dirasakan cukup mudah dan murah. Selain itu, hidroponik pun cocok untuk bercocok tanam di perkotaan dan dapat dilakukan di rumah sebagai hobi. Buku ini menjelaskan mengenai sistem hidroponik, prinsip kerja, penyiapan bahan, perakitan instalasi dan aplikasi, serta tips pemeliharaan tanaman.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 166

Tanaman hias indoor populer

Penulis : Redaksi Trubus
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.9 TAN
Ringkasan :

Hadirnya tanaman hias di ruang-ruang perkantoran, hotel, restoran, atau perumahan kini tidak hanya sekedar untuk estetika semata. Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, tanaman hias indoor sudah menjadi salah satu kebutuhan. Namun, tidak semua jenis tanaman hias dapat dijadikan tanaman indoor. Hanya jenis-jenis tertentu saja yang dapat dipilih menjadi tanaman indoor. Dalam buku ini diperkenalkan jenis-jenis tanaman indoor serta cara perawatannya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 167

Happiness inside

Penulis : Gobind Vashdev
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 152.42 VAS h
Ringkasan :

Buku ini berisi mengenai bagaimana cara untuk mencari kebahagiaan. Dalam kehidupan bermasyarakat kita dituntut untuk bergaul dengan masyarakat, dimana akan sangat sulit bagi kita untuk selalu berfikir positif, dan sabar. Sifat negatif atau positif merupakan sifat bawaan lahir. Bisakah seseorang merubah sifat tersebut? Hal ini tergantung kepada pola pikir apakah dia mampu berubah atau tidak. Hidup ditentukan oleh arah fokus seseorang, otak pun akan menjawab apa yang menjadi fokus tersebut. Fokuslah kepada apa yang diinginkan, bukan pada ketakutan ataupun kekhawatiran, inilah kunci dari para tokoh-tokoh dunia.

-Umi Hasanah-

Lansia 168

Don’t give up = jangan menyerah : 7 rahasia meraih kemenangan

Penulis : Nistains Odop
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 153.8 NIS d
Ringkasan :

Hidup ini penuh tantangan, buku ini menceritakan tentang kisah inspirasi yang dilalui orang-orang yang memilki permasalahan-permasalahan yang tidak biasa. Buku ini mengajarkan tentang bagaimana bangkit dari keterpurukan. Bagaimana seseorang menghadapi proses perjalanan hidup dan memaknai dirinya untuk dapat memerdekakan diri. Orang-orang hebat ini tidak menjadikan kekurangan yang ada dalam dirinya sebagai alasan untuk menyerah dengan keadaan, justru keadaan dijadikan peluang oleh mereka. Kegagalan demi kegagalan membuat mereka jauh lebih kuat, kekuatan yang tertanam dalam jiwa membuat mereka bangkit. Mereka pun membangun jati diri dan membuat pondasi yang paling kuat bagi dirinya. Jangan menyerah berjuanglah dengan segenap komitmen, tiada jalan yang terlalu lurus, tidak ada kesedihan tanpa ujung. 

-Umi Hasanah-

Lansia 169

Doa menurut kesaksian perjanjian baru

Penulis : J.L. Ch. Abineno
Penerbit : BPK Gunung Mulia
Nomor Panggil : 242
Ringkasan :

Perjanjian baru memberikan kesaksian-kesaksian yang jelas tentang doa. Kesaksian-kesaksian tersebut bukan saja berkata-kata tentang apa itu doa, tetapi juga tentang bagaimana cara kita sebagai orang yang percaya harus berdoa dan kepada siapakah doa itu harus disampaikan. Buku ini berisi tentang apa yang dimaksud dengan doa, sesuai dengan kesaksian-kesaksian perjanjian baru.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 170

Sup cacing tanah : 33 kisah bijak dari korea yang menyentuh dan menginspirasi

Penulis : Master Zen Daehaeng ; alih bahasa, Rani R. Moediarta
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 398.209 519
Ringkasan :

Sup cacing tanah merupakan salah satu kisah yang tertuang dibuku ini, dimana sup cacing tanah merupakan obat bagi biksu yang sedang jatuh sakit. Buku ini berisi kumpulan inspirasi dan kearifan yang diceritakan melalui kisah-kisah yang berlatar belakang Buddha tentang para raja dan keluarganya, para penjahat, para cendekiawan, para rakyat jelata, dan para biksu di wilayah pegunungan Korea yang terpencil.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 171

Ketika nurani ikut berbisnis : 26 praktik etika bisnis kontemporer

Penulis : A.M. Lilik Agung
Penerbit : Elex Media Komputindo
Nomor Panggil : 174.4
Ringkasan :

Etika, moral dan spiritual memang baru-baru ini diteriakkan sedikit orang dalam kehidupan berbisnis. Ketiganya berhubungan erat dengan “organisasi suci” bernama agama, tak peduli apapun agama tersebut. Ketiga dogma tersebut memang baik adanya, namun ketiganya bermain dalam wilayah manusia. Sebagai akibatnya, yang baik tersebut sering tergagap-gagap untuk beroperasi di kehidupan sehari-hari. Buku ini menyoroti praktik-praktik bisnis etis yang sekarang marak terjadi, serta membidik praktik bisnis curang yang ternayata mulai ditinggalkan para pelanggannya.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 172

Sukses memulai bisnis tanaman hias

Penulis : Redaksi PS ; editor, NS. Budiana
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.9 SUK
Ringkasan :

Permintaan tanaman hias akhir-akhir ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tanaman jenis aglaonema, adenium, anthurium, sansevieria merupakan tanaman yang sering dicari. Oleh sebab itu, bisnis tanaman hias saat ini mengalami peningkatan dan banyak nurseri-nurseri baru yang bermunculan. Pebisnis tanaman hias perlu mempelajari tren yang ada, peluang sampai dengan perhitungan modal.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 173

Petunjuk budi daya jarak pagar

Penulis : Rama Prihandana, Roy Hendroko ; penyunting, Tetty Yulia
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635.9 RAM p
Ringkasan :

Pada tahun 2005, tanaman jarak pagar mendapatkan perhatian khusus di Indonesia dikarenakan dapat diolah menjadi bahan bakar pengganti minyak bumi dan atau penggant fosil. Selain dapat diolah menjadi bahan bakar pengganti minyak, jarak pagar pun memiliki berbagai macam kegunaan lainnya. Buku ini berisi mengenai pengelolaan bahan tanam, pembibitan, dan pemeliharaan tanaman jarak pagar serta pengenalan teknologi pembuatan biofuel dan aspek ekonominya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 174

Panduan praktis: kiat bungakan Cattleya

Penulis : Redaksi Trubus
Penerbit : Majalah Trubus
Nomor Panggil : 635.9 KIA
Ringkasan :

Cattleya merupakan anggrek hasil temuan William Cattley yang merupakan ahli hortikultura Inggris. Anggrek Cattleya hidup nyaman di bawah naungan kanopi hutan dan kabut. Oleh karena itu para hobiis umumnya membudidayakan Cattleya di dataran menengah ke atas. Perawatan dan pembungaan Cattleya sendiri “susah susah gampang”, akan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan cara memanipulasi lingkungan agar sesuai dengan kebutuhan hidup bunga Cattleya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 175

Tanaman hias daun

Penulis : Heru Prihmantoro
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.9 HER t
Ringkasan :

Tanaman hias merupakan tanaman yang banyak diminati, hal ini terbukti dengan banyaknya tanaman hias yang menghiasi halaman rumah, perkantoran, bahkan tepi jalan. Jenis tanaman hias pun semakin bertambah dengan adanya hasil persilangan atau masuknya jenis tanaman liar kedalam golongan tanaman hias. Buku ini membahas mengenai tanaman hias daun dari mulai pengenalan jenis tanaman, sampai dengan peremajaan tanaman hias daun.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 176

Memanfaatkan halaman rumah

Penulis : Hartanto
Penerbit : Eresco
Nomor Panggil : 635.9 HAR m
Ringkasan :

Buku ini membahas mengenai pemanfaatan halaman rumah untuk berbagai macam kegunaan. Selain dapat disulap menjadi taman yang indah, halaman rumah pun dapat menjadi kebun yang bermanfaat pula. Selain untuk estetika atau keindahan, halaman rumah pun dapat bermanfaat sebagai lahan tanaman sayuran dan buah-buahan yang tentunya dapat berguna bagi pemiliknya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 177

Raden Saleh : awal seni lukis modern Indonesia

Penulis : Werner Kraus
Penerbit : Goethe Institut
Nomor Panggil : 92 (Saleh) KRA r
Ringkasan :

Buku ini merupakan persembahan dari Goethe-Institut Indonesia bersama dengan kedutaan Besar Jerman. Buku seni ini berisi tentang kehidupan dan karya seni dari seniman besar Indonesia, Raden Saleh. Buku ini memunculkan karya dan kehidupan beliau yang berbeda serta unik, dibandingkan dengan buku-buku tentang Raden Saleh yang ada sebelumnya.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 178

Prabowo Subianto : tegas memihak rakyat

Penulis : J.B. Soedarmanta
Penerbit : Literatur Media Sukses
Nomor Panggil : 92 (Prabowo) SOE p
Ringkasan :

Buku ini membahas mengenai apa dan siapa Prabowo Subianto, yakni seorang figur yang tegas memihak rakyat. Buku ini pun mengandung pesan hidup dan perjuangan seorang Prabowo Subianto. Bagaimana cita-cita dan perjuangannya, nilai-nilai yang dipegang teguh, dan banyak hal lainnya.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 179

Mien R. Uno : menjadi wanita Indonesia

Penulis : Herry Gendut Janarto
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 92 (Mien) HER m
Ringkasan :

Mien R. Uno, yang identik dengan Sekolah Pengembangan Pribadi John Robert Powers ini selalu menggenggam kesadaran akan pentingnya 3 B bagi seorang wanita, Yaitu Behavior (Perilaku), Brain (otak), dan Beauty (kecantikan)

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 180

Megawati dalam catatan wartawan : menangis dan tertawa bersama rakyat

Penulis : editor, Kristin Samah
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama,
Nomor Panggil : 92 (Megawati) MEG
Ringkasan :

Buku ini merupakan kumpulan catatan 22 wartawan yang menemani Megawati sejak di panggung politik hingga menjadi seorang presiden wanita pertama di Indonesia.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 181

Tujuh perusak pribadi manusia

Penulis : Hardjana, AM
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 155.2 HAR t
Ringkasan :

Setiap manusia memiliki kemampuan untuk berbuat baik dan berbuat jahat dan merupakan sebuah kebiasaan. Perusak pribadi manusia ini merupakan dorongan-dorongan jahat yang disebut cacat rohani. Beberapa cacat rohani yang disebutkan dalam buku ini adalah: nafsu liar, gelojoh, rakus, iri hati, marah, sombong dan lesu. Buku ini juga membahas mengenai hakikat perbuatan jahat agar menjadi bahan perenungan, sehingga membantu penjernihan  pengertian tentang cacat-cacat rohani dan bertujuan agar mampu membebaskan diri dari cacat rohani. Cacat rohani merupakan kekuatan batin yang kuat dan jahat serta tidak bisa disembuhkan oleh diri manusia sendiri. Cacat rohani dapat ditaklukkan dengan bantuan rahmat Tuhan, tetapi Tuhan juga tidak akan membantu tanpa tanpa usaha yang nyata.

-Umi Hasanah-

Lansia 182

Kangkung hidroponik

Penulis : Zekky Bachri ; editor, B. Prasetya W.
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.347 ZEK k
Ringkasan :

Kangkung, sayuran yang dianggap sebagai sayuran kelas ‘bawah’ kini ‘naik kelas’ seiring pemanfaatan hidroponik untuk menanam sayuran yang banyak tumbuh di rawa-rawa ini. Melalui hidroponik pun harga jual kangkung di tingkat petani dapat terdongkrak. Buku ini membahas mengenai budidaya kangkung dengan teknik hidroponik talang bertingkat beserta peluang bisnis kangkung hidroponik beserta sayuran potensial lainnya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 183

Budidaya dan cara olah talas untuk makanan dan obat

Penulis : Hilmi Nurcahya ; editor, Flo
Penerbit : Pustaka Baru Press
Nomor Panggil : 635.2 HIL b
Ringkasan :

Awalnya talas (Colocasia giganteum Hook.) dipandang sebelah mata. Tanaman ini kini menjadi bahan pangan alternatif dan dapat dikonsumsi dalam berbagai olahan. Selain itu, talas pun dikenal memiliki berbagao khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit tertentu. Selain membahas mengenai khasiat talas, buku ini juga menjelaskan mengenai cara budidaya talas agar mendapatkan hasil panen yang maksimal.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 184

Ragam desain pagar tanaman

Penulis : Bayu Ismaya, Desi Saraswati
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.976 BAY r
Ringkasan :

Dalam pembuatan sebuah taman bahkan rumah sekalipun, salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam perencanaannya adalah kehadiran sebuah pagar. Dari sekian banyak elemen pembentuk pagar, pagar tanaman merupakan salah satu elemen yang menarik karena dari mulai cara pembuatan, pemilihan elemen pembentuk, hingga perawatannya cukup unik dan membutuhkan pengetahuan yang luas.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 185

Panduan praktis perawatan aglaonema

Penulis : Kurniawan Junaedhie ; penyunting, Lukito AM
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635. 977 13 KUR p
Ringkasan :

Aglaonema bukanlah tanaman hias baru di Indonesia. Aglaonema jenis Sri Rezeki adalah salah satu jenis aglaonema yang paling dikenal di Indonesia karena tanaman ini dianggap bias mendatangkan rezeki berlimpah bagi sang pemilik. Perawatan aglaoneman pun relatif mudah karena dapat tumbuh pada berbagai kondisi cuaca dan suhu. Buku ini membahas mengenai cara merawat aglaonema dari mulai mengenal sifat-sifat aglaonema sampai dengan cara perbanyakan aglaonema.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 186

Pesona anthurium daun

Penulis : Kurniawan Junaedhie ; penyunting, Lukito AM
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635. 977 KUR p
Ringkasan :

Anthurium bukanlah nama yang asing bagi pecinta tanaman hias di Indonesia. Ada dua jenis anthurium yang selama ini dikenal, yakni anthurium bunga dan anthurium daun. Buku ini membahas mengenai anthurium daun yang terkenal di Indonesia mulai dari anthurium kuping gajah sampai dengan anturium neo superbum atau kobra disertai dengan cara merawat tanaman anthurium daun tersebut.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 187

Jutaan peluang meraup uang : pilih sendiri mesin uang anda

Penulis : Handoko Tanuwijaya; editor, Lara Roselina
Penerbit : Berlian Media
Nomor Panggil : 338.04
Ringkasan :

Nyaris tidak ada orang yang kemudian menjadi kaya tanpa modal di awal usahanya, demikian juga berbisnis online. Seperangkat komputer dan sambungan internet adalah modal awal untuk dapat menjalankan bisnis online. Jutaan situs di internet merupakan lahan berbisnis online. Ada beberapa keuntungan memilih berbisnis lewat internet, diantaranya adalah: pertama, inovasi bertransaksi, kedua, cara baru memperoleh uang, ketiga, tidak harus orang pandai, keempat, cukup modal jari.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 188

Mengubah ajal memperpanjang umur

Penulis : H. Saifuddin Aman ; editor, Tim Al-Mawardi
Penerbit : Al- Mawardi Prima
Nomor Panggil : 297.36
Ringkasan :

Qadar adalah hak Allah atas makhluk-Nya. Menurut ulama ada 2 macam takdir, yaitu: pertama, takdir Mubram yaitu ketentuan yang tidak akan di ubah Allah, kedua, takdir Mu’allaq yaitu ketentuan Allah yang pasti berlaku dan terjadi bagi makhluk-Nya bergantung pada sebab atau tindakan. Ajal merupakan misteri bagi manusia, menurut ulama ajal terbagi menjadi 2 macam, yaitu: pertama, ajal Musamma (waktu yang ditetapkan). Kedua, ajal Ghairu Musamma (waktu yang tidak ditetapkan).

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 189

Siapa bilang buka usaha itu susah : aspek teknik bisnis

Penulis : Eka Dharma Pranoto ; editor, C. Widya Hermawan
Penerbit : Andi
Nomor Panggil : 338.04
Ringkasan :

Menjadi pengusaha berarti mempekerjakan diri sendiri, sehingga tak perlu khawatir terbatasnya lapangan pekerjaan dan ancaman PHK dari perusahaan. Menjadi pengusaha juga menawarkan kesempatan menjadi kaya dan sukses dengan lebih cepat. Memilih lokasi usaha yang strategis merupakan hal penting yang perlu mendapat perhatian serius, ada beberapa pertimbangan dalam memilih lokasi usaha diantaranya adalah: pertama, dekat dengan target pasar, kedua, daya beli masyarakat kuat, ketiga terdapat market ekuitas di sekelilingnya.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 190

Legenda tempat wisata nusantara

Penulis : editor, G.S. Purwanto
Penerbit : Gramedia Widiasarana Indonesia
Nomor Panggil : 398.209 598
Ringkasan :

Indonesia memiliki banyak tempat wisata, sebagian tempat wisata yang ada di tanah air kita telah dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisawatan domestik maupun mancanegara. Tempat wisata yang dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan antara lain: Candi Prambanan, Malioboro, Gunung Tangkuban Perahu dan masih banyak lagi. Buku ini menyajikan 28 legenda tempat wisata nusantara hingga asal usul kisah terjadinya.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 191

Choose to be happy : pedoman membentuk sikap rasional dan realistis

Penulis : Wayne Froggatt ; pengalih Bahasa, Frans Kowa ; penyunting, Indriati Wulandari
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Nomor Panggil : 158.1
Ringkasan :

Stress terjadi ketika pandangan kita akan sebuah peristiwa menganggu keseimbangan dan menimbulkan tekanan agar kita melakukan penyesuaian diri. Ada beberapa kategori dalam mengatur waktu diantaranya adalah: pertama, penting dan mendesak, kedua, penting tetapi tidak mendesak, ketiga, mendesak tetapi tidak penting, dan keempat tidak mendesak dan tidak penting.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 192

Agar jualan anda laris manis...! : bagaimana cara menjadikan anda jago dalam menjual produk-produk atau dagangan anda

Penulis : Dwi Sunar Prasetyono ; editor, Fathurrahman
Penerbit : Garailmu
Nomor Panggil : 338.04
Ringkasan :

Apabila kaum usahawan menderita kelumpuhan karena cemas dan depresi, maka itulah saat yang tepat memberi kesempatan untuk maju kepada orang yang berani. Jika seorang pengusaha mempunyai kepekaan yang sangat tinggi, ia akan segera melihat perbaikan-perbaikan yang dapat dilakukan. Ada beberapa asas manajemen menurut tuan Lasiman, diantaranya adalah: pertama, mengoptimalkan semua barang-barang dan modal yang tertanam, kedua, memberikan tanggung jawab pekerjaan rutin kepada pegawainya, ketiga, rencana-rencana penjualan dan bentuk-bentuk promosi diselesaikan satu tahun penuh di muka, dan sebagiannya.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 193

Meledek pesona metropolitan

Penulis : Mohammad Hadid
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 307.760 113 84 MOH m
Ringkasan :

Benny dan Mice membayangkan bahwa Indonesia itu sangat kecil. Karya-karya Benny dan Mice berisi tentang kartun dan komik, ilustrasi-ilustrasi tersebut menggambarkan bagaimana Benny dan Mice membayangkan sebuah komunitas kecil yang mewakili sebuah negara, yakni Indonesia. Benny dan Mice menggambarkan berbagai tema tentang Indonesia ini dengan gaya penggambaran yang aneh dan nyleneh. 

-Umi Hasanah-

Lansia 194

Chiken soup for the mother’s soul

Penulis : Jack Canfield
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 306.874 3 CAN c
Ringkasan :

Buku ini berisikan tentang 73 kisah-kisah nyata yang inspiratif dan membuka hati, serta menggugah semangat para ibu. Kisah-kisah dalam buku ini yang mengingatkan tentang ketulusan seorang ibu dan kasih sayang terhadap anaknya. Bagi seorang anak, ibu adalah wanita yang terhebat di dunia. Buku ini juga berisi bahan pembelajaran tentang bagaimana menjadi ibu yang penuh kasih kepada anak dan keluarga, serta bagaimana menjadi seorang ibu yang baik dan hebat bagi anak-anaknya.

-Umi Hasanah-

Lansia 195

The secret

Penulis : Rhonda Byrne
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 153.8 BYR s
Ringkasan :

Rahasia besar kehidupan adalah hukum tarik menarik. Buku ini berisi tentang motivasi serta berfikir positif dimana setiap orang harus mengontrol pikiran mereka masing-masing. Terkadang seseoang tidak menyadari pikiran mereka sendiri, terkadang akal dan pikiran lepas kendali dan tidak terkontrol, serta pikiran-pikiran buruk masa lalu terbawa pada masa depan. Bagaimana cara untuk menghilangkan pikiran-pikiran masa lalu yang buruk? Bagaimana cara untuk mengembalikan pikiran pada saat ini? Bagaimana cara mengembalikan kesadaran bahwa kita hidup dimasa sekarang? Terkadang seseorang tidak berfikir baik tentang dirinya dan tidak mencintai dirinya sendiri. Karena sikap tersebut, perlahan seseorang akan dijauhi oleh orang lain. Salah satu kunci agar hal tersebut tidak terjadi adalah dengan mencintai diri sendiri dan focus terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

-Umi Hasanah-

Lansia 196

Pesona tanaman hias air

Penulis : Surip Prayugo
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.934 72 SUR p;
Ringkasan :

Elemen air kerap kali menghiasi taman di halaman rumah. Air memberikan fungsi tersendiri yang tidak terwakilkan oleh elemen lain pada sebuah taman. Kehadiran air yang biasanya berupa kolam akan bertambah cantik bila dihiasi dengan aneka rupa tanaman hias air. Buku ini membahas mengenai langkah-langkag penanaman tanaman hias air di kolam, paso, dan pot disertai dengan langkah perawatan dan perbanyakan tanaman.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 197

Peluang bisnis anggrek

Penulis : Yos Sutiyoso
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.934 4 YOS p
Ringkasan :

Potensi budidaya anggrek di Indonesia sangat besar akan tetapi perkembangannya masih tersendat. Dalam industri budidaya anggrek banyak fase perkembangan anggrek yang dapat dijadikan peluang usaha dari mulai anak semai anggrek dalam botolan, tanaman remaja, sampai tanaman anggrek yang sudah berbunga dan layak jual. Dengan kata lain, pada seluruh fase perkembangannya, tanaman anggrek dapat menghasilkan uang.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 198

Permasalahan anggrek dan solusinya

Penulis : Dyah Widiastoety Darmono
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.934 4 DYA p
Ringkasan :

Menanam dan merawat anggrek merupakan suatu rangkaian budidaya. Suatu kebanggaan bagi hobiis bila tanaman yang dirawatnya sejak bibit dapat berbunga. Akan tetapi banyak kendala yang dihadapi hobiis tanaman anggrek selama kegiatan pemeliharaan. Mulai dari mendapatkan bibit, memilih tanaman anggrek, perawatan, pembungaan, hingga masalah hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman anggrek.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 199

Petunjuk perawatan anggrek

Penulis : Hadi Iswanto ; penyunting, Tanudi
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635.934 4 HAD p
Ringkasan :

Anggrek merupakan salah satu kekayaan hayati yang dimiliki oleh Indonesia dan memiliki pamor tak kalah dari tanaman hias lainnya. Untaian bunga anggrek yang tersusun indah dengan bentuk dan corak bunga yang beragam membuat hobiis tanaman hias tidak pernah bosan untuk memelihara bunga ini. Buku ini membahas mengenai perawatan anggrek, mulai dari perawatan bibit, perawatan media tanam, sampai dengan perawatan tanaman dewasa.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 200

Anggrek hibrida: ragam dan perawatannya

Penulis : Frankie Handoyo
Penerbit : Majalah Flona
Nomor Panggil : 635.934 4 FRA a
Ringkasan :

Hingga saat ini terdapat lebih dari 100.000 jenis anggrek silangan atau hibrida. Masing-masing jenis memerlukan perawatan dan kondisi lingkungan yang berbeda, karena kunci utama pemeliharaan anggrek adalah mengenali masing-masing jenis. Setiap jenis anggrek membutuhkan cahaya, air, dan suhu yang berbeda serta media tanam yang berbeda pula. Untuk menghasilkan anggrek hibrida, dapat dilakukan penyilangan antarspesies yang sama atau spesies berbeda dalam sebuah genus.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 201

Masalah bukan masalah

Penulis : John Alston
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 153.8 ALS m
Ringkasan :

Buku ini berisi mengenai 9 peraturan hidup yang dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih positif dalam menghadapi setiap masalah. Sebuah kisah tentang bagaimana seseorang bersikap ketika kehilangan pekerjaan, menghadapi sebuah perceraian, ketika gagal dalam kehidupan. Buku ini juga membahas mengenai bagaimana cara seseorang mengendalikan hal buruk serta mengendalikan pikirannya, bagaimana seseorang bertahan dan menghargai kehidupannya.

-Umi Hasanah-

Lansia 202

The power of smile

Penulis : S. Rahman
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 155.2 RAH p
Ringkasan :

Buku ini berisi tentang deskripsi dari arti sebuah senyum, serta nasehat yang ditulis dengan bahasa yang sangat ringan dan mudah dimengerti, sehingga tidak bersifat menggurui. Buku ini pun berisi cerita mengenai bagaimana seharusnya kita bersikap serta bagaimana mencari teman yang membuat kita nyaman dan merubah kita menjadi lebih baik. Seseorang yang berwajah biasa akan terlihat menarik sehingga banyak disukai oleh orang lain karena senyumnya. Akan tetapi akan sangat berbeda dengan seseorang yang tidak pernah tersenyum, walaupun ia berwajah cantik ataupun tampan, maka akan terlihat membosankan. Perbanyak senyum jika menginginkan banyak teman dan sahabat, karena senyum itu membuat seseorang menjadi nyaman.

-Umi Hasanah-

Lansia 203

Langkah-langkah menuju puncak

Penulis : Zig Ziglar
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 158.1 ZIG l
Ringkasan :

Buku ini berisi tentang bagaimana langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai kesuksesan. Terkadang kita merasa rendah dengan apa yang kita miliki, banyak hal yang membuat kita membandingkan diri kita dengan orang lain. Tidak seharusnya kita membandingkan diri kita dengan orang lain, seharusnya kita berfikir tentang diri kita dan apa yang kita miliki. Kita tidaklah lebih rendah dari orang lain dan tidak lebih tinggi pula, karena Tuhan menciptakan manusia itu unik. Seharusnya kita membandingkan pencapaian prestasi dan kemampuan. 

-Umi Hasanah-

Lansia 204

Kultur jaringan anggrek skala rumah tangga

Penulis : Edhi Sandra ; penyunting, Tetty
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635.934 4 EDH k
Ringkasan :

Buku ini memberikan pengetahuan mengenai teknik perbanyakan tanaman secara kultur jaringan yang telah cukup lama berkembang tetapi belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain itu masyarakat pun masih memiliki persepsi negatif terhadap teknik ini. Selain dapat dilakukan di laboratorium, kultur jaringan anggrek dapat dilakukan secara sederhana di rumah dengan memanfaatkan ruanganrumah secara efektif dan efisien.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 205

Bertanam kaktus

Penulis : Rismunandar
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.933 47 RIS b
Ringkasan :

Kata “kaktus” berasal dari Bahasa Yunani “Kaktos” yakni nama dari suatu jenis tanaman berduri. Tanaman yang masuk ke dalam famili Cactaceae memiliki beragam bentuk dan memiliki golongan yang berbeda. Buku ini membahas mengenai kaktus mulai dari pengenalan kaktus, penanaman kaktus, pembiakan tanaman kaktus, pemeliharaan kaktus, mendayagunakan kaktus, sampai dengan penangangan hama dan penyakit kaktus.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 206

Panduan budi daya perawatan anggrek

Penulis : Ayub S. Parnata ; penyunting, Mulyono, Tetty Yullia
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635.934 15 AYU p
Ringkasan :

Anggrek merupakan tanaman yang tidak mengenal musim dan disukai oleh masyarakat luas. Para ilmuwan dan hobiis anggrek pun melakukan penyilangan dari berbagai spesies atau berbagai jenis anggrek agar menghasilkan varian anggrek baru dengan bunga yang lebih indah dan menarik. Budidaya serta perawatan anggrek sendiri merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketekunan, ketelatenan, kesabaran, dan keberanian agar menghasilkan anggrek yang indah dan berkualitas tinggi.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 207

Menghasilkan anggrek silangan

Penulis : Dyah Widiastoety Darmono
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.934 4 DYA m
Ringkasan :

Dewasa ini, bunga anggrek semakin menarik dan beragam, baik bentuk, warna, maupun coraknya. Sebagian besar dari anggrek tersebut merupakan hasil silangan yang dilakukan untuk memenuhi selera konsumen dan untuk mendapatkan varietas-varietas anggrek baru. Ada beberapa cara untuk menghasilkan anggrek silangan, salah satunya adalah dengan sistem kultur jaringan. Buku ini membahas mengenai teknik dalam meyilang anggrek disertai dengan cara serta permasalahan yang dihadapi pada saat menyilang anggrek.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 208

Mawar

Penulis : Sumartono
Penerbit : Bumirestu
Nomor Panggil : 635.933 37 SUM m
Ringkasan :

Mawar merupakan bunga yang digemari karena beberapa hal, yakni: keindahan bentuknya, aromanya yang sedap, dan variasi warna yang beraneka ragam. Untuk memperoleh bunga yang indah, diperlukan ketekunan dan ketelitian dalam perawatan mawar. Perawatan tersebut bukan hanya dilakukan pada saat mawar berbunga, akan tetapi dimulai pada saat pemilihan tempat dan tanah penanaman mawar. Perawatan pun mencakup pemangkasan serta pemupukan dan pencegahan dari hama dan penyakit.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 209

Seribu satu KD

Penulis : Alberthiene Endah
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 92 (Krisdayanti) ALB s
Ringkasan :
Buku ini tidak hanya membahas tentang seorang diva Indonesia, dan hingar-bingar kehidupan seorang artis idola. Buku ini menggambarkan seorang wanita, sekaligus istri, ibu, dan seorang anak. Ditulis untuk para penggemar setia Krisdayanti, buku ini menguak banyak hal mengenai karier dan kehidupan sang diva Indonesia.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 210

Catatan hati Krisdayanti : my life, my secret

Penulis : Alberthiene Endah
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 92 (Krisdayanti) ALB c
Ringkasan :
Kisah hidup diva yang akrab disebut KD ini sangatlah inspiratif dan menyentuh hati. Buku ini berisi bukan hanya kisah perjalanan suksesnya, namun juga perjalanannya dalam menjadi dirinya sendiri. Buku ini berisi tentang kejujuran, bahkan sisi gelap yang diungkapkannya secara blak-blakan yang belum pernah dimuat di media manapun.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 211

Jokowi : pemimpin rakyat berjiwa rocker

Penulis : Yon Thayrun
Penerbit : Noura Books
Nomor Panggil : 92 (Joko) YON j
Ringkasan :
Jokowi si tukang kayu yang tumbuh dalam kondisi keluarga serba pas-pasan, dan yang rumahnya pernah digusur Pemerintah Kota Surakarta. Namun sekarang, ia menjadi presiden yang dicintai rakyatnya. Jokowi dikenal sebagai sosok penggila berat Judas Priest dan Lamb of God yang menjadikannya menjadi seseorang berjiwa rocker yang bebas, disiplin, tekun, sederhana, serta rendah hati.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 212

Gelap-terang hidup Kartini

Penulis : editor, Leila S. Chudori
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Nomor Panggil : 92 (Kartini) GEL
Ringkasan :
Kartini yang menyuarakan perubahan membawa perjuangan perempuan pada fase yang baru. Dimana fase tersebut tidak sekadar menuntut pengakuan, tapi juga mengklaim keberadaannya dalam kehidupan bangsa. Kisah Kartini dalam buku ini mengangkat, mengupas, serta mengisahkan sisi lain kehidupannya.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 213

The Jokowi secrets

Penulis : Agus Santoso
Penerbit : Gradien Mediatama
Nomor Panggil : 92 (Joko) AGU j
Ringkasan :
Buku ini bukan sekadar biografi ataupun kliping aktivitas Jokowi. Namun buku ini adalah sebuah analisa kepemimpinan dan manajemen Jokowi berdasarkan perjalanan hidup serta rekam jejak. Jokowi berbeda dari presiden Indonesia lainnya dimana beliau tidak memiliki latar belakang kebangsawanan. Buku ini menjelaskan bagaimana beliau meluruskan masalah yang tidak sederhana dengan cara yang sederhana.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 214

Kajian tentang perjuangan Inggit Garnasih (1888-1984)

Penulis : Nina Herlina Lubis
Penerbit : Masyarakat Sejarawan Indonesia
Nomor Panggil : 92 (Inggit) LUB k
Ringkasan :
Kisah perjuangan Inggit Garnasih sebagai Istri Ir. Soekarno tertuang dalam buku ini. Beliau telah berjuang mendukung suaminya hingga ke gerbang kemerdekaan Indonesia. Dalam buku ini, dijelaskan bagaimana kehidupan beliau dari masa kecil hingga menikah, bahkan bagaimana beliau menghabiskan masa tua yang tenang hingga akhir hayat.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 215

Indayati Oetomo : perempuan cemara, air dan gunung : (sebuah novel biografi : kilas balik catatan penting di balik kursi kepemimpinan "John Robert Powers" Surabaya)

Penulis : Usron Aminulloh, et. al.
Penerbit : Pustaka Adiba
Nomor Panggil : 92 (Indayati) YUS i
Ringkasan :
Indayati Oetomo adalah Direktur Internasional John Robert Powers, sebuah sekolah kepribadian di Surabaya, yang kini memiliki enam cabang. Buku ini mengisahkan pengalaman-pengalaman beliau yang ditulis dengan indah dalam bentuk novel-biografi.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 216

Prof. Hembing : pemenang the Star of Asia Award pertama di Asia ketiga di dunia

Penulis : Siti Nafsiah
Penerbit : Prestasi Insan Indonesia
Nomor Panggil : 92 (Hembing) SIT p
Ringkasan :
Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma adalah seorang pakar pengobatan tradisional dan akupuntur. Buku ini berisi mengenai perjalanan hidup beliau, disertai dengan pelajaran-pelajaran dalam akupuntur dan pengobatan tradisional.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 217

Srihana-Srihani: biografi Hartini Sukarno

Penulis : Arifin Suryo Nugroho
Penerbit : Ombak
Nomor Panggil : 92 (Hartini) ARI S
Ringkasan :

Pernikahan Sukarno dan Siti Suhartini (Hartini) membuka fase baru yang lebih mantap dalam kehidupan pribadi maupun politik Sukarno. Hartini di masa itu mampu menjadi daya psikohistoris, serta menyediakan sumber kekuatan baru bagi Sukarno. Sebagai istri, ia berusaha keras melayani Sukarno sebaik-baiknya sekaligus menjadi teman pembantu politik. Dalam kapasitasnya sebagai seorang istri, Hartini menjadi saksi dalam detik-detik yang menentukan kehidupan politik Sukarno, mulai dari demokrasi terpimpin, G30S, Supersemar, kejatuhannya, menjadi tahanan rumah, sampai dengan kematiannya.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 218

The next one : biografi Dahlan Iskan

Penulis : / Budi Rahman Hakim, M
Penerbit : Arsy Publishing
Nomor Panggil : 92 (Dahlan) BUD n
Ringkasan :
Buku ini adalah buku biografi Dahlan Iskan yang membahas mengenai jejak kehidupan beliau. Masa lalu menempa hidupnya dan kemiskinan mengajarkannya untuk bertahan dan menerobos keterbatasan. Dahlan Iskan tumbuh menjadi pribadi yang kuat, kokoh, serta tegar. Hingga saat ini pun, ia masih tetapi seorang pendobrak.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 219

Warren Buffett speaks : nasihat, pengetahuan, dan pengalaman dari investor terbesar di dunia

Penulis : Janet Lowe
Penerbit : MIC Publishing
Nomor Panggil : 92 (Buffet) LOW w
Ringkasan :
Warren Buffett yang pernah ditolak di kampus Harvard dan dipandang sebelah mata, membuktikan dirinya dengan menjadi orang terkaya di Amerika. Warren Buffett merupakan seorang tokoh legendaris di dunia investasi, sekaligus satu-satunya investor saham yang pernah masuk dalam jajaran miliarder dunia. Buku ini dipenuhi dengan pelajaran kehidupan dan investasi yang takkan dapat ditemukan di dalam buku lain.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 220

Ahok untuk Indonesia

Penulis : editor, Nurulloh
Penerbit : Elex Media Komputindo
Nomor Panggil : 92 (Basuki) AHO
Ringkasan :

Kumpulan tulisan pendek dari warga Jakarta ini menggambarkan bagaimana seorang Ahok, sebagai kaum minoritas dalam memimpin Jakarta. Dengan gayangya yang ceplas-ceplos, beliau memastikan kebijakan yang telah diambil terlaksana demi rakyat Jakarta. Buku ini berisi mengenai pandangan jujur rakyat kepada pemimpinnya.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 221

Hidup tanpa beban : kiat-kiat ampuh mengatasi kesedihan, kegelisahan, dan stress

Penulis : Abdul Aziz Abdullah ; penerjemah, M. Said, Roni Mahmuddin ; editor, Usman Sya'roni
Penerbit : Hikmah
Nomor Panggil : 297
Ringkasan :

Di zaman modern ini, roda kehidupan melaju dengan cepat sehingga ada sebagian orang yang tidak dapat memenuhi tuntutan dan kebutuhan hidup. Akibatnya, mereka tidak sanggup mengurusi masalah pribadinya, studinya, pekerjaannya, dan keluarganya. Allah SWT memberikan potensi yang sangat besar kepada manusia untuk menghilangkan beban hidup atau paling tidak meminimalisirkannya. Namun kebanyakan manusia tidak mampu memanfaatkan potensi tersebut. Buku ini membahas mengenai petunjuk praktis dalam mengatasi berbagai kesulitan hidup, yang bertitik tolak pada agama, selain dari sisi psikologis dan medis.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 222

70 tahun Prof. Dr. H. Bagir Manan, SH., M.CL. : ketekunan, keteguhan, kesabaran memajukan hukum dan demokrasi

Penulis : Hikmat Kusumaningrat
Penerbit : Remaja Rosdakarya
Nomor Panggil : 92 (Bagir Manan) HIK t
Ringkasan :

Prof. DR. Bagir Manan, SH, MCL adalah seorang tokoh pers Indonesia sekaligus tokoh di dunia politik Indonesia. Beliau merupakan ketua Dewan Pers Indonesia yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung periode 2001-2008.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 223

Huru hara akhir zaman : penjelasan terakhir untuk umat Islam

Penulis : Amin Muhammad Jamaluddin ; penerjemah: Abu Adam ; editor: Bambang Sukirno
Penerbit : Aqwam
Nomor Panggil : 297.353
Ringkasan :

Buku ini membahas mengenai fenomena-fenomena yang akrab dengan keseharian kita sebagai pertanda akhir zaman. Seperti, invasi Irak ke Kuwait, perang Teluk, embargo terhadap Irak dan sebagiannya. Sifat-sifat perang Armagedon diantaranya pertama, ia adalah perang koalisi internasional, kedua, lokasi utama perang ini adalah di lembah Mageddon, Palestina. Ia adalah perang nuklir yang destruktif, yang keempat ia merupakan pengantar menuju terjadinya malhamah kubra. 

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 224

Hajjah Ani Idrus : tokoh wartawati Indonesia

Penulis : Tridah Bangun
Penerbit : Haji Masagung
Nomor Panggil : 92 (Ani) BAN h
Ringkasan :

Ani Idrus merupakan seorang wartawati Indonesia yang mendirikan harian Waspada, majalah dunia wanita. Beliau mendapatkan banyak penghargaan di dunia pers. Salah satunya adalah Satya Penegak Pers Pancasila. Beliau adalah salah seorang tokoh pers di Indonesia.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 225

Pekerdja di Djawa tempo doeloe

Penulis : Olivier Johannes Raap
Penerbit : Galang Pustaka
Nomor Panggil : 959.82 RAA p
Ringkasan :
Ilustrasi dalam buku ini menggambarkan dengan jelas dan artistik kehidupan masyarakat Jawa tempo dulu. Buku ini dilengkapi dengan media kartu pos berilustrasi koleksi pribadi dari sang penulis, Oliver Johannes Raap. Sang penulis pun membahas setiap koleksi kartu posnya secara rinci, dengan bahasa yang santun, bahkan menggelitik.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 226

Jihad lipstik : memoar pencarian diri orang Iran di Amerika dan orang Amerika di Iran

Penulis : editor, Yusi Avianto Pareanom
Penerbit : Banana
Nomor Panggil : 900 MOA j
Ringkasan :
Azadeh Moaveni adalah seorang keturunan Persia yang lahir dan besar di California. Setelah kuliah di University of California dan American University di Kairo, ia bekerja sebagai reporter kawasan Timur Tengah di majalah Time, lalu bergabung dengan koran Los Angeles Times untuk meliput perang di Irak. Setelah itu ia pun pindah ke Iran, di Iran ia menemukan fakta bahwa negara tersebut tidak seperti dengan apa yang ia bayangkan.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 227

Panduan menjadi Katolik : panduan bagi yang ingin diterima dalam gereja Katolik

Penulis : L. Prasetya
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 282
Ringkasan :

Ada lima perintah gereja dalam ajaran kehidupan beriman Katolik, diantaranya adalah: pertama, rayakanlah hari raya yang disamakan dengan hari Minggu, kedua, berpuasalah dan berpatanglah pada hari yang di tentukan, ketiga, mengaku dosalah sekurang-kurangnya sekali setahun, keempat sambutlah tubuh Tuhan pada masa Paskah. Kelima, ikutilah perayaan Ekaristi pada hari Minggu dan hari raya yang di wajibkan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 228

The Greenwood encyclopedia of world popular culture : Latin America

Penulis : editor, Gary Hoppenstand
Penerbit : Greenwood Press
Nomor Panggil : 306.03 GRE
Ringkasan :
Daerah Amerika Latin disebut demikian karena dua bahasa utamanya, yakni Spanyol dan Portugis, yang merupakan dasar dari bahasa latin. Setiap negara di Amerika Latin terdiri dari beragam etnis, suku, budaya, dan tradisi. Dalam buku ini, dijelaskan mengenai sejarah Amerika Latin, bahasa latin, serta kebudayaan populer lainnya.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 229

The Greenwood encyclopedia of world popular culture : North Africa and The Middle East

Penulis : editor, Gary Hoppenstand
Penerbit : Greenwood Press
Nomor Panggil : 306.03 GRE
Ringkasan :

Negara-negara Timur Tengah seringkali disebut sebagai “persimpangan dunia.”  Sebutan tersebut muncul dikarenakan negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara memiliki budaya, agama, serta adat yang beragam. Buku ini membahas mengenai Afrika Utara dan Timur Tengah dari berbagai sudut pandang.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 230

The Greenwood encyclopedia of world popular culture : Sub-Saharan Africa

Penulis : editor, Gary Hoppenstand
Penerbit : Greenwood Press
Nomor Panggil : 306.03 GRE
Ringkasan :

Budaya populer di Afrika sangat kaya sekaligus rumit. Kita cenderung memiliki bayangan bahwa Afrika merupakan negeri yang eksotis dan primitif, memiliki savana yang membentang dan berisi hewan-hewan luas, suku-sukunya dengan pola pikir yang terisolasi dan buta akan dunia luar, serta perdagangan manusia. Buku ini membahas lebih jauh mengenai Afrika tidak hanya dari sisi primitifnya saja, akan tetapi buku ini pun menjelaskan mengenai para penulis wanita, tren pakaian, hingga perkembangan radio dan televisi di Afrika.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 231

The Greenwood encyclopedia of world popular culture : Europe

Penulis : editor, Gary Hoppenstand
Penerbit : Greenwood Press
Nomor Panggil : 306.03 GRE
Ringkasan :
Keadaan lingkungan serta budaya yang berbeda membuat budaya populer memiliki cakupan yang luas. Mulai dari gaya arsitektur bernilai sejarah yang tersebar di seluruh Eropa, hingga transportasi dan wisata di seluruh bagian Eropa. Buku ini membahas mengenai berbagai macam budaya populer yang ada di Eropa.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 232

The Greenwood encyclopedia of world popular culture : North America

Penulis : editor, Gary Hoppenstand
Penerbit : Greenwood Press
Nomor Panggil : 306.03 GRE
Ringkasan :
Budaya populer sangat mudah untuk dikenali, namun cenderung sulit untuk didefinisikan dan dipelajari. Buku ini merupakan kumpulan essai yang membahas mengenai mozaik dari budaya populer Amerika Utara. Mulai dari budaya seni, pernikahan dan seks, hingga arsitektur.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 233

The greenwood encyclopedia of world popular culture : Asia and Pacific Oceania

Penulis : Gary Hoppenstand
Penerbit : Greenwood Press
Nomor Panggil : 306.03 GRE
Ringkasan :
Daerah Asia dan Oceania yang luas yang terdiri dari kepulauan-kepulauan kecil dan banyak negara menjadikan daerah kaya akan warisan budaya. Mulai dari Asia Timur yang menjadi negara ekonomi, hingga pemandangan alam Selandia Baru yang sangat cantik. Essay-essay yang tertuang dalam buku ini membahas mengenai budaya-budaya populer di daerah Asia dan Oseania dari berbagai sisi.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 234

Rahasia kematian alam akhirat dan kiamat

Penulis : Imam Al-Qurthubi ; penerjemah, Abdur Rosyad Shiddig ; penyunting, Abu Ziyad Eko Hariyanti...[et al.]
Penerbit : Akbar Media Eka Sarana
Nomor Panggil : 297.351
Ringkasan :

Kematian adalah sesuatu yang sangat ditakuti oleh kebanyakan makhluk hidup. Akan tetapi, kematian dan kehidupan setelahnya, yakni akhirat, masih merupakan rahasia bagi umat manusia. Sering mengingat kematian bisa membersihkan dosa-dosa dan dapat membuat seorang manusia bersikap zuhud terhadap dunia. Buku ini berisikan mengenai masalah kiamat, hadits dan riwayat tentang seluk beluk kiamat. Mulai dari tanda-tanda sampai kepada kemunculan peristiwa yang menakjubkan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 235

The Essence of Kabbalah

Penulis : Brian L. Lancaster
Penerbit : Arcturus Publishing Limited
Nomor Panggil : 296.712 LAN e
Ringkasan :
The Essence of Kabbalah menjelaskan mengenai mistisime Torah dan buku kitab suci Ibrani lainnya. Selain itu, buku ini pun menyajikan rangkuman dari tren sejarah yang membentuk Kabbalah seperti yang kita ketahui sekarang.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 236

Pewahyuan dari Tuhan tentang doa

Penulis : Mary K. Baxter, T.L. Lowery ; penerjemah, Asigor Sitanggang ; editor, Marlina Nadeak
Penerbit : Light Publishing
Nomor Panggil : 248.32
Ringkasan :

Allah merindukan kita datang kepada Dia untuk mendapatkan Ilahi, seringkali kita sibuk mencari tahu apakah Allah akan menjawab doa-doa kita sehingga kita tanpa disadari menjadi penghalang bagi berbagi jawaban. Doa memiliki kemampuan untuk menunjukkan kepada kita kelemahan kita dan kekuatan Allah. Doa membuat anda tetap berpijak kuat, ketika angin keraguan mulai berhembus ke atas iman anda.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 237

Beyond The Green Myth

Penulis : editor, Jeffrey Hadler
Penerbit : Nias Press
Nomor Panggil : 305.906 918 BEY
Ringkasan :
Buku ini berisi sejumlah penelitian baru mengenai Kalimantan. Penelitian ini berfokus kepada masalah modernisasi, serta bagaimana suku-suku nomaden bertahan pada zaman ini.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 238

Menangkap peluang usaha

Penulis : Harmaizar Z
Penerbit : Dian Anugerah Prakasa
Nomor Panggil : 338.04
Ringkasan :

Dalam rencana pembangunan atau pengembangan usaha, langkah pertama yang dianalisa adalah kesempatan untuk memasarkan produk yang akan diperdagangakan dengan melihat tingkat daya serap pasar. Analisa pasar bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai produk yang akan di perdagangkan. Ada beberapa kegiatan dalam analisa peluang pasar yaitu analisa produk, analisa permintaan, analisa  penawaran (pesaing), dan analisa peluang.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 239

Muslims and matriarchs: cultural resilience in Minangkabau through jihad and colonialism

Penulis : Jeffrey Hadler
Penerbit : Nus Press Singapore
Nomor Panggil : 305.899 224 4 HAD m
Ringkasan :
Suku Minangkabau merupakan masyarakat muslim di Sumatera Barat yang terkenal akan keyakinan muslimnya dan menganut sistem matrilineal. Akan tetapi perdebatan sengit terjadi antara penganut muslim reformis dan pelestari kebudayaan Minangkabau di tanah Minang. Buku ini menggali lebih dalam mengenai masyarakat, budaya, adat, serta sejarah Minangkabau.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 240

Politics, culture and self

Penulis : self / editor, Geir Helgesen. – Copenhagen
Penerbit : Nias Press
Nomor Panggil : 306.095 POL;
Ringkasan :
Buku ini membahas mengenai perbedaan antara Asia Timur dan Eropa Utara, sekaligus menjelaskan mengenai persamaan-persamaan yang terdapat di dua daerah tersebut. Pembahasan tersebut ditinjau dari berbagai sisi, mulai dari politik, sosial, budaya, hingga agama.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 241

Membuat adenium tampil indah menawan

Penulis : Marhadi Suwanto, Agus Andoko ; penyunting, Mulyono
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635. 933 93 MAR m
Ringkasan :

Adenium atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kamboja Jepang merupakan salah satu tanaman hias yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Dengan bunga yang beraneka warna dari mulai warna putih, merah, gradasi, hingga ungu dengan berbagai tingkat kepekatan. Adenium dengan beraneka ragam warna tersebut merupakan hasil pemuliaan yang dilakukan oleh para ahli tanaman. Buku ini membahas mengenai perawatan adenium agar tanaman hias tersebut dapat selalu tampil cantik dan menarik.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 242

Adenium unik dan cantik dengan teknik penyambungan

Penulis : Sardijanto Djoemairi
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 635.933 93 SAR a
Ringkasan :

Adenium atau kamboja Jepang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak dicari karena memiliki banyak keunggulan. Bagi para penggemar adenium, grafting atau teknik penyambungan merupakan hal yang tidak asing. Teknik penyambungan adalah hal mendasar sehingga menjadi keharusan bagi penggemar adenium untuk menguasainya. Dengan menguasai teknik tersebut, diharapkan budi daya, perawatan, dan pemeliharaannya dapat dilakukan secara optimal.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 243

Petunjuk lengkap budi daya karet

Penulis : Didit Heru Setiawan, Agus Andoko ; penyunting, Mulyono
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635.933 45 DID p
Ringkasan :

Indonesia merupakan negara dengan perkebunan karet terluas di dunia sehingga menjadi salah satu negara pemasok utama karet dunia. Kebutuhan dunia terhadap karet terus meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan berkembangnya industri yang menggunakan bahan baku karet di negara-negara maju. Buku ini membahas mengenai teknik budi daya dan pengolahan setelah panen agar menghasilkan produk yang berkualitas.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 244

Agar adenium tampil memikat

Penulis : Redaksi AgroMedia ; penyunting, Purwadaksi Rahmat
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635.933 93 AGA
Ringkasan :

Pamor adenium tidak pernah redup dan tetap digemari oleh para pecintanya. Untuk membuat adenium tampil lebih indah dan menarik membutuhkan ketekunan dan ketelatenan yang besar. Seringkali sang pemilik adenium tidak mengetahui bahwa tanaman yang dimilikinya sedang terserang hama atau penyakit serta kurang memahami kebutuhan yang dibutuhkan oleh tanaman. Oleh karena itu para hobiis memerlukan panduan dan solusi dalam merawat adenium.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 245

Merawat dan membungakan anggrek phalaenopsis

Penulis : Hadi Iswanto ; penyunting, Lukito AM., Astuti
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635.934 15 HAD m
Ringkasan :

Anggrek memiliki keanekaragaman dan sifat yang berbeda dengan tumbuhan lain. Perbedaan tersebut terlihat dari bentuk, ukuran, warna bunga, serta cara pertumbuhannya. Salah satu spesies anggrek Phalaenopsis yang paling populer adalah Phalaenopsis amabilis atau anggrek bulan. Kepopuleran anggrek bulan pun menjadi inspirasi bagi para seniman di Indonesia dari mulai motif gagang keris sampai dengan judul lagu.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 246

Masalah bukanlah masalah

Penulis : John Alston
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 153.8 ALS m
Ringkasan :

Buku ini berisi mengenai 9 peraturan hidup yang dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih positif dalam menghadapi setiap masalah. Sebuah kisah tentang bagaimana seseorang bersikap ketika kehilangan pekerjaan, menghadapi sebuah perceraian, ketika gagal dalam kehidupan. Buku ini juga membahas mengenai bagaimana cara seseorang mengendalikan hal buruk serta mengendalikan pikirannya, bagaimana seseorang bertahan dan menghargai kehidupannya.

-Umi Hasanah-

Lansia 247

Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual ESQ

Penulis : Ari Ginanjar A
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 153.9 ARI r
Ringkasan :

Buku ini membahas mengenai kecerdasan emosi dan spiritual ESQ. Kecerdasan emosi (EQ) berupa kemampuan adaptasi, ketahanan mental, kepercayaan diri, empati, inisiatif optimisme, kerjasama tim, dan kemampuan berkomunikasi. Sedangkan IQ berupa nilai raport dan kecerdasan dalam sebuah pendidikan. Akan tetapi kecerdasan dalam hal pendidikan terkadang tidak membuat seseorang benar-benar sukses. Kecerdasan IQ mampu membuat seseorang masuk dalam sebuah bidang atau sebuah pekerjaan, akan tetapi IQ tidaklah mampu menjadikan sesorang menjadi bintang. SQ (Spiritual Quotient) berhubungan dengan Tuhan, kecerdasan untuk menghadapi persoalaan makna atau value, serta kecerdasan untuk menilai jalan seseorang sehingga lebih bermakna. Sedangkan ESQ adalah penggabungan dari IQ dan EQ, dalam hal ini rukun iman dan rukun islam yang merupakan sebuah metode pembangunan emotional intelligent yang didasari oleh hubungan manusia dengan Tuhannya. Sebenarnya Al-Qur’an merupakan pedoman puncak dalam kehidupan manusia. Karena didalamnya berisi tentang banyak hal yang mampu memberikan kekuatan dalam menghadapi persoalan hidup dan motivasi yang kuat tentang kepercayaan diri. Al-Qur’an juga merupakan pembimbing kebahagiaan, dan pemberi motivasi yang kuat serta prinsip yang teguh. 

-Umi Hasanah-

Lansia 248

50 ibadah terdahsyat di sisi Allah

Penulis : M. Masrur Huda
Penerbit : QultumMedia
Nomor Panggil : 297.41
Ringkasan :

Allah menciptakan manusia agar mereka beribadah kepada-Nya. Diantara sekian banyak ibadah yang di perintahkan oleh Allah, ada sejumlah ibadah yang memiliki nilai lebih di sisi-Nya. Buku ini mengajak pembaca untuk merenungkan kembali makna ibadah sehari-hari yang terkadang kita anggap remeh, namun sebenarnya sangat bernilai. Bak menyingkirkan duri di tengah jalan, lima puluh ibadah tersebut akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan kita.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 249

Makna simbol dalam upacara perkawinan : masyarakat adat Limakoto Kabupaten Kampar Riau

Penulis : Elfiandri
Penerbit : Yayasan Pusaka Riau
Nomor Panggil : 392.598 141 1
Ringkasan :

Ada empat tingkatan dalam adat Limatoko yaitu pertama adat yang sabonounyo adat, kedua, adat nan diadatkan, ketiga, adat istiadat, keempat, adat nan taradatkan. Buku ini berisi penelitian yang dilakukan oleh Elifiandri tentang makna simbol dalam upacara perkawinan dalam adat Limakoto. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 250

Oase kehidupan : merujuk kisah-kisah hikmah sebagai teladan

Penulis : Abu Dzikra, Sodik Hasanuddin ; editor, Wida Waridah
Penerbit : Marja
Nomor Panggil : 297.51
Ringkasan :

Pemimpin sering dijadikan contoh teladan oleh rakyat dan para pejabat yang ada dibawahnya. Jika pemimpinnya jujur, adil dan amanah, maka imbasnya akan terasa kepada rakyat dan para pejabat dibawahnya. Sebaliknya, jika pemimpinnya tidak jujur, tidak memiliki integritas, dan hanya mementingkan diri sendiri serta kelompoknya, maka jangan salahkan kalau orang yang dibawahnya melakukan hal serupa. Buku ini berisi contoh-contoh kisah bagaimana para pemimpin pada masa awal keemasan Islam melindungi dan mengayomi serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi rakyat yang dipimpinnya.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 251

Puring

Penulis : Abdul Kadir ; editor, Dwi Prabantini
Penerbit : Andi
Nomor Panggil : 635.933 69 ABD p
Ringkasan :

Tanaman puring atau yang lebih dikenal dengan nama Croton di luar negeri telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Pada awalnya puring digunakan sebagai penghias taman kota atau pekarangan di pedesaan. Akan tetapi saat ini puring telah menjadi jenis tanaman koleksi. Pesona warna yang dimiliki oleh tanaman puring serta kelangkaan puring dengan jenis tertentu membuat para hobiis tidak segan untuk menyandingkan puring dengan tanaman hias eksklusif lainnya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 252

Memupuk tanaman hias

Penulis : N. S. Budiana
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.932 BUD m
Ringkasan :

Pupuk merupakan unsur yang sangat penting untuk kelangsungan hidup tanaman hias selain media tanam, air, dan faktor lingkungan. Bagi tanaman, pupuk seperti halnya makanan ada manusia dan digunakan untuk hidup, tumbuh, dan berkembang. Akan tetapi saat ini berbagai merk pupuk dijual di pasaran dan terkadang membingungkan masyarakat awam. Buku ini membahas mengenai pentingnya pupuk bagi tanaman hias serta pengaturan penggunaan pupuk yang tepat bagi tanaman.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 253

Membuahkan anggur di dalam pot dan pekarangan

Penulis : Bernard T. Wahyu Wiryanta ; penyunting, Tetty Yulia
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 634.88 BER m
Ringkasan :

Bagi sebagian warga yang tinggal di kota besar, memiliki rumah dengan pekarangan luas yang ditumbuhi buah-buahan merupakan impian besar. Hal tersebut berbanding terbalik dengan keadaan yang terjadi. Akan tetapi, masalah tersebut dapat terpecahkan dengan membuat tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan sistem tabulampot adalah anggur. Selain buah yang dapat dimakan, tanaman anggur pun berfungsi sebagai tanaman perindang sekaligus hiasan rumah.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 254

Bertanam anggur di pekarangan

Penulis : Emi Budiyati, Leni H. Apriyanti ; editor, Syarifa Rizki Annisa
Penerbit : AgriFlo
Nomor Panggil : 634.8 EMI b
Ringkasan :

Anggur merupakan salah satu buah yang terkenal sebagai buah yang “berkelas” di dunia. Baik buah yang dikonsumsi maupun produk olahannya terkenal mahal. Di negara-negara sub-tropis, produk olahan anggur yang lebih dikenal sebagai wine mempu menembus harga Rp. 5,7 milyar perbotol. Selain untuk bahan makanan dan olahan makanan lainnya, anggur pun dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena karakternya yang tumbuh merambat dan mudah dibentuk.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 255

Membuat kebun tanaman obat

Penulis : Adi Permadi ; penyunting, Novika
Penerbit : Pustaka Bunda
Nomor Panggil : 633.88 ADI m
Ringkasan :

Di dunia ini terdapat berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai dengan penyakit berat dan penyakit-penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan tanaman obat. Tidak hanya sekelompok orang yang mengikuti gerakan tersebut, akan tetapi Badan Kesahatan Dunia (WHO) pun mempelopori gerakan hidup selaras dengan alam. Manfaat tanaman obat di Indonesia sendiri sudah lama diketahui dan dipraktekkan oleh nenek moyang, akan tetapi pengetahuan tersebut cenderung diabaikan. Tanaman obat pun dapat ditanam di pekarangan rumah dan juga berfungsi sebagai sumber oksigen, taman, menstabilkan suhu rumah, dan sumber bahan makanan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 256

Armageddon peperangan akhir zaman : menurut Al-Quran, hadist, taurat dan injil

Penulis : Wisnu Sasongko; penyunting, Haris Kurniawan
Penerbit : Gema Insani Press
Nomor Panggil : 297. 353
Ringkasan :

Armagedon adalah peristiwa besar di akhir zaman, yaitu perang dunia terbesar yang dimulai dari magiddo, dan dikenal sebagai Al-malhamah Al-kubro yaitu suatu huru-hara besar yang belum ada tandingannya. Peperangan ini mempunyai rentang waktu yang lama. Sehingga menyeret negara dalam dua poros yaitu poros kaum kafir yang dipimpin oleh Dajjal dan kaum muslim yang dipimpin oleh Al-Mahdi. Ada beberapa tanda dekatnya armagedon diantaranya yaitu: kembali/mengumpulnya Bani Israel ke tanah Palestina, munculnya gerakan intifadah dan munculnya Imam Mahdi untuk menghentikan kedurhakaan Israel.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 257

Rahasia membangun hidup sejahtera dan bermartabat : the great book of secrets

Penulis : Kaswan
Penerbit : Alfabeta
Nomor Panggil : 361
Ringkasan :

Ada lima faktor yang menentukan hidup sejahtera dalam pengertian yang sebenarnya, yaitu: pertama, kesejahteraan finansial, kedua, kesejahteraan sehat, ketiga, kesejahteraan hubungan bahagia, keempat kesejahteraan mental, kelima spiritual. Terdapat lima unsur dalam menyusun sebuah karakter yaitu pertama, integritas, kedua disiplin diri, ketiga, nilai-nilai inti, keempat kematangan dan kelima, mentalitas berkelimpahan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 258

90 rahasia investasi pribadi : rekayasa menjadi lebih kaya

Penulis : Elvyn G. Masassya ; editor, Eko B. Supriyanto
Penerbit : Elex Media Komputindo
Nomor Panggil : 332.6
Ringkasan :

Investasi sebagai gaya hidup merupakan jawaban atas banyak pertanyaan tentang masa depan untuk tetap berkualitas dalam hidup. Investasi yang menguntungkan memerlukan keahlian dan strategi agar investasi tidak berubah menjadi sebuah cerita duka. Buku ini mengupas banyak hal mengenai filosofi kekayaan dan bagaimana sebuah investasi dapat melindungi kekayaan dan bahkan berkembang hingga hayat di kandung badan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 259

Pribadi berpengaruh

Penulis : Yusuf Luxori ; penerjemah, Nandang Burhanudin ; editor, H. Abduh Zulfidar Akaha
Penerbit : Khalifa
Nomor Panggil : 158.1
Ringkasan :

Manusia adalah makhluk sosial yang dapat mempengaruhi dan di pengaruhi oleh orang lain, baik yang bersifat positif ataupun negatif. Seni mempengaruhi secara positif terhadap orang lain, akan membimbing kita pada teori-teori sukses paling sederhana dalam hubungan manusia. Ada beberapa faktor dalam perilaku dan tindakan seseorang dalam mempengaruhi orang lain yaitu jiwa yang tenang, prestasi dan cinta.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 260

Legenda sang pembawa cahaya : fabel transformasi diri dan global

Penulis : Joe Rubino ; alih bahasa, Halimatu Sya'diah ; penyunting, Deesis Edith Mesiani
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Nomor Panggil : 398.2
Ringkasan :

Legenda Sang Pembawa Cahaya mengisahkan tekad, keberanian, dan komitmen, dengan latar belakang dunia baru yang penuh keajaiban, yaitu bumi tengah. Kisah dimulai di sebuah dunia yang sengsara oleh bencana global. Matilda melakukan pencarian untuk menyingkirkan kekelaman yang menyelimuti dunianya. Dalam perjalanannya, ia menyelidiki asal muasal kebencian dan kepasrahan diri, kunci transformasi diri, kekuatan amarah, dan cara mengatasi amarah itu serta menggantinya dengan cinta.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 261

Bertemu Allah dengan senyum : bimbingan praktis meraih keselamatan dunia dan akhirat

Penulis : Majdi Al-Hilali ; penerjemah, Ahmad Yaman Syamsudin ; editor, Muhammad Aryo
Penerbit : Insan Kamil
Nomor Panggil : 297.351
Ringkasan :

Sebagai seorang muslim, hendaklah kita meluangkan waktu sejenak untuk merenungi kehidupan yang kita jalani, karena roda kehidupan akan terus berputar, dan kita pasti akan meninggalkan waktu dimana saat ini kita berada di dalamnya, sebagaimana para pendahulu kita. Pada saat hisab (perhitungan) dimulai, semua makhluk tenggelam dalam pikirannya masing-masing. Ketika masing-masing manusia harus berdiri di hadapan Allah Ta’ala, dimulai hisab (perhitungan) individu terhadap tugas yang telah Allah bebankan kepada manusia saat hidup di dunia.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 262

Panduan lengkap agribisnis tanaman buah semusim

Penulis : Achmad Socheb ; penyunting, Eista Swaesti
Penerbit : Lembaga Kajian Profesi
Nomor Panggil : 635 ACH p
Ringkasan :

Tanaman semusim merupakan jenis tanaman yang memiliki siklus hidup singkat. Tanaman buah tersebut hanya akan tumbuh, berkembang, dan berbuah dalam beberapa bulan saja. Dengan kata lain, tanaman semusim hanya dapat dipanen sekali sebelum kemudian tanaman tersebut mati dan diganti dengan tanaman yang baru. Budidaya tanaman semusim tersebut memiliki kerumitan tersendiri melebihi budidaya tanaman yang dapat dipanen sepanjang tahun.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 263

Prospek bisnis buah tin

Penulis : Desi Sayyidati Rahimah, Eny Pujiastuti ; penyunting, Rosy Nur Apriyanti, Sardi Duryatmo
Penerbit : Trubus Swadaya
Nomor Panggil : 634.37 DES p
Ringkasan :

Buah tin diabadikan dalam berbagai kitab suci dan menjadi buah yang melegenda. Saat ini tanaman tin dapat ditanam di halaman rumah dan dapat dipanen dalam waktu 4-8 bulan setelah waktu tanam tanpa perangsangan. Produksi buah pun dapat semakin prima bila dibudidayakan secara intensif di greenhouse dimana sekali panen dapat menghasilkan 15-20 kg buah tin perhari. Bisnis tin pun memiliki prospek cerah dimana permintaan terhadap buah maupun bibit tin semakin menanjak dan datang dari dalam maupun luar negeri. Dari perniagaan bibit saja, pekebun dapat meraup omzet hingga Rp. 20 juta perbulannya.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 264

Tumbuhan untuk pengobatan: 87 jenis penyakit dengan penanganan herbal

Penulis : Tim Kehati
Penerbit : Grasindo
Nomor Panggil : 633.88 TUM
Ringkasan :

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia ternyata membawa berkah pada peningkatan kesadaran akan pentingnya peranan tumbuhan dalam sistem pengobatan. Madura merupakan salah satu pulau kecil yang dikenal memiliki sistem pengobatan tradisional. Buku ini berisi mengenai informasi hasil penelitian partisipatif yang berhasil menggali resep-resep tradisional serta menginventarisasi jenis-jenis tumbuhan berpotensi obat dan diteruskan dengan penelitian di laboratorium untuk ujicoba senyawa aktif tumbuhan obat dan ramuan yang ditemukan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 265

Gempur penyakit dengan minyak herbal Papua

Penulis : Heinrich Melcher, M. Ahkam Subroto ; penyunting, Astuti
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 633.88 MEL g
Ringkasan :

Banyak orang menyebutnya sebagai “minyak ajaib” karena dapat mengobati beragam penyakit, baik penyakit luar maupun penyakit dalam. Minyak ini disebut minyak Papua karena seluruh bahan penyusun minyak berasal dari Papua. Buku ini membahas mengenai seputar komposisi ramuan minyak herbal Papua, uraian tanaman obat penyusun, cara pembuatan, ulasan berbagai macam penyakit yang dapat disembuhkan, cara pemakaian, serta kesaksian dari masyarakat yang pernah menggunakannya

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 266

Sayur dan bumbu dapur berkhasiat obat

Penulis : Fauziah Muhlisah, Sapta Hening S
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 633.88 FAU s
Ringkasan :

Beragam jenis tanaman obat tumbuh subur di Indonesia dan sejak dahulu kala tanaman tersebut diramu menjadi aneka jenis obat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Tanaman obat tersebut meliputi aneka sayur dan bumbu dapur yang selalu tersaji di dalam hidangan-hidangan untuk keluarga. Keberadaan sayur dan bumbu dapur di setiap dapur rumah menjadikan dapur sebagai apotik yang bermanfaat bagi kesehatan keluarga.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 267

Cara cerdas memulai bisnis sendiri = starting a business : advice from the trenches

Penulis : Kevin Potts, Steven Strauss ; penerjemah, Gafna R. Wahyudi ; penyunting, Russel K. Wahyudi
Penerbit : Dalphin Books
Nomor Panggil : 338.04
Ringkasan :

Hal pertama yang harus ditandaskan sebelum memulai suatu usaha atau kerja adalah kepercayaan diri. Ada tujuh rahasia menjadi entrepreneur sejati, yaitu: pertama bersedia mengambil resiko, kedua memimpikan impian besar, ketiga, hargailah pelanggan lebih tinggi dari apapun, keempat peliharalah anak buah, kelima mampu bertahan, keenam percaya diri, ketujuh memiliki gairah.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 268

Die hard antrepreneur : born a leader, made a champion

Penulis : Nicholas Kurniawan
Penerbit : Elex Media Komputindo
Nomor Panggil : 338.04
Ringkasan :

Rezeki bagai oksigen di udara, semua orang bebas mengambil sebanyak-banyaknya dan tetap cukup untuk semua. Jadi tidak perlu khwatir rezeki kita akan berkurang ketika berbagi. Berbagi membuat bahagia, bahagia membuat kita sehat dan sehat membuat kita bekerja lebih produktif. Buku ini berisi pengalaman Nicholas Kurniawan yang bisa meraih kesuksesan di usia muda dengan menjalani berbagai bisnis mulai dari export ikan hias, property dan event organizer.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 269

Kami berani melawan kanker : 10 kisah nyata para pemberani yang berhasil melawan kanker dan menikmati hidupnya kembali

Penulis : Priska Siagian
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Nomor Panggil : 155.916
Ringkasan :

Kanker merupakan penyakit yang unik dan kompleks. Penyakit yang sering dikaitkan dengan kematian ini memang jagoan memorakpondakan emosi dan pertahanan diri penderitanya. Buku ini berisi 10 kisah nyata penderita kanker yang berbagi pengalamannya yang mengubah gelapnya energi kanker menjadi warna-warni pelangi yang penuh keindahan harapan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 270

Menyambut kematian

Penulis : Candra Malik ; penyunting, Khairi Rumantati
Penerbit : Noura Books
Nomor Panggil : 297.351
Ringkasan :

Dunia ini adalah dermaga, tempat persinggahan sementara bagi kapal yang hendak berlayar menuju tempat kebahagiaan yang abadi. Tasawuf adalah cabang ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihkan akhlak, membangun pondasi lahir dan batin untuk menggapai kebahagiaan yang hakiki. Bagaimana pun jalan menggapai akhirat, tidak bisa meniadakan keberadaan dunia, tempat kita menanam kebaikan, dan di akhirat kelak kita akan memetik hasilnya.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 271

Kemarahan = anger

Penulis : Joy Cowley
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 155.412 411 384 COW k
Ringkasan :

Ada kalanya aku ingin marah dan melemparkan segalanya, bahkan ingin melukai orang. Kemarahanku ini sangat kuat sampai aku merasa takut. Kemarahan terkadang tidak terkendali, dan Papa menyarankan cara untuk mengatasi kemarahan, yakni dengan pergi dan menyendiri. Jika kemarahan telah reda, aku harus mendatangi orang yang membuatku marah, lalu dengan tenang akan aku beritahu orang itu bagaimana perasaanku tentang apa yang telah ia perbuat. Akan kutanyakan padanya apakah ingin membicarakannya? Buku ini adalah buku serial bagi anak yang berisi tentang kemarahan dan bagaimana mengatasi kemarahan tersebut.

-Umi Hasanah-

Lansia 272

Man jadda wa jadda

Penulis : Akbar Zainudin
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 153.8 AKB m
Ringkasan :

Buku ini berisi rangkaian kata yang memberikan energi dan kekuatan dalam mengahadapi setiap permasalahan hidup. Selalu berfikir positif, menjalani hidup dengan optimis, tidak pernah takut akan kegagalan, selalu percaya diri dan percaya akan kemampuan diri. Salah satu yang menarik adalah ketika berbicara mengenai ambisi. Setiap manusia pasti memiliki tujuan, hasrat untuk mencapai tujuan inilah yang disebut ambisi. Terkadang ambisi membuat hidup bergairah dan menyala-nyala, di saat kita mulai lelah dengan keadaan dan mulai jatuh dalam keterpurukan, disinilah peran ambisi berjalan. Ambisi memiliki peran saat kita melakukan pembenahan, agar yang kita impikan terwujud. Akan tetapi ambisi harus dibarengi dengan kendali, karena terkadang ambisi berlebihan bisa membuat manusia menghalalkan segala cara. Man jadda wa jadda: “barang siapa yang bersungguh sungguh maka kamu akan mendapatkan hasil”.

-Umi Hasanah-

Lansia 273

Sembuhkan aku dari selingkuh

Penulis : Alfonso de Ponco
Penerbit : Edifikasi Media Indonesia
Nomor Panggil : 306.872 ALF s
Ringkasan :

Sebuah pernikahan mempunyai kensekuensi baik dan buruk, dan selingkuh merupakan salah satu konsekuensi terburuk dalam hubungan suami istri. Buku ini berisi cerita tentang perselingkuhan dan pemicu krisis sebuah perkawinan. Perselingkuhan membuat hubungan suami istri berada diambang kehancuran. Seburuk apapun permasalahan dalam sebuah hubungan, kesabaran sangatlah diperlukan dalam menghadapi setiap permasalahan. Sebuah hubungan harus mengutamakan keluarga inti dibandingkan keluarga besar, dan yang paling penting dari setiap hubungan adalah sebuah kepercayaan.

-Umi Hasanah-

Lansia 274

Budi daya tanaman obat komersial

Penulis : Cheppy Syukur, Hernani
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 633.88 CHE b
Ringkasan :

Obat asal tumbuhan (OAT) merupakan salah satu sumber obat yang berasal dari bahan alami yang lebih populer dengan sebutan tumbuhan atau tanaman obat (OT). Dewasa ini, masyarakat di dunia memiliki kecenderungan yang kuat untuk menempuh gaya hidup kembali ke alam dalam mencapai tujuan hidup sehat dan aman dari berbagai macam gangguan kesehatan. Dampak dari hal tersebut adalah meningkatnya permintaan obat-obatan dari bahan alami yakni dari tumbuh-tumbuhan obat.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 275

Prosedur operasional standar (POS): budidaya jahe

Penulis : Latifah KD, Edy Djauhari, M. Januwati, Molide Rizal, Heru D. Wardana, Nani Hendani, Listyorini, Baswasiati, Budi Hartoyo, Purwanto, Nurwidodo, Supriyadi, Elnizar, Atje Hikmat, Lina ; penyunting, Muchjidin Rachmat, Anastasia Promosiana, Ndarie Indartiyah,
Penerbit : Direktorat Budidaya Tanaman Sayuran dan Biofarmaka Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian
Nomor Panggil : 633.88 PRO
Ringkasan :

Jahe merupakan tumbuhan rimpang yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain sebagai bahan pembuatan obat, jahe pun dapat diolah menjadi makanan lain seperti permen, kue, sampai dengan minuman. Buku ini membahas mengenai tata cara budidaya jahe yang mencakup pemilihan dan penetapan lokasi, pemilihan benih, penyemaian benih, penyiapan lahan, penanaman, pemupukan, pemeliharaan, pengelolaan, pemanenan, dan pasca panen serta pengemasan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 276

Bertanam cabai rawit dalam polybag

Penulis : T. Sarpian
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 633.84 SAR b
Ringkasan :

Kebutuhan masyarakat akan cabai rawit dipenuhi dan diperoleh dari hasil pembelian di pasar. Akan tetapi suplai cabai rawit bergantung dari musim, ketika musim hujan maka suplai cabai rawit akan melimpah, akan tetapi pada musim kemarau suplai cabai rawit cenderung sulit sehingga mengakibatkan kenaikan harga. Untuk mengantisipasi hal tersebut, penanaman cabai rawit dalam polybag dapat menjadi alternatif agar kebutuhan akan cabai rawit dapat selalu terpenuhi.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 277

Manggis: budi daya dan analisis usaha tani

Penulis : Dede Juanda Js., Bambang Cahyono
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 634.655 DED m
Ringkasan :

Manggis yang memiliki cita rasa asam manis segar sering disebut sebagai “Ratu Buah” dan memiliki prospek bisnis yang sangat baik karena banyak digemari oleh masyarakat baik di dalam negeri maupun luar negeri. Akan tetapi pengembangan budi daya manggis secara besar-besaran dan berwawasan agribisnis masih belum banyak dilakukan di Indonesia. Padahal tanaman manggis yang dibudidayakan dengan baik dapat memberikan keuntungan yang sangat besar.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 278

Alpukat: penanaman jenis komersial, aspek pemasaran

Penulis : Tim Penulis PS
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 634.653 ALP
Ringkasan :

Avocado yang terkenal dengan nama alpukat banyak ditemukan di Indonesia. Walaupun bukan tanaman asli Indonesia, tetapi keberadaan alpukat tidak asing lagi bagi masyarakat. Alpukat memiliki manfaat sebagai pelengkap gizi makanan serta mempunyai peluang pasar yang cerah, baik di pasar lokal maupun sebagai komoditas ekspor. Untuk memenuhi kebutuhan lokal maupun ekspor, tanaman alpukat tentu harus dibudidayakan secara khusus agar hasil panen yang dihasilkan berkualitas tinggi.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 279

Sukses bergaul : menjalin interaksi dengan hati

Penulis : Yusuf Al-Uqshary ; penerjemah, Abdul Hayyie Al-Kattani, Fitriah Wardie ; penyunting, Abu Hanifah
Penerbit : Gema Insani
Nomor Panggil : 302
Ringkasan :

Kiat berinteraksi dengan orang lain dan menyingkap tipe kepribadian orang lain adalah salah satu keahlian yang didapat melalui pengetahuan yang berkaitan dengan berbagai perilaku manusia. Kebahagiaan adalah perasaan yang terlahir dari keberhasilan dalam kehidupan sebagai akibat dari pergaulan yang baik dengan orang lain. Pelajaran terpenting dalam berinteraksi dengan manusia adalah dengan memberikan perhatian yang besar kepada kepentingan orang lain dalam pikiran kita dan agar kita mengetahui dengan baik apa yang kita pikirkan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 280

The way of youth

Penulis : Daisaku Ikeda ; alih bahasa, Brati Ambarini ; editor, Ferdinandus Untoro Ardi
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Nomor Panggil : 305.2
Ringkasan :

Persahabatan dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yakni: pertama, terdiri dari orang-orang yang saling berhubungan, kedua, persahabatan sedikit lebih maju, ketiga, persahabatan adalah pertalian antara teman-teman seperjuangan. Buku ini berisi sebuah nasihat dari Daisaku Ikeda dengan pendekatan lugas dan tidak sekedar omong kosong yang mengaitkan kebijaksanaan Budhisme dengan masalah dan keprihatinan remaja masa kini.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 281

Bertanam pepaya

Penulis : Moehd. Baga Kalie
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 634.651 BAG b
Ringkasan :

Pepaya merupakan tanaman tropis yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Tanaman ini dapat dimanfaatkan mulai dari buah sampai dengan getahnya. Buah pepaya dan hasil olahannya merupakan produk hortikultura yang cukup penting, sedangkan getah pepaya yang mengandung enzim papain pun diolah menjadi produk perdagangan. Karena manfaatnya tersebut, tanaman pepaya cukup menjanjikan keuntungan secara komersial bagi para petani.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 282

Salak: prospek agribisnis dan teknik usaha tani

Penulis : Rahmat Rukmana
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 634.65 RAH s
Ringkasan :

Dalam menghadapi pola perdagangan bebas, orientasi pengembangan agribisnis dan agroindustri buah-buahan di Indonesia harus mengutamakan jenis buah-buahan tropis yang kurang bahkan tidak ada pesaing. Prospek pengembangan agribisnis salak cukup menjanjikan dikarenakan tanaman tropis ini kurang pesaing. Di samping itu, pada beberapa daerah sentrum produksi salak, salak telah dijadikan sumber pendapatan petani dan daerah yang juga dirancang sebagai komoditas ekspor.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 283

Bertanam belimbing

Penulis : Pinus Lingga
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 634.65 PIN b
Ringkasan :

Belimbing merupakan jenis tanaman buah dari keluarga Oxalidaceae dan termasuk tanaman jangka panjang serta masuk ke dalam kelompok tumbuhan ukuran sedang. Belimbing sendiri terbagi menjadi 2 (dua) jenis yakni: belimbing manis dan belimbing wuluh. Di daerah tropis seperti Indonesia, pohon belimbing dapat tumbuh dengan mudah dengan perawatan yang mudah pula. Selain itu, belimbing dapat dengan mudah tumbuh di pekarangan rumah, serta buah yang dihasilkan dapat segera disantap sebagai buah penyegar.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 284

Lengkeng spektakuler!

Penulis : Redaksi Trubus
Penerbit : Trubus Swadaya
Nomor Panggil : 634.6 LEN
Ringkasan :

Tanaman lengkeng yang memiliki cita rasa manis dan segar masuk ke Indonesia dari Tiongkok pada tahun 1780-an. Setelah itu, lengkeng pun tumbuh dengan subur pada hampir seluruh wilayah di Indonesia dan memiliki ragam serta jenis yang berbeda. Salah satu jenis lengkeng yang unik adalah lengkeng merah. Lengkeng merah ini menjadi incaran para penggemar lengkeng. Selain karena keunikannya, lengkeng merah pun adaptif tumbuh di dataran rendah, memiliki potensi rajin berbuah serta mudah berbuah tanpa perangsang, bercitarasa manis dengan aroma harum, dan memiliki bentuk yang unik.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 285

Panduan praktis: lebatkan lengkeng dataran rendah

Penulis : Redaksi Trubus
Penerbit : Majalah Trubus
Nomor Panggil : 634.6 LEB
Ringkasan :

Tanaman lengkeng tidak hanya dapat tumbuh di dataran tinggi saja melainkan dapat tumbuh pula di daerah dataran rendah. Tanaman lengkeng yang tumbuh di daerah dataran rendah seperti Pontianak, Semarang, Magelang, dan daerah lainnya dapat tumbuh dan berbuah lebat seperti halnya lengkeng yang tumbuh di dataran tinggi. Tanaman lengkeng yang berumur kurang dari 1 tahun pun sudah dapat dipanen dan meningkatkan produksi lengkeng dari tahun ke tahun dengan masa panen 2-3 kali dalam setahun.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 286

Container decorator

Penulis : Stewart Walton, Sally Walton
Penerbit : Lorenz Books
Nomor Panggil : 745 WAL c
Ringkasan :
Buku ini membahas mengenai koleksi ilustrasi serta ide-ide dalam membuat serta menghias kontainer, dan sangat berguna bagi mereka yang memiliki hobi kerajinan tangan. Selain membahas cara menghias kontainer dengan menggunakan bahan dan alat yang mudah ditemukan, seperti manik-manik, kancing, kain, kerang, serta bahan lainnya, buku ini pun disertai dengan langkah-langkah dan petunjuk gambar yang jelas serta mudah untuk diikuti.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 287

Reincarnation: remarkable stories of people who recall past lives

Penulis : Paul Roland
Penerbit : Arcturus Publishing Limited
Nomor Panggil : 291.23 ROL r
Ringkasan :
Buku ini berisi cerita-cerita dari orang yang mengingat kehidupan sebelumnya. Seperti seorang anak yang mengenali anggota keluarga mereka dari foto yang belum pernah mereka lihat sebelumnya, serta saudara perempuan yang mengingat bagaimana saat-saat terakhir mereka sebelum mereka meninggal. Dimana kejadian-kejadian tersebut merupakan bukti dari proses reinkarnasi.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 288

101 reason you can believe

Penulis : Ralph O. Muncaster
Penerbit : Harvest House
Nomor Panggil : 239 MUN s
Ringkasan :
Buku ini mencoba membantu menghubungkan iman dan kehidupan sehari-hari. Selain itu, buku ini juga membahas mengenai mengapa manusia memiliki perasaan benar dan salah, bagaimana manusia mengartikan keindahan, serta merasionalisasikan keimanan kristiani.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 289

People of virtue: reconfiguring religion, power, and moral order in Cambodia today

Penulis : editor, Alexandra Kent
Penerbit : Nias Press
Nomor Panggil : 294.391 095 96 PEO
Ringkasan :
Selain membahas mengenai Kamboja, buku ini pun membahas mengenai keadaan sosial, kultural, politis, serta menunjukkan bagaimana Kamboja menyembuhkan diri dari konflik yang penuh dengan kekerasan. Selain itu dibahas pula mengenai bagaimana agama dan politik bercampur, serta bagaimana sejarah mengubah dan saling mempengaruhi satu sama lain.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 290

The Jesus papers

Penulis : Michael Baigent
Penerbit : Harper Collins
Nomor Panggil : 232.9 BAI j
Ringkasan :
Dua puluh tahun yang lalu, Michael Baigent dan rekannya mengejutkan dunia dengan teori kontroversial bahwa Yesus Kristus dan Mary Magdalene menikah dan menemukan keturunan suci. Hal ini tertuang dalam buku Michael Baigent yang berjudul Holy blood, holy grail. Dengan rentang dua dekade penelitian sejak buku tersebut diterbitkan, buku ini menuntun para pembaca memahami lebih dalam mengenai bukti-bukti lain yang menantang pengetahuan umum terkait hidup dan wafatnya Yesus.

 

-Lana Yurisa Ayodaya-

Lansia 291

Psikologi umum : tuntunan sukses bagi kehidupan pribadi keluarga, di tempat kerja dan sekolah

Penulis : Gizele Weisman ; penerjemah, Yudi Santoso
Penerbit : CI Press
Nomor Panggil : 131
Ringkasan :

Menurut Analisis Transaksional (AT), perilaku manusia bisa dikategorikan menjadi tiga kondisi eksistensi yang unik dan sangat berbeda. Kondisi eksistensi yang sangat nyata dan bisa diamati ini adalah kondisi ego, kondisi ego anak dan kondisi ego orang dewasa. Sebuah transaksi terdiri atas pertukaran verbal atau non verbal diantara dua orang atau lebih. Transaksi juga terjadi di dalam diri sendiri yaitu antara sisi orangtua, anak dan orang dewasa. Pendekatan terbaik untuk mempelajari diri anda sendiri adalah melalui sikap positif.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 292

Hari-hari Allah : momen-momen bersejarah yang Allah muliakan

Penulis : Syaikh Hanafi Al-Mahlawi ; penerjemah, Yasir Maqosid ; editor, Futuhal Arifin
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Nomor Panggil : 297.692
Ringkasan :

Hari-hari Allah adalah hari-hari yang diciptakan Allah sejak penciptaan bumi dan langit hingga hari kiamat. Hari dalam pandangan Allah ditimbang dengan ukuran alam semesta yang sangat luas dan tidak terhitung kira-kiranya. Diantara hari-hari tersebut ada beberapa hari yang patut diingat karena banyak hikmah yang terkadung di dalamnya, misalnya: peristiwa hijrah, idul fitri, idul adha dan lainnya.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 293

Menjadi manusia unggul yang disertai Tuhan

Penulis : Ciputra, Antonius Tanan
Penerbit : Bethlehem
Nomor Panggil : 234.2
Ringkasan :

Manusia yang unggul didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki 3 aspek kelebihan atau keunggulan. Pertama, mereka menjadi yang terbaik di dalam pekerjaan dan teladan di dalam pekerjaan atau kegiatan profesi, kedua, mereka yang berhasil memelihara dan membangun rohani sedemikian rupa, ketiga, sukses sosial, mereka yang menjadi berkat bagi masyarakat yang lebih luas.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 294

Mengenal gereja methodist Indonesia

Penulis : Richard M. Daulay
Penerbit : Gunung Mulia
Nomor Panggil : 287
Ringkasan :

Gereja Methodist adalah sebuah gereja Protestan, walaupun ia tidak lahir sebagai buah langsung gerakan reformasi. Gereja Methodist berasal dari gereja Anglikan di Inggris. Pendirinya adalah John Wesley, seorang pendeta gereja Anglikan. Buku ini memperkenalkan Gereja Methodist Indonesia (GMI) kepada masyarakat umum, khususnya warga kristiani di Indonesia yang ingin mengenal lebih dalam tentang denominasi ini.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 295

"...Mari Bung, rebut kembali!"

Penulis : R. H. A. Saleh ; penyunting, Iswanti
Penerbit : Pustaka Sinar Harapan
Nomor Panggil : 320.959 8
Ringkasan :

Buku ini berisi perjalanan dan perjuangan Komandemen I sebagai organisasi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pertama di daerah Jawa Barat pada tahun 1945-1946. Masa komandemen yang hanya berumur tujuh bulan, tetapi telah terjadi peristiwa-peristiwa heroik yang terkenal seperti Bandung lautan api, pertempuran di Karawang-Bekasi, kepahlawanan para kadet Akademi Militer (AKMIL) Tangerang dalam persitiwa Lengkong, serta penghadangan terhadap konvoi sekutu dan Belanda.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 296

Panduan praktis: hasilkan naga merah kualitas prima

Penulis : Redaksi Trubus
Penerbit : Majalah Trubus
Nomor Panggil : 634.5 HAS
Ringkasan :

Buah naga termasuk kedalam golongan kaktus merambat dan memiliki berbagai jenis. Jenis buah naga tersebut terbagi menjadi 4 yakni: buah naga daging putih, buah naga daging merah, buah naga daging super merah, dan buah naga kulit kuning daging putih. Walaupun pasar lokal dibanjiri oleh produk impor, permintaan buah naga lokal tetap tinggi. Salah satu alasan tingginya permintaan adalah kualitas rasa. Selain itu, prospek pasar ekspor pun dianggap cukup menjanjikan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 297

Budidaya tanaman sukun: dengan penangkaran bibit methode Cilacap

Penulis : Bambang Gunarto
Penerbit : Yayasan Bhinneka Swa Sembada
Nomor Panggil : 634.39 BAM b
Ringkasan :

Sukun merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap beras dan sebagai komoditi pangan yang baik bagi kesehatan pencernaan, karena kadar seratnya yang baik. Penangkaran bibit sukun cara baru yang berkembang sejak tahun 1985 di Cilacap merupakan inovasi yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Penangkaran dengan metode Cilacap ini diharapkan dapat memperbanyak bibit sukun dengan skala besar sekaligus dapat mengembangkan produksi sukun di skala nasional.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 298

Jurus sukses beternak lele sangkuriang

Penulis : Nasrudin ; penyunting, Topan Nixon
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 634.31 NAS j
Ringkasan :

Lele sangkuriang merupakan jenis baru lele dumbo yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan lele dumbo biasa. Panen yang lebih cepat, hasil produksi yang tinggi, kualitas daging yang lebih unggul, lebih tahan terhadap penyakit, mudah dibudidayakan, teknik pemeliharaan sederhana adalah keunggulan dari lele sangkuriang.  Dengan teknik budidaya organik, lele sangkuriang memiliki pasar komoditas yang luas dan terbuka lebar.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 299

Khasiat dan manfaat jeruk nipis

Penulis : B. Sarwono
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 634.304 SAR k
Ringkasan :

Jeruk nipis memiliki cita rasa asam dikarenakan kandungan asam sitratnya yang tinggi. Karena rasanya yang sangat asam, jeruk nipis tidak dapat dimakan langsung sebagai buah segar. Dalam kehidupan sehari-hari, jeruk nipis banyak dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. Jeruk nipis pun sangat multiguna dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti: bahan pembuatan minuman, penyedap masakan dan sajian buah segar, perawatan kecantikan, pelengkap ramuan obat tradisional, dan pembersih alat-alat dapur atau sarana rumah tangga.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 300

Panduan praktis: sepuluh hama dan penyakit intai durian anda

Penulis : Redaksi Trubus
Penerbit : Majalah Trubus
Nomor Panggil : 634.049 3 SEP
Ringkasan :

Tanaman durian merupakan tanaman buah yang tumbuh di negara-negara tropis termasuk Indonesia. Seperti halnya tanaman lainnya, durian pun tidak luput dari serangan hama dan penyakit. Jika dibiarkan tanpa penanganan apapun, pohon durian tidak akan produktif dan pada akhirnya akan mati. Hama dan penyakit pada pohon durian terjadi karena terganggunya keseimbangan antara inang, pathogen, dan lingkungan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 301

Untung berlipat dari budi daya buah naga secara organik

Penulis : Budi Samadi ; editor, Fl. Sigit Suryantoro
Penerbit : Lily Publisher
Nomor Panggil : 634 BUD u
Ringkasan :

Tanaman buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan bagian utara. Pada habitat aslinya, tanaman buah naga hidup di lingkungan hutan belantara. Tanaman ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000 dengan produksi dan permintaan yang terus meningkat. Untuk memenuhi permintaan pasar maka perlu dilakukan pengembangan areal tanaman buah naga, baik secara perorangan maupun lewat perusahaan. Upaya pengembangan ini pun harus disertai dengan memperhatikan kualitas buah agar hasil produksi dapat menjadi komoditas ekspor.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 302

Jambu air: jenis, perbanyakan, dan perawatan

Penulis : P. Bambang Hariyanto
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 634.42 BAM j
Ringkasan :

Jambu air merupakan tanaman yang cukup diminati karena buahnya yang sering bermunculan sepanjang tahun dan karena pohonnya yang teduh. Buah jambu air yang bertekstur renyah dan mengandung banyak air cocok dikonsumsi sebagai penghilang dahaga pada siang hari. Jambu air pun kini makin banyak ditanam oleh masyarakat, baik di pekarangan maupun di dalam pot. Agar pohon jambu air tumbuh dengan subur dan berbuah banyak, maka diperlukan penanganan dan perawatan yang tepat.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 303

Sirsak dan srikaya

Penulis : Hendro Sunarjono
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 634.41 HEN
Ringkasan :

Sirsak dan srikaya merupakan tanaman buah-buahan tropis keluarga Annona dan bukan tanaman asli Indonesia. Kedua buah tersebut dikenal karena citarasanya yang manis dan segar, terutama sirsak. Akan tetapi tanaman sirsak dan srikaya belum mendapat tempat yang layak di dunia agribisnis karena ancaman hama penggerek batang dan buah yang mudah menyerang tanaman sirsak dan srikaya. Padahal peluang pasar dari hasil budidaya serta pengolahan tanaman sirsak dan srikaya cukup menjanjikan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 304

Agar tanaman berbuah di luar musim

Penulis : Onny Untung
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 634. 6 ONN a
Ringkasan :

Mengatur pembuahan tanaman masih menjadi bahan diskusi di antara para pakar tanaman. Ada yang berpendapat bahwa tanaman akan mengalami kelelahan fisiologis jika dipaksa untuk berbunga dan berbuah. Namun ada juga yang melihat hal tersebut sebagai peluang usaha bagi para pekebun. Thailand sudah menerapkan pengaturan pembuahan tanaman sehingga terkenal dengan kemajuan budi daya manga dan duriannya, akan tetapi baru petani maju saja yang sudah menerapkan sistem tersebut.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 305

Cara tepat merawat anggrek

Penulis : Redaksi AgroMedia ; penyunting, Agung
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635.934 15 CAR
Ringkasan :

Tanaman anggrek identik dengan keindahan bunga yang dihasilkannya. Keindahan bunga anggrek ini menimbulkan sensasi tersendiri bagi sebagian orang yang melihatnya. Bahkan tak jarang ada sebagian dari mereka yang akhirnya membentuk komunitas penggemar tanaman anggrek. Untuk dapat mengagumi keindahan bunga anggrek, maka diperlukan perawatan yang baik agar anggrek dapat selalu menghasilkan bunga yang indah.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 306

Simple steps : 10 langkah sederhana untuk mendaki puncak kehidupan

Penulis : Arthur Caliandro, Barry Lenson ; alih bahasa, Silvester Lintu ; penyunting, Herry Prasetyo
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Nomor Panggil : 158.1
Ringkasan :

Hidup adalah deretan situasi pemecah masalah. Sukses atau gagalnya kehidupan kita tergantung dari seberapa efektifnya kita menemukan dan memecahkan masalah yang ada. Kita dapat diberi peta dan prosedur, sistem dan rumus untuk membuat kehidupan lebih baik. Walaupun begitu, jawaban yang rumit jarang memecahkan masalah yang rumit. Cara yang paling baik menghadapi proses perubahan adalah menjalankan langkah-langkah sederhana dan melakukannya dengan penuh perhatian dan kesabaran.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 307

Pola asuh kreatif

Penulis : Al Tridhonanto, Beranda Agency
Penerbit : Elex Media Komputindo
Nomor Panggil : 362.82
Ringkasan :

Walaupun zaman semakin modern dan maju, sebaiknya orang tua tetap konsisten dalam mendidik dan mengasuh anak. Tidak hanya memberikan pelajaran dan pengetahuan, orang tua juga harus dapat mengarahkan dan mengajarkan kegiatan kreatif serta mampu menempatkan dirinya di masyarakat dalam kerangka mengoptimalkan kemampuan anak. Ada berbagai macam kecerdasan anak berdasarkan bakat dan minat, yaitu: kecerdasan linguistik, kecerdasan logis matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan musikal, kecerdasan kisnestik-jasmani dan sebagainya.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 308

Wajah cantik nan misterius Borobudur dan Prambanan : menguak selubung pekat misteri Candi Borobudur dan Prambanan dari mitos, legenda, keyakinan, hingga bukti penelitian ilmiah terkini

Penulis : Rusdi ; editor, Agus Hariyanto
Penerbit : Flashbooks
Nomor Panggil : 294.513
Ringkasan :

Candi Borobudur diperkirakan dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9 oleh penganut agama Budha, khususnya Budha Mahayana. Candi Borobudur diperkirakan dibangun selama empat tahap, yaitu: tahap pertama dibangun sekitar 775 M, tahap kedua sekitar 790 M, tahap ketiga sekitar 810 M, tahap keempat sekitar 835 M. Sedangkan Candi Prambanan dibangun pada abad ke-10 dengan ketinggian mencapai 47 meter atau 5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 309

Keutamaan Mahabharata

Penulis : Wayan Nurkancana
Penerbit : Pustaka Manikgeni
Nomor Panggil : 294.592 3
Ringkasan :

Mahabharata adalah merupakan kejadian yang sebenarnya atau fakta sejarah (history). Adapun beberapa keutamaan Mahabharata diantaranya adalah: pertama, orang yang membaca kisah sejarah ini pada hari-hari suci tertentu, kedua, mereka yang mendengarkan kisah ini dengan penuh perhatian akan terbebas dari sejuta dosa, ketiga apabila kisah ini dibaca dalam suatu upacara sradha, walau hanya sebagian kecil saja, pembacaan tersebut akan dapat menyelamatkan pitri-pitri yang di upacarai dan sebagiannya.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 310

Memperkuat negara dan pemerintahan : analisis masalah antikorupsi, hukum dan kebijakan kontemporer

Penulis : Roby Arya Brata
Penerbit : Papas Sinar Sinanti
Nomor Panggil : 364.132 3
Ringkasan :

Korupsi telah mendistorsi proses-proses politik, ekonomi, birokrasi dan penegakan hukum. Buku ini membahas mengenai permasalahan pemerintahan kontemporer, kontroversional dan strategis di era reformasi pasca runtuhnya rezim otoriter orde baru. Secara khusus, buku ini memperdebatkan isu-isu publik dalam masalah anti korupsi, hukum dan kebijakan.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 311

Anak laki-laki di jendela = boy at the window

Penulis : Joy Cowley
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 155.401 138 4 COW a
Ringkasan :

Buku ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki cacat dan kesepian, dia duduk di jendela. Anak itu bernama Mark, dia sering melempari anak lain kadang dengan kertas, kadang dengan potongan roti, pernah juga menyiram anak lain dengan air. Mark melakukan semua itu hanya demi memperoleh perhatian.

-Umi Hasanah-

Lansia 312

Membuat dan mempercantik bonsai untuk pemula

Penulis : Budi Hardiansyah ; penyunting, Mulyono
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 635.977 2 BUD m
Ringkasan :

Bonsai merupakan salah satu seni pemangkasan tanaman atau pohon agar tumbuh kerdil, mini, atau cebol. Untuk memperoleh bonsai yang sempurna membutuhkan waktu relatif lama dan juga membutuhkan kreativitas, kesabaran, serta ketekunan. Tanaman yang dibuat menjadi bonsai umumnya pohon berbatang keras (berkayu), pohon yang berbuah, dan terkadang pohon yang berbunga. Efek artistik dari bonsai dapat dilihat dari keseimbangan ukuran batang, daun, ranting, bunga atau buah, dan pot yang digunakan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 313

Pot dan peralatan bonsai

Penulis : Redaksi Trubus
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.977 2 POT
Ringkasan :

Tanaman bonsai dikenal unik karena bentuknya yang kecil, walaupun sebenarnya usia tanaman tersebut sudah dewasa atau bahkan sudah tua. Penampilan bonsai akan lebih prima jika ditunjang dengan wadah atau pot yang sesuai. Hal ini dikarenakan nilai tambah penampilan bonsai terletak pada kesesuaian antara gaya dan ukuran bonsai dengan bentuk dan ukuran pot yang digunakan, selain penempatan tanaman di dalam pot.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 314

Pura Besakih

Penulis : David J. Stuart-Fox
Penerbit : KITLV Press
Nomor Panggil : 294.535 095 986 1 STU p
Ringkasan :
Pura Besakih adalah salah satu kuil Hindu yang terpenting di Bali. Pura Besakih terletak di tepi tebing tinggi di Gunung Agung, dan telah berkembang selama lebih dari seribu tahun menjadi 22 kuil yang terpisah. Buku ini menggabungkan analisis tekstual dan sumber-sumber historis dengan metode lapangan antropologis dalam perumusan interpretasi dari kuil agung tersebut.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 315

Seni bonsai untuk pemula

Penulis : Rismunandar
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.977 2 RIS s
Ringkasan :

Bonsai merupakan seni mengerdilkan pohon dalam pot yang berasal dari Jepang. Seni yang sudah mendunia ini pada prinsipnya membuat duplikat tanaman yang tumbuh di alam bebas. Oleh karena itu bentuk bonsai pun sangat beragam, nama-nama bonsai pun disesuaikan berdasarkan ketinggian, bentuk, dan jumlah tanaman. Sebagai bahan bonsai, Indonesia kaya akan jenis tanaman yang dapat dibonsaikan, contohnya adalah beringin dan cemara. Akan tetapi, untuk memperoleh bonsai yang sempurna dibutuhkan waktu relatif lama yakni sampai dengan puluhan tahun.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 316

God: a brief history

Penulis : John Bowker
Penerbit : Darling Kindersley
Nomor Panggil : 200. 9 BOW g
Ringkasan :
Pencarian manusia atas kebenaran sejati tidak hanya menuntun mereka pada pencapaian ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga pada Ketuhanan. Buku ini menceritakan mengenai pencarian manusia terhadap Tuhan. Dalam buku ini, tulisan John Bowker diperkuat dengan ratusan gambar, foto, peta, puisi, doa, filosofi, serta kutipan-kutipan ayat dari kitab suci. Dengan kata lain, seluruh elemen agama digabungkan dalam buku ini.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 317

Membuat bonsai adenium

Penulis : Zulkarnain, N. S. Budiana
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 635.977 2 ZUL m
Ringkasan :

Keindahan adenium sekarang tidak hanya dinikmati karena keindahan bunganya saja. Bonggol dan tajuk adenium yang dibentuk menyerupai bonsai pun dapat memancarkan keindahan tanaman adenium. Keindahan bonsai adenium terpancar dari keserasian antara bonggol, batang, dan tajuk. Untuk mendapatkan bonsai adenium dengan akar unik, batang menarik, tajuk kompak, dan bunga lebat membutuhkan waktu bertahun-tahun dan melalui serangkaian proses yang panjang.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 318

“The Lady Di” conspiracy

Penulis : Indra Adil
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Nomor Panggil : 92 (Diana) IND l
Ringkasan :
Kasus kecelakaan Lady Di di Pont de L’alma merupakan bagian dari sejarah yang telah lama berlalu. Namun kasus ini masih menyisakan kabut misteri yang meninggalkan ribuan tanda tanya. Penulis buku ini menjelaskan kasus tersebut dalam bentuk cerita yang penuh intrik dan dikuatkan oleh data dan fakta.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 319

Pembesaran ayam kampung pedaging hari per hari

Penulis : Nuroso
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 636.5 NUR p
Ringkasan :

Ayam kampung merupakan unggas yang populasi penyebarannya hampir merata di seluruh pelosok pedesaan. Cara pemeliharaan ayam kampung sendiri masih dilakukan secara tradisional atau umbaran yang menyebabkan populasi dan laju produktivitasnya monoton, bahkan cenderung menurun. Karena hal tersebut, kebutuhan pasar terhadap ayam kampung baru terpenuhi kurang dari 30%. Dengan melihat kondisi tersebut, bisnis ayam kampung memiliki prospek yang menjanjikan.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 320

Menopause: a time for positive change

Penulis : Judi Fairlie
Penerbit : Blandford
Nomor Panggil : 618.175 FAI m
Ringkasan :
Setiap wanita pasti akan mengalami menopause. Banyak orang membayangkan proses menopause sebagai sesuatu yang menakutkan. Dalam buku ini, aspek-aspek menopause dijelaskan, sehingga wanita diajak untuk memandang menopause sebagai proses alamiah. Buku ini pun memberikan kiat-kiat mengenai nutrisi makanan, relaksasi, olah raga, serta bagaimana menghadapi sikap-sikap negative yang datang dari orang lain.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 321

Opus dei

Penulis : John L. Allen, Jr.
Penerbit : Doubleday
Nomor Panggil : 267.182 ALL o
Ringkasan :
Opus Dei merupakan sebuah asosiasi katolik yang dibentuk di Spanyol pada tahun 1928. Asosiasi yang sering dianggap konservatif tersebut dibahas di dalam buku ini. Mulai dari praktik, sampai dengan tujuan dibalik asosiasii. Buku ini adalah karya jurnalistik pertama yang menginvestigasi Opus Dei sebagai organisasi yang kontroversial. Buku ini juga meluruskan pemahaman akan rumor-rumor liar mengenai Opus Dei.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 322

Teori komunikasi = theories of human communication

Penulis : Stephen W. Littlejohn
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 302.2 LIT t
Ringkasan :

Buku ini membahas mengenai ilmu dan teori komunikasi. Komunikasi adalah kegiatan sehari-hari dalam kehidupan sosial sekaligus sebagai pusat kehidupan kemanusiaan, dimana setiap kehidupan dipengaruhi oleh komunikasi. Komunikasi memiliki 126 definisi dengan arti yang kompleks, Oleh karena itu, buku ini tidak memberikan definisi tunggal terkait komunikasi, hal ini disebabkan karena definisi-definisi yang berbeda akan memiliki fungsi yang berbeda pula, serta memungkinkan para ahli teori untuk melakukan hal yang berbeda.

-Umi Hasanah-

Lansia 323

Sukses dengan berpikir positif

Penulis : Rakesh K. Mittal ; alih bahasa, Agustina Reni Eta ; penyunting, Deesis Edith Mesiani
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Nomor Panggil : 153.4
Ringkasan :

Hidup itu penuh dengan berbagai peristiwa dan mengandung pesan mendalam. Peristiwa-peristiwa yang dialami dalam kehidupan bukan sepenuhnya ada dalam tangan kita meskipun peran kita penting. Peran ini lebih utama dimainkan oleh pikiran kita. Bila pikiran kita positif, peristiwa tersebut menjadi sesuatu yang lebih baik, sebaliknya bila pikiran itu negatif, maka yang lebih buruklah yang terjadi.

 

 

-Muhammad Ilyas-

Lansia 324

Manusia dan seni : sebuah renungan filsafat

Penulis : Ramlan
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 111.85 RAM m
Ringkasan :

Buku ini berisi tentang manusia dan seni dan sebuah renungan filsafat. Dunia manusia merupakan bagian kecil dari ilmu filsafat. Untuk dapat memahami manusia, maka kita harus melihat dalam konteks kehidupan nyata sebagai suatu kenyataan bahwa manusia adalah badan dalam bentuk nyata serta memiliki eksistensi. Manusia berada di tengah dunia, bukan hanya obyek dan bukan hanya kesadaran. Dalam konteks manusia dan agama, agama merupakan sebuah keyakinan manusia kepada Sang Pencipta. Setiap manusia memiliki naluri untuk memiliki kepercayaan dan menilai karya ciptaan Tuhan. Nilai-nilai keberagamaan tidak bisa disamakan dengan karya-karya kebudayaan, karena dalam realisasinya Tuhan bukan sekedar pencipta. Pada era global saat ini, nilai budaya lokal harus tetap di pertahankan, akan tetapi terkadang sebagian manusia menilai negatif kepada sebagian yang lain yang masih memegang budaya lokal dan menganggap mereka kuno dan ketinggalan jaman. Manusia sebagai pelaku kebudayaan menjalankan kegiatan untuk mencapai sesuatu yang berharga baginya termasuk di dalamnya kegiatan berkesenian. Berkat kesenian, manusia dapat memanusiakan manusia dan menjadi lebih baik.

-Umi Hasanah-

Lansia 325

Chicken soup for the preteen soul 1

Penulis : Jack Canfield
Penerbit : Yayasan Mitra Netra
Nomor Panggil : 305.2 CAN c
Ringkasan :

Pra-remaja adalah masa peralihan masa anak-anak ke masa remaja, dan merupakan masa pemberdayaan pribadi yang sejati dengan berbagai gejolak emosi serta ketertarikan dengan lawan jenis. Selain itu, masa pra-remaja pun merupakan masa dimana pertanyaan-pertanyaan tentang keyakinan serta apa yang membuatmu hidup di dunia berkecamuk hebat di dalam pikiran. Chicken soup for the preteen soul 1 berisi tentang kisah-kisah inspirasi bagi anak-anak dalam menghadapi masa pra-remaja, dimana kisah-kisah tersebut merupakan pengalaman nyata anak-anak yang menceritakan tentang keluarga, teman, persahabatan dan impian.

-Umi Hasanah-

Lansia 326

Sukses merumahkan walet

Penulis : Nazarudin, Antonius Widodo
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 636.5 NAZ s
Ringkasan :

Banyak yang mengatakan bahwa faktor hoki berperan dalam usaha merumahkan walet, akan tetapi hal tersebut hanya mitos belaka. Tak semua orang mengetahui bahwa merumahkan walet bukanlah usaha yang dapat dilakukan sembarangan dan asal-asalan. Banyak usaha yang dibutukan agar walet dapat tertarik hingga akhirnya tinggal di dalam rumah. Buku ini membahas mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh masyarakat yang ingin berkecimpung dalam usaha sarang walet agar dapat merumahkan walet dan memanen sarang walet yang berkualitas.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 327

Membuat kandang ayam

Penulis : Martono A. Priyatno
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 636.5 MAR m
Ringkasan :

Kandang merupakan faktor yang sangat penting dalam usaha peternakan. Hal ini disebabkan karena pengaruhnya terhadap produksi dan kesehatan ayam yang sangat besar. Fungsinya sebagai pelindung dari terpaan air hujan, panas matahari, maupun tiupan angin yang terlalu besar mutlak dibutuhkan. Pemilihan jenis kandang pun dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat peternakan dan jenis ayam yang dipelihara.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 328

Buku pintar beternak dan bisnis ayam kampung

Penulis : Bambang Krista, Bagus Harianto ; penyunting, Tetty Yullia
Penerbit : AgroMedia Pustaka
Nomor Panggil : 636.5 BAM b
Ringkasan :

Ayam kampung memiliki kelebihan tersendiri sebagai komoditas unggas unggulan. Meskipun mayoritas daging ayam untuk konsumsi yang saat ini beredar di pasaran merupakan ayam ras, komoditas ayam kampung memiliki pangsa pasar yang cukup besar, baik telur maupun dagingnya. Ditambah lagi tren mengonsumsi daging ayam kampung yang sedang meningkat. Alhasil permintaan pasar terhadap produk ayam kampung baik telur maupun daging pun mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini tentu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi para peternak ayam kampung.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 329

Tata laksana pemeliharaan ternak sapi

Penulis : Undang Santosa
Penerbit : Penebar Swadaya
Nomor Panggil : 636.213 UND t
Ringkasan :

Keberhasilan suatu peternakan sangat tergantung pada tata laksana yang dilakukan. Tanpa tata laksana yang baik dan teratur, produksi yang dihasilkan oleh ternak tidak akan sesuai dengan target dan harapan, bahkan paling buruk adalah mengalami kerugian yang cukup besar. Oleh karena itu dibutuhkan hadirnya tenaga pengelola peternakan sapi yang memiliki keterampilan dan pemahaman tata laksana pemeliharaan ternak sapi.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 330

Petunjuk beternak sapi potong dan kerja

Penulis : Aak
Penerbit : Kanisius
Nomor Panggil : 636.213 PET
Ringkasan :

Peranan ternak khususnya sapi potong dan sapi kerja tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Melalui sapi potong, kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan, kebutuhan gizi tercukupi, serta lapangan pekerjaan selalu tersedia. Sedangkan usaha pertanian pun dapat terbantu sebagai hasil dari keberadaan sapi kerja. Apalagi sebagian besar mata pencaharian masyarakat Indonesia adalah petani. Bagi petani, kehadiran sapi pekerja dapat membantu mereka dalam pengolahan tanah.

 

-Indah Ekaputri-

Lansia 331

Historical sites of Jakarta

Penulis : A. Heuken SJ.
Penerbit : Cipta Loka Caraka
Nomor Panggil : 959.822 HEU h
Ringkasan :
Jakarta, kota yang pernah menjadi “Kota Ratu di Timur” berubah dengan sangat cepat. Bangunan-bangunan dan objek-objek bersejarah perlahan menghilang tergantikan oleh gedung pencakar langit. Namun masih banyak hal untuk dilihat di Jakarta. Masih terdapat banyak rumah-rumah mewah, benteng masa kolonial, masjid, gereja, dan klenteng yang berlatar gemerlap kota metropolitan. Buku ini akan memandu anda pada sejarah Jakarta yang berwarna-warni.

 

-Lana Yurisa Ayodya-

Lansia 332

Beach clubs

Penulis : Julie Meyers
Penerbit : Page One
Nomor Panggil : 333.784 BEA
Ringkasan :
Buku ini menawarkan liburan yang paling memesona di hotel dan klub terbaik di dunia. Dari Mozambik hingga Venezuela atau Miami, hingga tempat yang paling populer di Ibiza. Baik untuk menikmati segelas cocktail ataupun untuk menenggelamkan jemari kaki di pasir putih. Buku yang dilengkapi dengan ilustrasi ini memiliki tempat ideal bagi semua orang untuk bersantai.

 

-Lana Yurisa Ayodya-