|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

22 Sep 2022

Pembangunan Perpustakaan Masih Dibutuhkan Daerah

Medan Merdeka Selatan, Jakarta -- Pembangunan gedung fasilitas layanan Perpustakaan masih dibutuhkan oleh sejumlah daerah di Indonesia. Termasuk diantaranya di Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Manggarai.

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando didampingi Plt Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi menerima secara langsung kunjungan Bupati Sekadau dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Manggarai, Kamis (22/9/2022).

Bupati Sekadau Aron menyampaikan, kunjungannya ke Perpusnas untuk mengusulkan kembali permohonan bantuan pembangunan perpustakaan di Kabupaten Sekadau. Bupati menilai dengan adanya perpustakaan diharapkan dapat menjadi tempat masyarakatnya dalam mencari literatur.

"Kami sengaja datang untuk mengusulkan kembali permohonan bantuan pembangunan perpustakaan. Kami mendorong Perpusnas karena ini penting untuk masyarakat Sekadau ke depan," ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Muhammad Isa mengatakan, Kabupaten Sekadau merupakan kabupaten baru hasil dari pemekaran dari Kabupaten Sanggau pada tahun 2003. Pihaknya mengaku, sebelumya sudah pernah mengajukan permohonan bantuan pembangunan gedung tetapi gagal karena kurang nomenklatur nama dinas perpustakaan.

"Maka hari ini kami datang untuk mengajukan kembali beserta syarat yang diperlukan. Kami berharap kalau ada kebijakan nasional, Kabupaten Sekadau bisa diprioritaskan," katanya.

Senada, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Manggarai, Venidiana Wanggut mengatakan, pihaknya juga membawa permohonan pembangunan gedung perpustakaan.

Sementara itu, Plt Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi menjelaskan, bantuan DAK fisik bidang perpustakaan terdiri dari enam menu. Diantaranya, pembangunan, perluasan, perabot, TIK, dan koleksi buku.

"Untuk pembangunan perpustakaan dimohon untuk melengkapi persyaratannya seperti DED, sertifikat kepemilikan tanah," jelas Deni.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menjelaskan, Perpusnas merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden yang membantu melaksanakan tugas pemerintahan di bidang perpustakaan.

Menurutnya, eksistensi keberhasilan pemerintahan pada semua level pemerintahan. Yaitu mampu meningkatkan kualiyas hidup masyarakat paling rendah dan termajinalkan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menyerahkan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling untuk Kabupaten Sekadau.

Reportase: Wara Merdeka
Fotografer: Aji



Diunggah oleh admin