|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

10 May 2022

Kepala Perpusnas dengan Bupati Sitaro Teken Nota Kesepahaman, Bupati Konawe Kepulauan Terima MPK

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Bupati Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Evangelian Sasingen, di bidang perpustakaan.

Kegiatan ini dilakukan dalam kunjungan kerja Bupati Evangelian ke Perpusnas, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada Selasa (10/5/2022). Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengundang Kepala Perpusnas untuk meresmikan gedung layanan perpustakaan Kabupaten Sitaro yang sudah selesai dibangun.

Tahun 2021, kabupaten di Sulawesi Utara tersebut mendapatkan alokasi dana alokasi khusus (DAK) fisik subbidang perpustakaan untuk pembangunan gedung sebesar Rp10 miliar. Tahun ini, Kabupaten Sitaro mendapatkan DAK untuk menu perabot yang dipergunakan untuk mengisi gedung layanan perpustakaan.

“Bersyukur hari ini saya kedua kalinya datang ke Perpusnas dan sangat luar biasa penerimaan di Perpusnas, pelayanannya, bahkan apa yang kami idamkan, itu sebagian besar terwujud. Saya sebagai Bupati sangat berterima kasih dan bangga bisa dilayani dengan baik dan diwujudkan segala permohonan kami untuk membangun daerah, terutama perpustakaan, sebagai ruang baca bagi generasi penerus,” jelasnya.

Dia menyebut, Kabupaten Sitaro sudah mendapatkan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling (MPK) dari Perpusnas. Bupati Evangelian menyatakan MPK sangat membantu masyarakat, terutama anak-anak, untuk membangun kegemaran membaca di Kabupaten Sitaro. Dia menambahkan, MPK berkeliling antarpulau, mengingat kabupaten ini memiliki 47 pulau, yang terdiri dari 10 pulau berpenghuni dan 37 pulau tidak berpenghuni.

 

Selain itu, Bupati Konawe Kepulauan, Amrullah, juga melakukan kunjungan kerja bersama dengan Bupati Evangelian. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Amrullah menerima secara simbolis bantuan satu unit MPK tahun 2022 dari Kepala Perpusnas.

Dia menyampaikan terima kasih atas penerimaan yang baik dalam kunjungan tersebut. Usai kunjungan, dia mengaku wawasannya terbuka mengenai peran dan fungsi perpustakaan untuk mengedukasi masyarakat. Dia menjelaskan bantuan tersebut akan ditindaklanjuti dengan program pembangunan perpustakaan di kabupatennya pada tahun mendatang.

“Atas nama pemerintah kami mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya dan apresiasi setinggi-tingginya sebagaimana amanat UUD 1945 yang salah satu tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan itu ada salah satu tupoksi Perpustakaan Nasional dan juga tanggung jawab kami selaku pemerintah daerah,” urainya.

Sinergi antara Perpusnas dengan pemerintah daerah ini, jelasnya, akan dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Konawe Kepulauan, dalam upaya untuk mengedukasi dan mengangkat nilai SDM Kabupaten Konawe Kepulauan untuk menuju masyarakat sejahtera.

Sementara itu, Kepala Perpusnas mengungkapkan merasa terhormat dikunjungi oleh para bupati. Amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyatakan pemerintah daerah membentuk dinas perpustakaan. Dia mengapresiasi Bupati Amrullah dan Bupati Evangelian yang sudah membentuk dinas perpustakaan di kabupaten masing-masing.

“Untuk itu, kami atas nama pemerintah pusat mengucapkan terima kasih yang telah membentuk kelembagaan dinas perpustakaan, sama seperti dinas-dinas lain yang seharusnya ada di kabupaten seluruh Indonesia,” urainya.

Dia menegaskan perpustakaan dan literasi mendukung terwujudnya masyarakat cerdas yang sejahtera. Literasi adalah kedalaman pengetahuan seseorang terhadap subjek tertentu yang parameternya memproduksi barang yang dapat bersaing di pasar global.

Perpustakaan, tuturnya, berperan dalam mewujudkan bangsa yang cerdas. Oleh karena itu, kebijakan kepala daerah dalam bidang perpustakaan dan literasi merupakan fondasi untuk pembangunan sumber daya manusia sangat dibutuhkan.

Reporter: Hanna Meinita

Fotografer: Aji Anwar



Diunggah oleh admin