|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

10 Jan 2022

Tingkatkan Pola Pembinaan Karir Pegawai, Sekretaris Utama Perpusnas Lantik 3 Pejabat Pengawas

Salemba, Jakarta- Memulai tahun 2022, sebanyak 3 (tiga) pejabat pengawas di lingkungan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) dilantik pada Senin, (10/01/2022). Ketiganya dilantik setelah sebelumnya menduduki jabatan yang sama di unit kerja yang berbeda.

Ketiga pejabat pengawas tersebut yaitu

  1. Adi Cahyadi dilantik sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Inspektorat, sebelumnya Kepala Subbagian Rumah Tangga dan Layanan Pengadaan;
  2. Nofalita dilantik sebagai Kepala Subbagian Rumah Tangga dan Layanan Pengadaan, sebelumnya Kepala Subbagian Tata Usaha Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan; dan
  3. Agum Gumelar dilantik sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, sebelumnya Kepala Subbagian Tata Usaha Inspektorat.

Sekretaris Utama Perpusnas, Woro Titi Haryanti yang melantik ketiga pejabat tersebut mengatakan tujuan dari adanya mutasi dan penempatan pejabat di unit kerja yang baru dilakukan dengan tujuan penyegaran, pembenahan, pemantapan dan peningkatan kapasitas pola pembinaan karier pegawai.

Selain itu juga untuk menghindari potensi stagnasi dan kesenjangan operasional dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan terhadap pelayanan publik agar tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Woro berpesan seluruh pejabat pengawas tersebut dapat senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab. Serta bersifat sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul baik di dalam maupun di luar organisasi. Selain itu juga harus mempunyai kemampuan untuk mengombinasikan berbagai sumber dan memanfaatkan sumber daya secara optimal sehingga dapat menghasilkan produktivitas kerja secara maksimal.

“Rotasi jabatan merupakan hal yang biasa. Rotasi pejabat pengawas terutama ketatausahaan dan layanan rumah tangga di lingkungan Perpustakaan Nasional diharapkan dapat membuta organisasi bergerak lebih dinamis dan responsif, lebih efisien dan efektif, serta cepat tanggap dan tepat dalam memberikan dukungan manajemen pembangunan bidang perpustakaan,” ungkap Woro dalam sambutannya.

Woro menambahkan, jabatan yang diamanatkan tersebut selain merupakan kepercayaan juga sebuah tantangan dan ujian yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Tingkatkanlah kapasitas Saudara pada setiap waktu dan kesempatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas kinerja. Saya minta kepada Saudara-saudara untuk tidak berlama-lama dalam menyesuaikan tugas di tempat yang baru. Sesuai dengan tuntutan organisasi, maka Saudara-saudara harus cepat memahami dan melaksanakan tugas sesuai dengan tantangan yang dihadapi,” harapnya.

Lebih lanjut Woro menuturkan bahwa evaluasi jabatan secara periodik di setiap jenjang jabatan juga perlu dilakukan sebagai bagian dari proses manajemen. Hal tersebut erat kaitannya dengan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Perpusnas.

 

Reporter: Eka Purniawati

Fotografer: Ahmad Kemal



Diunggah oleh admin