|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

21 Oct 2021

Komisi X DPR RI: Perpustakaan Harus Dapat Menjangkau Masyarakat Pelosok

Pandeglang, Jawa Barat - Anggota Komisi X DPR RI, Ali Zamroni mengapresiasi bantuan mobil perpustakaan keliling yang diberikan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI untuk Kabupaten Pandeglang Provinsi Jawa Barat.

Bantuan tersebut dinilai sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan literasi atau budaya kegemaran membaca di masyarakat.

"Alhamdulillah Kabupaten Pandeglang sekarang punya mobil perpustakaan keliling. Mobil ini sesuai kebutuhan masyarakat, karena apabila dilihat dari demografisnya," ungkap Ali Zamroni dalam gelar wicara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat dengan tema "Penguatan Peran Sisi Hulu Guna Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Indonesia", di Kabupaten Pandeglang pada Kamis (21/10/2021).

Berdasarkan data dari Perpusnas, lanjut Ali Zamroni, bahwa indeks kegemaran membaca di Provinsi Banten menempati posisi kelima dari 34 Provinsi di Indonesia. Mneurutnya, di masa pandemi angka kegemaran membaca menjadi meningkat. Terlebih di era digital saat ini, yang membuat masyarakat dapat mengakses buku melalui gawai sehingga membaca dapat dilakukan kapan dan dimana saja.

"Di era digitalisasi ini kaitannya dengan teknologi 4.0, berpengaruh terhadap budaya membaca. Harus saya sampaikan, banyak daerah blankspot yang hampir 50 persen di Kabupaten Pandeglang. Tentunya ini menjadi masalah bagi wilayah yang tidak ada sinyal tidak dapat mengakses internet untuk membaca," lanjutnya.

Maka, Ali berharap ini perpustakaan bisa menjangkau masyarakat. Dengan mendatangi kelompok-kelompok pegiat literasi di kampung, desa maupun kecamatan.

"Perlu diperbanyak sarana dan prasaranya. Misalnya, motor perputakaan keliling yang dapat menjangkau masyarakat sampai pelosok. Hal ini menjadi penting karena membudayakan membaca menjadi tanggung jawab kita semua," harapnya.

Dikatakan, pada tahun 2023 Kabupaten Pandeglang kan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan perpustakaan. "Saya harap perpustakaan yang akan dibangun nanti, dibuat nyaman sehingga masyarakat dapat betah berlama-lama di perpustakaan," tutupnya.

 

Reporter : Wara Merdeka

Fotografer : Hanna Meinita



Diunggah oleh admin