|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

12 Oct 2021

Perpustakaan Solusi dalam Meningkatkan Kualitas SDM

Medan Merdeka Selatan, Jakarta -- Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando menerima kunjungan Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya beserta jajaran dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuasin pada Selasa (12/10/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya mengatakan kedatangannya ke Perpusnas untuk menyampaikan aspirasi dari masyarakat yang ingin membangun perpustakaan berskala nasional. Pasalnya, di wilayah Serdang Bedagai masih minim fasilitas perpustakaan.

"Minat baca masyarakat selama ini masih rendah dikarenakan minimnya bahan bacaan. Kami berharap dengan adanya perpustakaan nanti minat baca masyarakat bisa meningkat," ungkapnya.

Darma Wijaya menjelaskan, bahwa dirinya merasa prihatin dengan banyaknya mahasiswa yang melakukan demo menuntut lapangan pekerjaan. Menurutnya, mahasiswa seharusnya dapat menciptakan lapangan pekerjaan ketimbang menjadi seorang pekerja. Hal itulah yang membuatnya semakin berkomitmen dalam meningkatkan literasi masyarakat.

"Mungkin dalam proses belajar mengajar yang tidak ada penerapannya dan kurangnya literasi karena tidak pernah membaca. Maka kami membuat kebijakan untuk para siswa di sekolah setiap pagi wajib membaca buku selama satu jam sebelum pembelajaran dimulai," lanjutnya.

Selain itu, potensi alam Serdang Bedagai kurang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Padahal di wilayahnya potensi alam cukup melimpah, di bidang pertanian maupun perikanan. "Alasan masyarakat selalu tidak ada buku, maka dengan adanya perpustakaan nanti kami ingin merubah pola pikir masyarakat, dan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas SDM di wilayah kami," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuasin Muhammad Firdaus Har meminta arahan Perpusnas dalam rangka pengembangan perpustakaan. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan bahan bacaan, pihaknya juga menginginkan adanya bantuan mobil perpustakaan keliling (MPK).

"Wilayah kami merupakan daerah perairan, meskipun sudah ada tiga MPK namun belum bisa menjangkau seluruh daerah di Banyuasin. Untuk itu kami mengajukan bantuan untuk mobil perpustakaan keliling," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Syarif Bando mengapresiasi, kunjungan ini sebagai upaya mendukung visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam RPJMN tahun 2020-2024.

"Siapa pun kita baik eksekutif, legislatif, yudikatif, TNI/POLRI, hingga masyarakat sesuai yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 bahwa memiliki tugas mencerdaskan anak bangsa, mengantarkan mereka ke masa depan lebih layak untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur," ungkapnya.

Dikatakan, perpustakaan merupakan kampus bagi siapa saja yang putus sekolah sehingga perpustakaan harus dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat. "Untuk itu kami berharap adanya sinergi antara Dinas Perpustakaan dan Pendidikan ini dapat balance, sehingga dalam mewujudkan SDM unggul dapat tercapai," tutupnya.

 

Reportase           : Wara Merdeka

Fotografer          : Aji



Diunggah oleh admin