|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

27 Sep 2021

Pentingnya Data dan Informasi dalam Perencanaan dan Pengambilan Keputusan Kala Pandemi : Sambutan Apel Pagi Rutin Perpusnas

Perpustakaan Nasional pada  27 September 2021 melaksanakan Apel Pagi rutin yang diadakan setiap hari Senin pagi secara virtual melalui aplikasi Zoom. Apel Pagi yang wajib diikuti oleh seluruh pegawai Perpustakaan Nasional ini dipimpin oleh Taufiq Abdul Gani selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Perpustakaan Nasional.

 

Acara berlangsung khidmat dengan amanah yang disampaikan Pemimpin Apel yang mengusung tema pentingnya data dan informasi. Beliau juga menekankan bahwa kita semua, seluruh pegawai di lingkungan Perpustakaan Nasional, secara bersama-sama sedang bekerja keras untuk memperbaiki, meningkatkan dan menyesuaikan kualitas layanan kita. Baik sebagai pembina perpustakaan maupun yang langsung berhubungan dengan masyarakat penerima ataupun mengisi kebutuhan literasi bagi masyarakat seluruh Indonesia.

 

Dalam perencanaan penyesuaian kita dalam kondisi pandemi ini, data dan informasi menjadi dasar dan modal awal dalam menyusun rencana-rencana yang efektif. Menurut beliau, data dan informasi ini merupakan representasi dari kejadian-kejadian masa lalu, lesson learned, yang yang seharusnya dapat diproyeksikan untuk membuat rencana dalam jangka waktu tertentu di masa depan, baik jangka pendek jangka menengah maupun jangka panjang 

 

Beliau juga menekankan pentingnya relasi antar data yang telah dikumpulkan. “Menurut hemat saya data kalau hanya menyangkut satu entitas nya tidak akan memiliki makna yang besar dalam hal untuk dapat kita manfaatkan dalam pengambilan keputusan. Data itu akan menjadi sumber yang luar biasa apabila data tersebut direlasikan dihubungkan dengan data-data yang lain.”

 

Taufiq Abdul Gani lewat sambutannya juga menyampaikan rasa terimakasihnya atas dukungan Kepala Perpustakaan Nasional yang menekankan seluruh pegawai untuk fokus dan lebih serius lagi menangani data dan informasi yang dimiliki. Serta Mendukung kebijakan Satu Data Indonesia dan SPBE, yang sudah mulai diinisiasi di Perpustakaan Nasional.

 

Beliau menutup sambutannya dengan kutipan dari seorang Ahli Matematika, Statistik dan salah satu tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan manajemen kualitas W. Edwards Deming “In God we trust all others must bring data.”

 

Reporter : Syifa Azka Layalia



Diunggah oleh admin